Sponsors Link

Pada Usia Berapa Jerawat Akan Hilang? Berikut Faktanya!

Sponsors Link

Masalah kulit wajah berjerawat memang dapat dialami oleh siapapun, baik itu kaum wanita maupun kaum pria di berbagai macam usia. Terlebih lagi jerawat tidak hanya muncul di wajah saja, tetapi juga di berbagai bagian tubuh seperti jerawat di payudara, di leher, di ketiak, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, segala sesuatu tentang jerawat tidak akan pernah mati untuk dibicarakan. Salah satunya adalah mengenai pada usia berapa jerawat akan hilang. Bagi anda yang sering mengalami masalah jerawat pasti sering juga memiliki pikiran atau pertanyaan tersebut karena ingin segera terlepas dari masalah kulit yang satu ini. Jadi, jika anda yang sedang bertanya-tanya mengenai pada usia berapa jerawat akan hilang? maka tidak perlu khawatir lagi, karena berikut ini ada beberapa ulasan dan jawaban mengenai pertanyaan anda tersebut.

Sponsors Link

Pada Usia Berapa Jerawat Akan Hilang?

Jerawat di usia remaja memang sudah biasa, tetapi siapa sangka bahwa masalah jerawat juga terkadang masih sering dialami oleh orang-orang dewasa, bahkan hingga usia 30-an atau 40-an. Lalu sebenarnya pada usia berapa jerawat akan hilang?. Ternyata usia tidak selalu dapat memperlambat atau mencegah munculnya jerawat. Kondisi ini juga disebabkan karena berbagai macam penyebab jerawat yang dapat dialami oleh setiap orang di berbagai usia, seperti perubahan hormon, terlalu banyak pikiran, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, munculnya jerawat memang tidak dibatasi oleh usia. Artinya bahwa siapapun pada usia berapapun memiliki kemungkinan yang sama untuk mengalami masalah kulit yang satu ini. Hanya saja semakin bertambahnya usia, maka resiko atau kemungkinan untuk berjerawat semakin berkurang tetapi tidak hilang. Diketahui pula bahwa 5 persen dari wanita dan pria pada usia 45 tahun masih mengalami masalah jerawat. Terlebih lagi seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa jerawat dapat muncul di berbagai bagian tubuh, baik itu wajah, dada, punggung, leher, dan lain sebagainya.

Faktor penyebab jerawat seperti perubahan hormon, masa pubertas, kulit berminyak memang menjadi faktor utama penyebab jerawat yang dialami oleh mereka pada usia 20-an. Namun ternyata faktor hormonal juga menjadi salah satu faktor penentu usia dewasa mengalami masalah jerawat, hingga termasuk pula mereka yang berumur 50-an tahun. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa hormon penyebab jerawat sangat berpengaruh memicu timbulnya jerawat di usia berapapun.

Pada usia dewasa biasanya jerawat juga sering disebabkan karena adanya kelenjar minyak yang berlebih, seperti pada bagian wajah leher, punggung, bahu, hingga dada. Jadi, salah satu faktor utama penyebab jerawat pada usia dewasa bukan karena masa pubertas lagi, tetapi karena faktor kelenjar minyak berlebih. Lalu apa saja kira-kira penyebab jerawat pada usia dewasa, simak ulasan berikut.

Penyebab Jerawat Pada Usia Dewasa

Jika pada usia remaja jerawat yang timbul lebih dikarenakan oleh masa-masa pubertas, lalu apa saja penyebab yang memicu munculnya jerawat pada usia dewasa? Berikut ini beberapa penyebab jerawat pada usia dewasa:

  • Menopause

Penyebab jerawat pada usia dewasa yang pertama adalah karena kondisi menopause, dimana pada masa ini juga terjadi perubahan hormon yang tidak stabil. Perubahan hormon pada masa menopause atau masa perimenopauseal ternyata dapat mengubah proses kimia minyak pada kulit, yang artinya proses produksi minyak dapat berkurang maupun bertambah. Ketika kelenjar minyak berlebih maka kulit akan terlalu berminyak dan pori-pori kulit mudah tersumbat sehingga jerawat muncul, namun ketika produksi minyak di kulit berkurang juga dapat menyebabkan jerawat karena kulit akan terlalu kering.

  • Kehamilan

Saat hamil, kondisi hormon juga tidak stabil, itulah sebabnya kehamilan juga menjadi salah satu faktor penyebab jerawat pada usia dewasa. Perubahan hormon pada saat masa kehamilan, dapat memperburuk atau bahkan memperbaiki kondisi hormon penyebab jerawat dalam tubuh.

  • Pil KB

Mengkonsumsi pil KB juga dapat mempengaruhi kondisi hormon dalam tubuh, dimana pil KB biasa dikonsumsi oleh mereka yang sudah menikah. Tidak sedikit pula kaum wanita yang mengalami masalah jerawat saat mengkonsumsi pil KB, oleh sebab itu pil KB juga menjadi salah satu faktor penyebab jerawat pada usia dewasa.

  • Menstruasi

Pada usia 30 hingga 40, para kaum wanita juga masih mengalami menstruasi secara aktif. Oleh sebab itu, sama hal nya dengan masa-masa pubertas maka menstruasi juga memicu jerawat atau menjadi penyebab jerawat di usia 40 atau usia dewasa. Jerawat dan menstruasi bukanlah suatu hal yang baru, karena ketika menstruasi memang seseorang lebih mudah mengalami jerawat.

  • Stress

Banyaknya hal yang perlu dipikirkan pada usia-usia dewasa juga memicu timbulnya jerawat. Hal ini karena saat seseorang mengalami stress atau terlalu banyak pikiran, maka akan berpengaruh terhadap kondisi hormon dalam tubuh. Perubahan yang tidak stabil tersebut yang akhirnya memicu jerawat tumbuh.

Demikian ulasan mengenai pada usia berapa jerawat akan hilang beserta penyebab jerawat di usia dewasa, dimana dapat disimpulkan bahwa tidak ada batasan umur bagi setiap orang untuk mengalami masalah kulit berjerawat. Semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan