Sponsors Link

11 Penyebab Jerawat Berbekas Hitam dan Merah Susah Hilang

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang topik  yang selalu asyik untuk dibahas. Karena hampir seluruh manusia akan mengalami masalah ini. Dari mulai anak-anak, orang tua, dan remaja yang mengalami masa puber. Jerawat dianggap sebagai biang utama timbulnya masalah-masalah lain seperti kurangnya percaya diri, minder dan lain lain. Namun, memiliki jerawat adalah sesuatu yang tidak bisa kamu hindari. Ini adalah salah satu fase yang harus kamu lewati ketika kamu masuk pada masa puber. Ketika jerawat muncul di wajah, masalah yang kita hadapi selanjutnya adalah jerawat yang sembuh namun berbekas. Setelah kita mengetahui penyebab jerawat bernanahjerawat batu, penyebab jerawat di bibir, penyebab jerawat batu di dagu dan lain lain. Kali ini kita akan membahas penyebab jerawat berbekas.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat Berbekas

1. Karena Jerawat itu sendiri

Tidak semua jerawat akan meninggalkan bekas. Namun ada beberapa jerawat yang beresiko menjadi penyebab timbulnya jerawat membekas:

  • Jerawat meradang seperti kista jerawat dan nodul atau jerawat batu karena jerawat tipe ini menyerang sampai kulit bagian dalam.
  • Jerawat yang meradang dan tidak atau terlambat mendapatkan pengobatan
  • Jerawat yang dipencet atau dipecahkan
  • Riwayat bekas jerawat pada keluarga

Nah jerawat-jerawat bisa membentuk jaringan parut, codet dan hiperpigmentasi sendiri. Penyebab jerawat yang meninggalkan bekas yang lain adalah jerawat Cytis acne. Cystic acne adalah jerawat berukuran besar dengan peradangan hebat seperti bisul. Cystic acne juga dikenal dengan jerawat batu tidak hanya muncul di permukaan kulit tapi juga jauh di dalam kulit. Jerawat batu muncul karena pori-pori yang tersumbat akibat kelebihan minyal dan sel kulit mati yang menumpuk. Pori-pori tersebut akhirnya dipenuhi nanah dan bakteri, sehingga menglami peradangan.

Meningkatnya hormon seperti testosteron dan androgen yang memicu produksi sebum berlebih ketika pada masa pubertas, kehamilan atau menopause sering dikaitkan dengan penyebab jerawat batu ini. Peradangan hebat akan merusak produksi kolagen dan lemak di bawah kulit yang mengakibatkan bekas luka di permukaan kulit. Bekas jerawat bisa muncul berupa pori-pori yang tampak besar, keloid (bekas luka menonjol), jaringan parut atau noda cokelat maupun kemerahan. Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

2. Sering Menggunakan Bedak Padat

Ketika kamu mengalami jerawat di wajahmu sebaiknya akan lebih baik jika kamu menghindari bedak padat. Karena bedak padat akan menyebabkan jerawat berbekas. Bedak tabur dipercaya lebih baik untuk kulit wajah yang berminyak, khususnya untuk kulit yang berjerawat dan yang ingin menghilangkan bekas jerawat. Formula kering yang akan menyerap minyak juga akan langsung memerangi bakteri penyebab jerawat.

Sponsors Link

3. Memencet Jerawat

Jangan memencet jerawat di wajahmu. Ini adalah suatu larangan keras yang harus kamu perhatikan. Tangan dan kukumu bukanlah sesuatu yang harus kamu anggap bersih seutuhnya.  Bahkan anggota tubuh ini adalah bagian yang sering berinteraksi langsung dengan kuman-kuman yang berbahaya. Tak bisa dibayangkan jika tangan yang kotor ini berinteraksi dengan wajahmu. Maka jerawat ang mulai sembuh malah membuat bekas di wajahmu.

4. Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Tak ada yang melarang kamu untuk menyentuh wajahmu sendiri. Misalkan ketika kamu selesai berolahraga, tanpa kamu sadari kamu mengelap keringatmu dengan tanganmu sendiri. Namun ingat, jangan pernah keseringan unuk menyentuh wajahmu. Tangan atau handuk yang digunakan untuk mengelap bisa jadi mengandung debu dan kotoran. Debu dan kotoran inilah yang akan emnghambat penyembuhan jerawatmu dan membuat bekas di wajahmu. Jadi mulailah untuk menyentuh wajahmu seperlunya saja dan pastiak tangan da handuk yang kamu gunakan bersih dari kotoran.

ads

5. Tidak Menggunakan Krim Malam

Perlu kamu ketahui bahwa krim malam hanya dianjurkan bagi mereka yang sudah sama sekali tak memilki jerawat di wajahnya.bila jerawat di wajahmu masih kamu rasa banyak dan belum sembuh total, jenagn pernah menggunakan krim malam ini. Namun bila jerawatmu sudah sembuh pakailah krim malam ini. Sebab krim malam lah yang akan membasmi tuntas bekas jerawat di wajahmu.

6. Menghinadari Kacang Kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu golongan makanan yang banyak mengandung protein, yaitu protein nabati. Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatlan ketika makan kacang-kacangan karena bahan ini adalah bahan yang kaya akan serat. Bahan makanan inilah yang kan membantumu menghilangkan bekas jerawat. Tetapi ingat jangan konsumsi secara berlebihan.

7. Hormon

Hormon estrogen dan progesteron adalah hormon dalam tubuh manusia yang bisa memicu hadirnya bekas jerawat dan bintik hitam. Meningkatnya hrmon ini bisa disebabkan karena mengkonsumsi pil KB dalam jangka panjang. Jadi tak heran bekas jerawat sering dialami oleh ibu-ibu yang mengkonsumsi pil KB. Maka pahami dulu jenis hormon penyebab jerawat dan cara mengatasinya untuk menghadapi jerawat ini.

8. Obat Kimia

Selain pil KB ada beberapa obat yang menyebabkan timbulnya bekas jerawat yaitu obat obatan kimia seperti minosiklin, sitotastik atau klopromazine yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Jadi hati hati  ya dalam mengkonsumsi obat kimia karena hal ini bisa memicu timbulnya bekas jerawat di wajahmu.

9. Sinar Ultrafiolet

Paparan sinar matahari dapat memicu timbulnya bekas jerawat dan bintik hitam di wajah. Karena pada saat kulit kita terkena sinar matahari maka kulit kita akan membentuk pigmen melanin yang berlebih di wajah dan menyebabkan bekas jerawat.

10. Kosmetik

Penyebab jerawat berikutnya adalah kosmetik yang biasa kita pakai di wajah. Ada beberapa bahan kosmetik yang mengandung parfum., pewarna dan bahan bahanlainnya. Nah bahan bahan ini akan mengalami fotosintesis berlebih bila terkena sinar mataharidan mneyebabkan kulit menjadi sensitif. Apabila kulit sensitif maka bekas jerawat akan sering timbul. Jadi berhati-hatilah dalam memilih produk kosmetik yang digunakan. 

Sponsors Link

11. Keturunan

Keturunan adalah faktor internal yang menyebabkan timbulnya flek jerawat dan bintik hitam di wajah. 20 % penyebab bekas jerawat dikarenakan karena keturunan dari orang tua. Seseorang yang meilki keturunan dengan kulit agak gelap akan lebih mudah beresiko untuk memiliki flek di wajah yang disebabkan oleh jerawat.

Hal-hal yang bisa kamu hindari untuk mengurangi bekas jerawat :

  • Segeralah periksakan wajahmu ke dokter kulit setelah kamu mengalami gejala penyebab jerawat. Karena pengobatan lebih dini akan mengurangi resiko timbulnya bekas jerawat di wajahmu
  • Jangan sembarang menggunakan obat jerawat di pasaran. Konsultaikan masalah jerawatmu kepada dokter terlebih dahulu untuk emndapatkan obat yang lebih berkualitas
  • Tetap lakukan perawatan apabila jerawatmu meamng sudah hialng. Dokter lah yang berhak memutuskan kapan berhentinya perawatan itu
  • Hindari memegang-megang ataupun memencet jerawat
  • Lakukan perawatan kulit dengan lembut. Banyak orang berjerawat malah membersihkan wajahnya dengan sambil menggosok, hal ini akan memperparah keadaan
  • Jangan menggunakan vitamin E pada bekas jerawat dan hindari paparan sinar matahari langsung

Itulah penjelasan penyebab bekas jerawat  yang sering dialami oleh setiap orang. Jangan lupa untuk selalu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan bekas jerawat yang ada di wajahmu.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab