Sponsors Link

7 Pencegahan Jerawat Bernanah Paling Mudah

Sponsors Link

Tentunya sangat menyebalkan jika Anda sudah berdandan habis-habisan untuk datang ke sebuah acara tapi tiba-tiba menyadari ada jerawat di wajah. Lebih menyebalkan lagi jika jerawat tersebut bukan hanya bintik merah pada kulit, melainkan juga terasa sakit dan bernanah. Pasti hal tersebut akan menurunkan kepercayaan diri Anda, bukan?

Sponsors Link

Jerawat biasa memang mengganggu penampilan, tapi jerawat bernanah berkali lipat lebih tak menyenangkan untuk dilihat. Nanah identik dengan keberadaan bakteri. Artinya, stigma masyarakat masih mengidentikkan nanah dengan sesuatu yang kurang bersih. Hal ini tentu makin membuat Anda kesal jika ada jerawat bernanah di wajah. (baca: bakteri penyebab jerawat)

Artikel terkait:

Lalu bagaimanakah cara mencegah agar jerawat tak bernanah?

Berikut ini ada 7 tips menarik yang perlu untuk diketahui.

  1. Rutin Mencuci Muka dengan Sabun Anti Bakteri

Mencuci muka merupakan hal yang wajib dilakukan setelah beraktivitas. Namun, jangan salah, tidak semua sabun pencuci muka memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang berada di kulit wajah. Saat Anda mencuci muka, pastikan sabun wajah Anda memiliki kandungan anti bakteri seperti triclosan untuk mencegah penumpukan bakteri di pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat. (baca: perbedaan bisul dan jerawat)

Jerawat biasa pada wajah yang tak rutin dibersihkan akan berpotensi untuk mengeluarkan nanah. Nanah yang tertimbun di dalam tonjolan jerawat ini merupakan akumulasi dari bakteri, sel-sel darah putih yang telah rusak, juga sel kulit mati yang menumpuk. (baca: tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat)

Bakteri yang berkembang biak di pori-pori kulit yang kotor akan membuat sel darah putih berusaha membunuh bakteri tersebut sehingga menimbulkan nanah. Maka dari itulah, rutin mencuci muka dengan sabun anti bakteri akan membuat wajah Anda bersih, sehat dan terhindar dari jerawat yang bernanah. (baca: sabun muka untuk kulit berjerawat)

  1. Pakai Handuk yang Benar-Benar Kering dan Bersih

Selain harus memerhatikan sabun wajah yang dipakai, haduk yang bersih adalah kunci dari kesehatan kulit wajah. Menggunakan handuk yang biasa digantung di kamar mandi adalah sebuah kesalahan fatal yang sering diabaikan orang. Serat kain dalam handuk yang berserabut adalah tempat berkembang biak yang sangat disukai oleh bakteri. Keadaan handuk yang lembab akan membuat bakteri semakin pesat untuk berkembang biak.

Maka dari itu, akan sangat baik apabila membiasakan diri untuk menjemur handuk sampai kering sebelum dipakai. Usut punya usut, sinar matahari sangat bermanfaat untuk membunuh kuman. Handuk yang lembab karena terlalu lama disimpan di kamar mandi akan menjadikan adanya perpindahan bakteri dari handuk ke wajah. Akibatnya, apabila ada jerawat di wajah, jerawat tersebut akan diinfeksi oleh bakteri. Hal inilah yang menyebabkan munculnya nanah yang sangat mengganggu penampilan.

Sponsors Link

Baca juga:

  1. Mengurangi Nanah dengan Asam Salisilat

Menjaga kebersihan sudah dilakukan. Namun, bagaimana apabila jerawat bernanah masih tetap muncul?

Poin ketiga ini adalah solusinya. Apabila jerawat bernanah sudah terlanjur muncul, maka ada baiknya apabila Anda berusaha mengobatinya. Cara pengobatan yang paling tepat untuk mengatasi jerawat bernanah bukanlah dengan memencetnya. Hal tersebut justru akan membuat pori-pori kulit terbuka dan menyebabkan infeksi lebih lanjut yang mungkin lebih parah dari sebelumnya.

