Sponsors Link

15 Penyebab Jerawat Aktif yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Berhubungan dengan segala sesuatu tentang jerawat memang membuat kaum wanita merasa tidak nyaman. Apalagi jika ciri ciri jerawat meradang sudah muncul. Tentu tidak lama lagi dampak psikologis akibat jerawat akan dirasakan. Anda menjadi tidak percaya diri saat harus bertemu dengan banyak orang.

Sponsors Link

Jerawat meradang sama dengan jerawat aktif, yaitu jerawat yang terus tumbuh dan bisa berkembang menjadi semakin parah. Bahkan jerawat meradang bisa dibilang sebagai jerawat aktif yang telah mencapai puncaknya. Inilah daftar penyebab jerawat aktif yang harus Anda waspadai:

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup menjadi kunci utama untuk mencegah jerawat tumbuh di wajah. Tidak sulit untuk menjalani gaya hidup sehat, karena cara yang harus dilakukan memang sederhana saja. Rajin berolahraga dan banyak minum air putih termasuk ke dalam gaya hidup sehat yang harus dijalani. Olahraga secara rutin akan membantu percepatan regenerasi sel kulit, sehingga kulit akan tampak sehat dan bebas jerawat. Sedangkan air putih bermanfaat untuk melembabkan dan menghidrasi kulit secara alami, agar tidak terjadi penuaan dini dan mencegah berbagai masalah kulit termasuk jerawat.

2. Konsumsi Makanan Berlemak

Tidak hanya masalah gaya hidup saja, makanan yang dikonsumsi oleh seseorang juga bisa memicu munculnya jerawat aktif yang tidak diinginkan. Makanan berlemak termasuk ke dalam makanan penyebab jerawat meradang yang wajib untuk dihindari. Seperti yang diketahui, jerawat yang aktif akan meradang parah jika sudah mencapai puncak pertumbuhannya. Jauhi makanan berlemak seperti gorengan, terlalu banyak makan seafood, hingga daging merah. Produk susu dan olahannya juga termasuk makanan yang mengandung lemak tinggi.

3. Suka Makan Makanan Pedas

Selain makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan, daging merah, dan susu, ada satu lagi makanan yang bisa menjadi penyebab jerawat aktif. Makanan tersebut adalah makanan pedas. Mengapa makanan pedas harus dihindari? Cabai ternyata bisa memicu peningkatkan produksi minyak di wajah. Seperti yang diketahui, wajah berminyak lebih rentan terkena jerawat karena minyak yang dihasilkan jika bercampur dengan debu dan kotoran akan menyumbat

4. Minum Minuman Beralkohol

Kebiasaan kebiasaan kecil yang dilakukan, tanpa disadari menjadi pemicu munculnya jerawat aktif di kulit. Salah satu kebiasaan yang harus dihilangkan adalah meminum minuman beralkohol. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, minuman beralkohol juga tidak baik untuk kulit. Selain menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, minuman beralkohol juga menyebabkan kondisi kulit memburuk sehingga terjadi penuaan dini dan pertumbuhan jerawat di kulit.

5. Jarang Membersihkan Wajah

Setelah selesai beraktivitas seharian, jangan menunda untuk membersihkan wajah dari sisa make up. Kebiasaan penyebab jerawat yang sering dilakukan oleh wanita adalah malas untuk membersihkan wajah. Padahal make up yang terlalu lama menempel di wajah bisa menyumbat pori pori kulit. Jika penyumbatan ini meradang, maka terjadilah jerawat aktif yang tidak diinginkan.

6. Berlebihan Menggunakan Kosmetik

Wanita memang tidak bisa dilepaskan dari make up dan kosmetik. Hal tersebut telah menjadi bagian dalam hidup wanita dan merupakan kebutuhan. Kosmetik memang bisa membuat penampilan seseorang menjadi lebih cantik dan menarik. Namun jika kosmetik dipakai berlebihan justru bisa memicu jerawat. Gunakan kosmetik seperlunya saja, seperti saat bekerja atau saat akan keluar rumah.

