Sponsors Link

11 Penyebab Jerawat Batu di Dagu dan Rahang Paling Berbahaya

Sponsors Link

Kamu mungkin sudah tahu bahwa jerawat dapat muncul secara tiba-tiba di berbagai tempat yang ada di sekitar tubuh. Jerawat pada umumnya memang  sering muncul di area wajah, punggung, perut, tangan atau area tubuh lainnya. Nah, bagi sebagian wanita, mereka menganggap dagu lah yang kerap ditumbuhi oleh jerawat dan tidak mudah untuk menghilangkannya, apalagi jerawat yang  mempunyai ukuran yang sangat besar. Jerawat pada dagu nampak di sepanjang garis rahang yang berlipat-lipat dan dibarengi dengan rasa sakit.

Sponsors Link

Hal inilah yang memberikan dampak psikologis akibat jerawat dan merusak penampilan di depan banyak orang. Untuk mengatasi segala sesuatu tentang jerawat serta mengurangi efek samping jerawat, kamu perlu untuk mengetahui penyebab jerawat yang sangat mengganggu kecantikanmu. Kamu bukan hanya perlu mengetahui penyebab jerawat di punggung atau penyebab jerawat di dalam hidung, tetapi kamu juga harus memahami penyebab jerawat batu di dagu dan rahang. Mari, kita simak penjelasannya berikut ini :

  1. Kosmetik yang berlebihan atau tidak cocok

Kosmetik adalah kebutuhan primer yang sangat viatl bagi wanita. Namun tahukah kamu bahwa kosmetik adalah penyebab timbulnya jerawat di dagu. Memang benar bahwa penggunaan kosmetik setiap orang tidak sama. Kosmetik digunakan sesuai dengan kebutuhan nutrisi wajah kamu dengan tipe kulit yang berbeda. Perlu kamu ketahui, bahwa seringkali kita menjumpai banyak produk kosmetik yang mengandung minyak dan bahan yang kurang baik.

Minyak yang berlebihan akan sangat mudah dihinggapi oleh bakteri penyebab jerawat di kulit wajah dan menyumbat pori-pori wajah. Bila memang wajah kamu sudah terlanjur berjerawat, kamu bisa menggunakan produk-produk yang memang diperuntukkan untuk wajah berjerawat. Dan bagi kamu yang ingin mencegah datangnya jerawat, pilihlah kosmetik yang nonacnegenic. Serta perhatikanlah pula komposisi kosmetik yang kamu pakai. Bila kosmetik terlalu mengandung bahan yang tidak baik maka akan menyebabkan  iritasi kulit.

  1. Hormon yang tidak seimbang

Para ahli mengatakan bahwa kebenaran hormon yang menyebabkan timbulnya jerawat tidak dapat diragukan. Hotmon tidak seimbang akan cenderung didapat oleh remaja yang sedang mengalami masa pubertas baik laki-laki maupun perempuan. Bagi setiap wanita pergantian hormon ini tidak hanya didapat pada saat menstruasi tetapi juga saat masa ovulasi, kehamilan dan juga mmasa menopause. Pada saat wanita mengalami menstruasi, hormon androgen dan esterogen akan mengalami peningkatan di dalam tubuh kita. Pergantian hormon setiap bulan yang menyebabkan hormon tak seimbang ini akan menyebabkan prouksi minyak berlebih, menyumbat pori-pori bersama bakteri lalu menimbulkan jerawat.

  1. Jarang Mandi

Mandi adalah salah satu aktivitas manusia yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan dan kelemababan kulit kita di seluruh anggota tubuh termasuk kulit wajah dan dagu. Setelah melakukan aktivitas apalagi aktivitas di luar rumah, otomatis kotoran, debu, polusi, bakteri dan benda-benda asing lainnya akan menghampiri kulit kita. Kebiasaan malas mandi akan menimbulkan penumpukan kotoran, minyak, kosmetik yang bergabung dengan keringat akan menyumbat pori-pori.  Saat kamu tidak membersihkannya dengan mandi maka hal ini akan memicu timbulnya jerawat batu di dagu. Rutinlah membersihkan wajah dan selalu mandi setelah beraktivitas di luar rumah.

