Sponsors Link

15 Penyebab Bekas Jerawat Memerah (Wajib Diketahui)

Sponsors Link

Siapa saja pasti ingin menghindari segala sesuatu tentang jerawat. Munculnya jerawat tidak hanya menandakan bahwa kondisi kesehatan kulit sedang tidak sehat saja, tetapi ada banyak dampak psikologis akibat jerawat yang juga ikut muncul. Pernahkah Anda melihat seseorang yang stress karena jerawat di wajahnya bernanah parah dan meninggalkan bekas merah? Dari permasalahan tersebut, seseorang menjadi tidak percaya diri jika bertemu dengan orang lain.

Sponsors Link

Jerawat jika sudah tumbuh di kulit tentu akan meninggalkan bekas. Jika menghilangkan jerawat saja sudah susah, maka menghilangkan bekas jerawat adalah tantangan lain yang harus dihadapi. Kadang meski berbagai cara menghilangkan noda bekas jerawat secara alami dan medis telah dilakukan, tetap saja tidak menunjukkan hasil yang diinginkan.

Sebenarnya apa sih penyebab bekas jerawat memerah ini? Hal ini tentu sangat penting untuk Anda ketahui agar bisa terhindar dari masalah yang satu ini. Ini dia penyebab bekas jerawat memerah yang wajib diketahui:

1. Jerawat Meradang

Jerawat yang meradang adalah jerawat yang berwarna merah, lunak dan terasa sangat sakit bahkan saat tidak disentuh. Inilah ciri ciri jerawat meradang yang paling mudah dikenali. Jerawat meradang sangat mungkin meninggalkan bekas jerawat yang memerah.

2. Jerawat Kista

Jerawat kista hampir mirip dengan jerawat batu. Jerawat batu berukuran sebesar bisul dan biasanya terdapat mata di tengahnya. Mata tersebut bisa berisi darah atau nanah. Bakteri yang ada di dalam jerawat kista sangat banyak, sehingga saat jerawat di pecah akan meninggalkan bekas memerah akibat sisa bakteri yang masih ada.

3. Penggunaan Bedak Padat

Wajah yang sedang berjerawat seharusnya berada dalam kondisi netral tanpa memakai kosmetik apapun. Namun kosmetik kini telah menjadi kebutuhan wanita, terutama untuk mereka yang bekerja. Penggunaan bedak padat sangat tidak disarankan karena menutup pori pori kulit dan membuat kulit menjadi susah bernapas. Ketahui apa saja daftar kosmetik untuk wajah berjerawat yang aman digunakan.

4. Sering Memencet Jerawat

Inilah kebiasaan penyebab bekas jerawat memerah yang harus dihindari. Memencet jerawat akan membuat bakteri semakin menyebar dan merusak jaringan alami kulit. Lakukan cara menghilangkan kebiasaan memencet jerawat agar bekas jerawat memerah bisa dihindari.

5. Efek Samping Obat

Kandungan bahan kimia dalam obat seperti pil KB dapat memicu bekas jerawat memerah. Efek samping yang satu ini memang sering dialami oleh wanita yang sudah menikah. Konsultasikan pil KB yang Anda gunakan dengan dokter kulit untuk mengetahui resiko yang mungkin muncul.

Sponsors Link

6. Efek Sinar UV

Sinar ultraviolet yang langsung mengenai kulit wajah akan menimbulkan berbagai dampak yang tidak diinginkan. Selain membuat kulit terkena radikal bebas, sinar UV akan membuat kondisi jerawat semakin parah bahkan berbekas merah yang sangat parah.

Gunakan tabir surya setiap akan keluar rumah untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Tidak hanya jerawat, sinar matahari membawa dampak yang sangat buruk bagi kulit seperti kulit kering, kasar, kusam, serta yang paling berbahaya adalah kanker kulit. Jika Anda sedang berjerawat, pilih tabir surya dengan formula non comedogenic agar tidak menyumbat pori.