Sponsors Link

7. Tidak Memakai Tabir Surya

Perlindungan kulit sangat diperlukan untuk mencegah jerawat muncul di kulit. Terutama jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, kulit akan terpapar banyak polusi, kotoran, radikal bebas, dan sinar matahari. Lindungi kulit saat di luar rumah dengan menggunakan tabir surya. Tabir surya akan mencegah sinar UV mengenai kulit secara langsung. Seperti diketahui, dampak dari sinar UV sangat buruk untuk kesehatan kulit wajah.

8. Tidak Mengganti Sarung Bantal

Hal hal kecil di sekitar Anda harus diperhatikan jika ingin punya kulit sehat tanpa jerawat. Banyak penyebab jerawat aktif yang datang dari hal kecil seperti sarung bantal yang jarang diganti. Sarung bantal yang ditinggali oleh banyak kotoran tentu akan menempel di wajah saat Anda tidur. Kemudian kotoran tersebut berpindah dari sarung bantal ke pipi atau bagian wajah yang lain. Menjaga kebersihan sangat penting dilakukan agar jerawat tidak mudah tumbuh.

9. Terlalu Banyak Menggunakan Telepon

Ada satu kebiasaan yang membuat jerawat di pipi sulit hilang, justru menjadikannya semakin meradang dan aktif. Terlalu banyak bertelepon adalah pemicunya. Tahukah Anda bahwa layar handphone jauh lebih kotor dibandingkan kamar mandi? Bayangkan saat bertelepon dan layar menempel di wajah, berapa banyak jumlah bakteri yang berpindah. Untuk mencegahnya, kurangi kebiasaan bertelepon atau sebaiknya gunakan headset saja. Jangan lupa untuk selalu membersihkan layar handphone dengan lap bersih atau sapu tangan. Ingat bahwa masalah jerawat bisa muncul dari mana saja tanpa Anda duga.

10. Begadang Larut Malam

Anda mungkin bertanya tentang begadang penyebab jerawat dan apa hubungan antara keduanya. Seperti yang diketahui, begadang adalah kebiasaan buruk dan bisa menurunkan kondisi kesehatan seseorang. Saat begadang, hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, dan salah satu akibatnya adalah jerawat menjadi mudah tumbuh. Istirahat di malam hari membantu proses peremajaan kulit sekaligus mencegah munculnya jerawat.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat Aktif Lainnya

Selain hal hal yang telah dijelaskan di atas, berikut penyebab jerawat aktif lainnya yang harus dipahami:

  1. Suka memencet jerawat, terlebih lagi saat kondisi tangan sedang kotor dan tidak cuci tangan terlebih dahulu.
  2. Helm yang dipakai kurang bersih, sehingga menjadi penyebab jerawat aktif di daerah pipi dan kening.
  3. Suka menyentuh wajah dengan tangan, padahal kebiasaan ini sangat berbahaya. Tangan adalah sumber bakteri dan kotoran, sehingga saat menyentuh wajah dengan tangan sama saja dengan memindahkan kotoran di tangan ke wajah.
  4. Jarang keramas dan tidak menjaga kebersihan rambut, sehingga kotoran di rambut dan minyak di kulit kepala akan mengenai wajah. Terutama bagi Anda yang punya model rambut berponi, keramas secara rutin diperlukan untuk mencegah munculnya jerawat.
  5. Tidak pernah merawat kesehatan kulit, seperti jarang memakai masker dan scrub. Masker berfungsi untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit Anda, sementara scrub berfungsi untuk mengikis sel kulit mati yang telah menumpuk.

Itulah berbagai macam penyebab jerawat aktif yang perlu diketahui. Setelah memahami itu semua, sebaiknya kini Anda mulai meninggalkan kebiasaan buruk yang membuat jerawat menjadi semakin parah dan beralih ke gaya hidup yang sehat. Ingat bahwa jerawat tidak akan mendekat pada kulit yang dirawat dengan baik.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.