Sponsors Link

Ini Dia Penyebab Bekas Jerawat Menghitam

Sponsors Link

Rasanya tidak akan habis membahas segala sesuatu tentang jerawat. Masalah kulit yang satu ini memang menjadi momok bagi sebagian besar wanita. Jerawat sangat mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, ternyata ada dampak psikologis akibat jerawat tersendiri yang mungkin muncul seperti rasa minder berlebihan akibat penampilan tidak sempurna.

Sponsors Link

Ketika jerawat muncul, semua wanita pasti akan melakukan segala cara untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya muncul kembali. Namun jangan salah, setelah jerawat hilang bukan berarti masalah berhenti sampai di situ saja. Jerawat sering meninggalkan bekas hitam yang sulit hilang. Apa penyebab bekas jerawat hitam muncul? Ini dia penjelasannya.

1. Sering Memencet Jerawat

Salah satu kebiasaan penyebab bekas jerawat menghitam adalah sering memencet jerawat. Wanita kadang tidak sabar melihat benjolan jerawat di wajahnya sehingga ingin agar jerawat cepat hilang. Memencet jerawat bukannya membuatnya sembuh tetapi membuat kondisi jerawat makin parah. Temukan cara menghilangkan kebiasaan memencet jerawat sekarang juga.

2. Memecah Jerawat Sebelum Waktunya

Selain memencet jerawat, kebiasaan berbahaya yang dilakukan terhadap jerawat adalah memecah jerawat sebelum waktunya. Meski jerawat telah meradang parah dan terlihat mata, jangan memecah sebelum waktunya. Bakteri yang ada di dalam jerawat akan menyebar dan menyebabkan munculnya jerawat baru di sekitarnya.

3. Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Kosmetik memang telah menjadi bagian dari hidup wanita yang sulit untuk dilepaskan. Terlebih lagi jika tuntutan pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk memakai kosmetik setiap hari. Penggunaan kosmetik yang berlebihan dan terlalu tebal menyebabkan jerawat meninggalkan bekas hitam. Gunakan kosmetik untuk wajah berjerawat dengan kadar yang normal dan tidak berlebihan.

4. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari sangat berbahaya bagi kulit. Tidak hanya membuat warna kulit semakin hitam, namun sinar matahari juga menyebabkan banyak masalah bagi kulit, seperti munculnya jerawat dan bekas jerawat yang menghitam. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya setiap keluar rumah agar kulit tetap terlindungi. Meski sedang berjerawat, penggunaan tabir surya tetap tidak boleh dilewatkan. Fungsi utama dari tabir surya adalah melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan dampak yang mungkin ditimbulkan dari paparan sinar matahari

5. Penggunaan Obat Jerawat Tidak Cocok

Menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan segala cara termasuk dengan menggunakan obat khusus jerawat. salah satunya berupa salep penghilang jerawat yang banyak dijual di apotek. Tapi tentu saja tidak semua salep cocok di kulit. Jika kandungan di dalam salep atau obat tidak cocok, hal itu bisa menjadi penyebab bekas jerawat menghitam juga lho.

6. Faktor Hormonal

Hormon memang sangat erat kaitannya dengan jerawat. Faktor hormon inilah yang mempengaruhi munculnya bekas jerawat yang hitam. Pakai obat, krim, atau salep untuk menghilangkan bekas jerawat yang mulai menghitam agar tidak semakin parah. Konsultasikan pula kondisi ini pada dokter kulit yang ahli.

7. Peradangan Parah Pada Jerawat

Jerawat yang parah seperti jerawat batu akan mengalami peradangan sebelum akhirnya pecah dan sembuh. Ciri ciri jerawat meradang antara lain berisi darah atau nanah dan ukurannya besar seperti bisul. Jerawat yang meradang seperti ini hampir pasti selalu meninggalkan bekas yang menghitam.

Itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab bekas jerawat menghitam. Hindari segala penyebab di atas dan rawatlah jerawat dengan baik. Jangan memencet jerawat sebelum waktunya karena bisa berbahaya bagi kesehatan dan meninggalkan bekas yang sulit hilang.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.