Sponsors Link

7 Penyebab Jerawat Ada Nanahnya yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling banyak terjadi. Beberapa jerawat dapat muncul di tubuh namun kebanyakan muncul di wajah dan cukup mengganggu penampilan serta menurunkan rasa percaya diri. Jerawat pun ada beberapa jenis, mulai dari yang paling ringan dalam bentuk komedo hingga yang agak berat seperti jerawat cycstic atau jerawat bernanah yang muncul dari dalam kulit. Penyebab jerawat pun bermacam – macam, beberapa jerawat muncul karena pengaruh hormon namun sebagian besar juga muncul akibat bakteri penyebab jerawat.

Sponsors Link

Artikel terkait:

Salah satu jerawat yang sangat mengaggu adalah jerawat besar dengan nanah (Baca juga: Jerawat Batu). Jerawat jenis ini biasanya muncul dan meradang hingga lapisan kulit yang dalam. Hal ini mengakibatkan jerawat seperti ini mudah menyebar ke area lainnya jika pecah. Selain itu, jerawat jenis ini jika pecah akan meninggalkan bekas berupa noda hitam atau merah hingga bekas parut yang sangat sulit dihilangkan. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya pencegahan perlu kiranya jika kita mengetahui apa saja yang menyebabkan jerawat ini muncul. Dengan mengetahui penyebab dari munculnya jerawat ini, kita akan lebih bisa menghindari kemunculan jerawat tersebut di kulit wajah. Beberapa Penyebab Jerawat Ada Nanahnya sebagai berikut:

1. Terjadi Infeksi dalam Tubuh

Infeksi dalam tubuh bisa terjadi di bagian manapun namun manifestasinya dapat terkumpul di bagian wajah dan membentuk jerawat. Infeksi biasanya akan dilawan secara alami oleh tubuh oleh sebuah mekanisme pertahanan oleh sel darah putih. Beberapa contoh infeksi yang menyebabkan jerawat bernanah mungkin terjadi di sekitar bagian wajah dan kepala. Biasanya nanah disebabkan oleh cairan sel darah putih yang terinfeksi oleh bakteri  penyebab jerawat (Baca juga: Bakteri Penyebab Jerawat). Bila Anda merasakan suatu gejala penyakit, di sekitar kepala dan munculnya jerawat dengan nanah di wajah Anda maka cara terbaik adalah segera hubungi dokter. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan infeksi akut yang mungkin terjadi pada Anda. Penanganan yang tepat juga akan membantu menyembuhkan infeksi sekaligus meredakan jerawat bernanah Anda.

Artikel terkait:

2. Pori – Pori yang Besar

Pori – pori yang besar memungkinkan banyaknya bakteri yang masuk ke dalam kulit. Selain itu, pori – pori besar akan memberikan kesempatan pada  minyak untuk keluar lebih banyak. Hal ini memudahkan terjadinya penyumbatan dan infeksi bakteri. Hal ini pula yang menyebabkan jerawat muncul dengan cepat dan bernanah. Pori – pori besar dapat dicegah dengan penggunaan masker dari bahan alami (Baca juga:  Perawatan wajah berjerawat secara alami)

3. Perubahan Hormon

Seperti kasus jerawat pada umumnya, jerawat bernanah juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon. Produksi beberapa hormon secara berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan produksi minyak berlebih dari kelenjar di bawah kulit. Hal ini meningkatkan kemungkinan infeksi pada kulit oleh bakteri dan penyumbatan pada kulit. Beberapa individu yang rentan dengan kondisi ini antara lain, adalah:

  • Remaja
  • Wanita yang sedang hamil
  • Wanita dalam masa pre-menstruasi
  • Wanita dalam masa menopause

Artikel terkait:

4. Stress

Stress menjadi salah satu Penyebab Jerawat Ada Nanahnya. Kondisi psikologis seseorang juga memungkinkan munculnya jerawat bernanah. Menurut penelitian, stress dapat meningkatkan beberapa hormon khususnya hormon yang memiliki efek produksi minyak berlebih. Produksi minyak berlebih pada kelenjar di bawah kulit inilah yang berpotensi menyebabkan jerawat bernanah.

Sponsors Link

Artikel terkait:

5. Genetik

Kondisi bawaan gen juga sangat mempengaruhi muncul jerawat. Orang tua yang memiliki kondisi kulit berjerawat akan memiliki anak dengan kemungkinan kondisi jerawat yang sama. Jerawat yang bernanah juga termasuk salah satu kondisi yang mungkin muncul akibat pengaruh genetik orang tua.

Artikel terkait:

6. Kondisi Medis dan Pengaruh Obat

Penyakit tertentu juga memungkinkan munculnya peradangan di bawah kulit dalam bentuk jerawat. Beberapa kondisi infeksi juga mungkin menyebabkan munculnya nanah pada jerawat yang muncul. Terkadang muncul nanah di bawah kulit ini belum tentu diidentifikasi sebagai jerawat jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.  Beberapa kondisi medis menyerupai jerawat bernanah pada wajah adalah:

  • Scabies adalah infeksi akibat gigitan sejenis serangga tertentu. Kejadian ini banyak ditemukan di Amerika.
  • Rosacea adalah penyakit kulit yang banyak diderita orang yang tidak memiliki pigmen kulit atau albino.
  • Psoriasis adalah penyakit kulit langka yang disebabkan sistem imun tubuh menyerang sel tubuh itu sendiri. Penyakit ini dikenal dengan penyakit auto-imun.
  • Cacar adalah penyakit akibat virus yang banyak ditemukan di berbagai wilayah. Penyakit ini menyebabkan kondisi kulit bernanah namun bukan jerawat. Salah satu penyebab utamanya adalah infeksi virus dan kondisi udara.

Selain akibat kondisi medis, sangat mungkin jerawat bernanah muncul akibat penggunaan obat – obatan steroid. Beberapa kontrasepsi seperti pil KB atau suntik bisa juga menyebabkan munculnya jerawat akibat ketidakseimbangan hormon yang juga diperparah dengan kebersihan yang kurang terjaga.

Sponsors Link

Artikel terkait:

7. Makanan Penyebab Jerawat

Beberapa waktu yang lalu pernah dibahas mengenai makanan penyebab jerawat. Beberapa jenis makanan ini juga mungkin mempengaruhi jerawat bernanah muncul di wajah. Makanan yang diperkirakan merupakan penyebab munculnya jerawat bernanah antara lain, adalah sebagai berikut:

  • Makanan yang tinggi karbohidrat seperti kue manis, gula dalam kadar berlebih, makanan yang terbuat dari tepung terigu yang dominan
  • Makanan yang banyak minyak seperti gorengan, kue berkrim, dan sebagainya.
  • Makanan bersoda dan terlalu asam

Beberapa jenis makanan di atas mungkin dapat menyebabkan produksi minyak berlebih dari kelenjar di bawah kulit dan ketidakstabilan hormon. Oleh karena itu, konsumsi makanan harus tetap seimbang dan sehat. Sayur dan buah merupakan makanan yang perlu diperbanyak dalam diet sehari –hari agar kulit tetap sehat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 22nd, August 2017 / 10:00 Oleh :
Kategori : Penyebab