Apabila di wajah sudah terlanjur muncul jerawat bernanah, pertimbangkan untuk segera menerapkan penggunaan obat oles yang mengandung asam salisilat. Obat oles anti peradangan jerawat yang mengandung asam salisilat ini akan membantu kulit untuk mengalami regenerasi. Lapisan kulit yang sudah mati dan mengandung bakteri akan dikelupas oleh kandungan asam salisilat ini. Selain itu, obat dengan asam salisilat juga dapat menghancurkan sel kulit mati dan bakteri yang ikut menumpuk di dalam tonjolan jerawat bernanah. Maka dari itu, obat oles dengan asam salisilat akan sangat membantu untuk menghilangkan nanah pada jerawat.

Namun, jika jerawat bernanah masih saja membandel bahkan menimbulkan rasa sakit, mintalah dokter Anda untuk meresepkan obat antibiotik yang dapat mengatasinya.

ads
  1. Rutin Menggunakan Masker Khusus Wajah Berjerawat

Selain menjaga kehalusan dan kelembutan kulit wajah, masker ternyata juga dapat berfungsi untuk detoksifikasi. Masker akan membuang lapisan kulit mati dan mengangkat penumpukan kotoran wajah hingga masuk ke lapisan pori-pori. Rutin menggunakan masker wajah akan membuat terhindar dari jerawat, terutama jerawat bernanah yang tak sedap dipandang mata.

Apabila wajah rentan mengalami jerawat bernanah, maka pilihlah masker yang memiliki kemampuan anti acne. Masker yang bisa mencegah munculnya jerawat bernanah adalah masker dengan mineral clay, juga yang mengandung sulfur dan charcoal. Namun, saat memilih masker wajah khusus pencegahan jerawat bernanah, perhatikan pula sensitivitas wajah Anda agar tak terjadi iritasi yang berkelanjutan. (baca: merk concealer untuk wajah berjerawat)

  1. Jangan Terlalu Sering Memakai Produk Sunscreen

Produk anti sengatan sinar matahari atau sunscreen memang sangatlah bermanfaat untuk mencegah penggelapan warna kulit saat beraktivitas di luar ruangan. Namun, terlalu banyak menggunakan produk sunscreen juga dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk wajah berjerawat. (baca: obat penghilang bekas jerawat)

Jika sedang beraktivitas di luar ruangan, pastikan Anda tidak terlalu lama membiarkan produk sunscreen melapisi kulit wajah Anda. Biarkan sirkulasi udara tetap lancar di pori-pori agar kulit tetap dapat bernapas. Hal ini akan mencegah adanya peradangan di kulit wajah, sehingga jerawat bernanah dapat dicegah untuk muncul dan mengganggu penampilan.

  1. Kurangi Makanan Berminyak dan Perbanyak Konsumsi Air Putih

Makanan berminyak akan menyebabkan lebih banyaknya penumpukan lemak yang terakumulasi di kulit wajah Anda. Penumpukan minyak ini akan memberikan pengaruh pada munculnya jerawat yang bernanah di wajah. Karena itulah, sangat penting untuk Anda mengurangi asupan makanan yang mengandung kadar minyak tinggi. Biasakan untuk makan asupan sehat, memperbanyak sayur dan buah, juga minum air putih 8 gelas sehari.

Artikel terkait:

Makanan sehat akan membantu menjaga kesehatan kulit dan badan dari dalam sehingga Anda akan terhindar dari problem yang mengganggu seperti halnya kemunculan jerawat bernanah. (baca: cara mengatasi jerawat akibat alergi)

  1. Olahraga untuk Memperlancar Sirkulasi Darah pada Kulit

Olahraga teratur tidak hanya dapat membuat badan menjadi bugar, melainkan juga dapat membuat sirkulasi darah Anda menjadi lancar. Sirkulasi darah yang dimaksud di sini juga termasuk sirkulasi darah menuju wajah dan bagian kepala secara keseluruhan. Mengeluarkan keringat secara rutin melalui olahraga akan membantu membersihkan kotoran dari pori-pori wajah sehingga tak berkembang menjadi jerawat. Hal ini adalah alasan mengapa berolahraga menjadi sangat penting untuk dilakukan secara rutin di sela-sela kesibukan Anda.

Demikianlah cara pencegahan jerawat bernanah yang perlu untuk diketahui. Menjaga kebersihan dan pola hidup sehat adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh siapa saja. Dengan memerhatikan kebersihan dan kesehatan tubuh kita, berbagai problem yang mengganggu seperti jerawat bernanah dapat dicegah dengan mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah informasi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 10th, July 2017 / 07:07 Oleh :
Kategori : Pencegahan