Sponsors Link

3 Penyebab Jerawat Alergi Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Penyebab jerawat memang banyak sekali, salah satunya adalah adanya alergi. Alergi sebagai salah satu penyebab jerawat tidak boleh diatasi dengan cara yang sembarang agar tidak menyebabkan masalah lainnya di kulit wajah. Salah satu cara menghilangkan jerawat dengan odol dan garam adalah pastikan terlebih dahulu kalian mengetahui dengan baik sifat dan kesehatan kulit wajah. Terlebih, hindari penggunaan produk-produk atau konsumsi makanan yang dapat memicu alergi kalian muncul. Lalu apa saja penyebab jerawat alergi yang biasanya muncul atau timbul di wajah , berikut ini beberapa penjelasannya:

Sponsors Link
  1. Kosmetik

Siapa yang tidak mengenal kosmetik, dewasa ini hampir setiap wanita maupun pria menggunakan kosmetik dalam beraktivitas sehari-hari. Namun perlu diketahui pula bahwa, tidak semua kosmetik bisa sesuai atau cocok dengan kondisi kulit wajah setiap orang. Dimana penggunaan kosmetik yang tidak cocok dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah bahkan menimbulkan banyak jerawat. Jerawat yang muncul karena penggunaan kosmetik merupakan suatu bentuk reaksi  atau respon terhadap alergi atau iritasi yang disebabkan oleh kandungan bahan yang tidak sesuai dengan kondisi atau sifat kulit wajah dan penggunaan yang tidak sesuai.

Ciri jerawat karena kosmetik juga beragam, seperti jerawat tumbuh menggerombol dan kemarahan seperti terbakar, jerawat terasa sangat gatal dan membesar, serta lain sebagainya. Oleh sebab itu pilihlah kosmetik untuk sehari-hari dengan bijak sesuai dengan sifat dan kondisi kulit wajah, agar terhindar dari jerawat.

  1. Sabun Pencuci Muka

Selain kosmetik, penggunaan sabun pencuci muka yang tidak sesuai dengan sifat kulit dapat menimbulkan respon alergi hingga iritasi. Hal ini disebabkan karena pH sabun yang tidak sesuai dengan pH kulit. pH kulit normal berkisar pada 5 hingga 6,5 sedangkan kebanyakan sabun seperti sabun mandi memiliki pH yang terlalu basa. Tidak sesuainya pH sabun pencuci muka dan pH kulit wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu produksi minyak berlebih. Kondisi kulit yang terlalu berminyak sangat rentang menyebabkan munculnya jerawat, sedangkan kondisi kulit yang terlalu kering juga dapat memperparah jerawat hingga menyebabkan rasa gatal berlebih dan meninggalkan bekas hitam.

Sama seperti kosmetik, ciri-ciri jerawat karena alergi sabun pencuci muka seperti munculnya jerawat yang kemerah-merahan hingga kulit yang terasa seperti terbakar, jerawat yang sangat gatal dan timbul di berbagai bagian wajah, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, pilihlah sabun pencuci muka yang sesuai dengan pH kulit agar tidak menimbulkan reaksi alergi bahkan hingga iritasi kulit.

  1. Makanan

Makanan penyebab jerawat juga sudah tidak asing lagi dalam dunia kesehatan kulit dan wajah. Selain makanan yang memang dapat merespon munculnya alergi bagi sebagian orang, makanan yang mengandung minyak yang berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya jerawat. Sebagai contoh seperti produk susu karena dapat menyebabkan peningkatan minyak pada kelenjar sebasea kulit yang memicu timbulnya jerawat.

Sponsors Link

Bagi sebagian orang yang memang pada dasarnya memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan seperti seafood, makanan berminyak, dan lain sebagainya perlu berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena makanan yang salah dikonsumsi dapat memicu reaksi alergi yang akan menyebabkan bercak-bercak merah pada kulit hingga kulit yang terasa seperti terbakar. Tidak sedikit pula jerawat yang membandel dan merah besar timbul di wajah karena disebabkan oleh alergi makanan yang dikonsumsi.

Itulah tiga penyebab jerawat alergi yang umum dialami oleh wanita maupun pria dalam aktivitasnya sehari-hari. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan meningkatkan kewaspadaan diri dalam penggunaan kosmetik dan konsumsi makanan agar terhindar dari masalah jerawat dan masalah kulit lainnya.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.