7. Faktor Keturunan

Salah satu penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal adalah keturunan. Seseorang yang di dalam keluarganya memiliki riwayat jerawat yang parah akan mengalami hal yang sama.

8. Kulit Sensitif

Kulit sensitif yang berjerawat memang lebih mudah terkena jerawat yang meradang. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jerawat yang meradang akan meninggalkan bekas jerawat memerah yang sulit untuk dihilangkan. Lakukan perawatan dengan menggunakan lidah buaya untuk mengurangi iritasi dan peradangan pada bekas jerawat.

9. Pengaruh Hormon

Hormon yang tidak seimbang juga bisa memicu munculnya jerawat yang meninggalkan bekas memerah. Beberapa kondisi yang menjadi penyebab hormon di dalam tubuh tidak seimbang antara lain adalah stress, menstuasi, begadang, atau kehamilan.

10. Tidak Menggunakan Obat Jerawat

Jerawat yang muncul di wajah tentu harus diobati dengan benar agar segera sembuh. Tidak hanya itu, pengobatan pada jerawat juga bisa menekan pertumbuhan bakteri sehingga tidak meninggalkan bekas saat hilang nanti. Sebaliknya, jika jerawat tidak diobati akan meningkatkan pertumbuhan bakteri pada jerawat. Bakteri yang semakin banyak akan menyebabkan jerawat meradang dan membekas.

Mengatasi Bekas Jerawat Memerah

Bekas jerawat yang memerah bisa diatasi dan dihilangkan dengan menggunakan bahan bahan yang alami dan relatif aman untuk kulit. Inilah bahan alami untuk mengatasi bekas jerawat memerah yang membandel. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah lho!

Sponsors Link

1. Teh Hijau

Di antara semua jenis teh, teh hijau memiliki kandungan anti oksidan yang paling tinggi. Bahkan dibandingkan dengan benzoil peroksida yang menjadi komposisi utama pada salep penghilang bekas jerawat di apotek, teh hijau bisa menghilangkan jerawat 50% lebih ampuh. Di dalam teh hijau terdapat kandungan anti bakteri yang mampu melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat memerah, yaitu bakteri P.acnes.

Mengatasi bekas jerawat memerah dengan teh hijau dapat dilakukan melalui 2 cara: mengonsumsi teh hijau secara rutin atau dengan menggunakan teh hijau sebagai masker di area bekas jerawat.

2. Buah Pala

Banyak yang tidak tahu buah pala menjadi cara menghilangkan bekas jerawat secara tradisional yang bisa dapat diandalkan. Bubuk pala kaya akan kandungan anti oksidan yang bermanfaat untuk menangkal bahaya radikal bebas, mencegah peradangan pada jerawat, dan mengurangi resiko infeksi pada jerawat di wajah. Kandungan anti bakteri alami pada buah pala sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat memerah dengan membunuh bakteri yang ada di dalamnya.

3. Tomat

Kaya akan kandungan vitamin C, tidak heran manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya sudah sangat dipercaya. Tomat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C, E, K, B1, B2, dan B6 serta mineral lain seperti zat besi dan potassium yang bisa mempercepat proses penyembuhan jerawat dan mencegah bekas jerawat memerah.

4. Lemon

Lemon adalah buah yang memiliki sifat asam sehingga sangat baik digunakan untuk mengatasi jerawat yang memerah. Gunakan air lemon yang dicampur dengan madu atau putih telur untuk menghilangkan bekas jerawat yang memerah.

5. Jagung Muda

Jagung muda memiliki manfaat yang jarang diketahui, yaitu mempercepat pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat. Kandungan vitamin C pada jagung muda juga mampu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Itulah berbagai penyebab jerawat memerah dan cara ampuh untuk mengatasinya menggunakan bahan bahan yang alami. Ingatlah bahwa untuk mengobati jerawat dibutuhkan kesabaran, karena berapa lama bekas jerawat bisa hilang dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti jenis kulit, faktor lingkungan, makanan, serta perawatan yang dilakukan.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!