  1. Stress yang berkepanjangan

Faktor yang juga menjadi penyebab jerawat di dagu yang lain adalah stres yang berkepanjangan. Semua ahli medis dan kecantikan sudah membuktikan adanya sinkronisasi hubungan antara stres yang berkepanjangan dengan munculnya jerawat khususnya di daerah dagu. Sewaktu kamu merasa stres dan tertekan oleh masalah sekolah ataupun pekerjaan akan, jerawat akn tumbuh pesat. Ditambah dengan gaya hidup tinggi yang membuat kamu harus mempunyai segalanya akan terus membuat kamu dihantui oleh stres.

Sponsors Link

Saat kamu stres dan tidak segera kamu atasi maka ketidakseimbangan hormon akan meningkat. Hal ini akn berakibat pada produksi minyak berlebih di wajah. jika minyak ini sudah  terkontaminasi dengan kotoran, debu, polusi ataupun benda asing lainnya maka kemungkinan untuk memicu jerawat di dagu bertambah, bahkan menjadi pemicu penyebab jerawat batu, penyebab jerawat ada nanahnya dan penyebab jerawat lainnya. Cobalah untuk merelaksasi pikiran anda dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, terapi pijat atau bisa juga denganpergi ke tempat-tempat yang paling anda sukai. Semkin rileks pikiranmu, maka tidak akan ada stres yang berkepanjangan.

  1. Racun dalam tubuh

Perhatikanlah jika imunitas kamu di dalam tubuh sedang mengalami penurunan. Penurunan imunitas ini akan menyebabkan racun di dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan. Racun yang mengendap dan berakumulasi akan membuat kesehatan menurun. Apabila racun ini bersarang di sekitar rahang akan memicu timbulnya jerawat di dagu. Maka dari itu kamu perlu merubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.  Yakni dengan berolahraga setiap pagi secara rutin, mengkonsumsi banyak air putih, sayuran dan buah-buahan seperti manfaat jeruk nipis untuk jerawat, manfaat lemon untuk jerawat dan manfaat buah lainnya.

  1. Penumpukan keringat

Setiap kamu selesai berkativitas seperti sekolah, kuliah, bekerja, berolahraga, melakukan aktivitas yang berat dan padat atau melakukan kegiatan di bawah terik matahari pasti kamu akan berkeringat. Keringat yang muncul dari dalam tubuh yang tidak segera kamu bersihkan bisa saja bergabung dnegan minyak. Hal ini akan menyumbat pori-pori kulit. Penyumbatan pori-pori kulit ditambah dengan infeksi bekteri penyebab jerawat akan memicu timbulnya jerawat di dagu. Bukan tidak mungkin jerawat di dagu akan mengalami peradangan. Oleh karena itu, saat kamu merasa berkeringat, segeralah membasuh wajahmu atau langsung membersihkannya dengan mandi. Jangan pernah biarkan keringat mengendap terlalu lama dalam tubuh. Kamu juga bisa menggunakan handuk serta tisu yang bersih sebagai salah satu cara menghindari jerawat di dagu.

ads
  1. Dagu yang bersentuhan dengan tangan

Tangan adalah sumber kotoran, polusi dan debu. Hal ini disebabkan karena tanganlah yang sering menyentuh barang-barang yang mungkin saja mengandung bahan berbahaya dan terkontaminasi dengan kotoran serta benda-benda asing di udara. Jika kamu memilki kebiasaan untuk emnyentuh wajah dengan tangan atau kebiasaan saat kamu berpikir keras kamu menyentuh dagumu dengan tangan maka segera hindrai kebiasaan ini. Karena apabila  tangan yang mengandung bakteri dan korotan bersentuhan dengan dagu maka bakteri akan berinteraksi dengan minyak, mimyak akan ,menyumbta pori-pori. Penyumbatan inilah yang akan memicu jerawat di dagu

  1. Pola makan yang buruk

Para ahli medis sudah sepakat bahwa pola makan juga berpengaruh terhadap timbulnya jerawat di dagu. Memilki jerawat di dagu disinyalir sebagai tanda bahawa kamu juga sedang mengalami alergi terhadap makanan tertentu. Bagi tubuh kita, alergi yang ada di dagu merupakan tanda bahawa kamu sedang mengalami masalah pada usus halus dimana usus halus adalah salah satu organ vital pencernaan yang bereaksi langsung dengan makanan. Reaksi  ini akan menimbulkan penyeban jerawat di dagu.

Pola makan yang buruk akibat asupan makan yang salah juga berpengaruh terhadap munculnya jerawat di dagu. Sebaiknya mulailah mengurangi asupan gula olahan, karbohidrat yang tinggi, produk olahan susu pada makanan tertentu, fast food, makana pedas dan berminyak atau produk kacanag-kacangan. Karena makanan-makanan jenis ini akan merangsang kulit untuk memproduksi minyak berlebih dan menyumabta pri-pori yang berpotensi meningkatkan resiko jerawat yang ada di dagu, jadi mulailah dengan beralih dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

  1. Tidak sterilnya masker wajah dan helm

Kurang sterlinya benda-benda yang kamu pakai sehari-hari akan menjadi faktor utama penyebab jerawat di dagu. Benda-benda yang biasanya berkontaminasi dengan wajah kamu adalah masker wajah dan helm yang biasa kamu gunakan.  Helm yang biasanya kamu pakai saat berkendara motor akan menjadi sarang yang baik untuk bakteri penyebab jerawat. Kenapa? Karena tali helm yang menyentuh bagian dagumu akan memicu timbulnya jerawat apabila kamu abaikan kebersihannya.

Perlu kamu ketahui bahwa tali helm ini merupakan sumeber bakteri, debu dan polusi. Tak bisa dibayangka apabila bakteri pada tali helmyang dikencangakn pada arae dagumu akan berpindah dan membuat munculnya bakteri.  Masker juga barang wajibyang harus kamu akai saat berkendara motor. Masker menjadi kotor karena seringkali terkontaminasi oleh keringatmu. Ketika kamu tidak mengganti maskermu secara berkala otomatis kotoran ini akan berpindah ke dagumu dan jerawat akan muncul. Maka mulailah untuk memebersihkan helmu secara berkala dan emngganti maskermu setiap hari.

  1. Deterjen yang tidak cocok.

Kemungkinan penyebab jerawat di dagu bisa saja terjadi karena alergi yang timbul pada kulit. Alergi ini bisa karena baju, syal,kerudung atau pakaian lain yang bersentuhan dengan kulit khususnya daerah wajah. pemilihan deterjen yang terlalu keras dan tidak cocok bagi sebagian jenis kukit seseorang akan mempengaruhi timbulnya jerawat di dagu. Nah, mulailah untuk mengganti deterjen apabila kamu merasa bahwa jerawat di dagumu sudah banyak yang muncul. 

Sponsors Link

  1. Sindrom ovarium poliklistik

Jerawat yang muncul banyak di dagu berkemungkinana adalah pertanda bahwa kamu sedang mengidap sindrom ovarium poliklistik. Sindrom ini adalah suatu keadaan dimana terjadi peningktan pada hormon testosteron sehinggan wanita mengalami ketidakseimbangan hormon yang ditandai dengan munculnya kista di pinggir ovarium. Munculnya kista akan menyebabkan sel telur  tidak dapat  dilepaskan ovarium untuk dibuahi oleh sperma. Hlal ini pula kana memicu ketidakseimbangan hormon yang sudah pasti akan memicu minyak berlebih dan membuat munculnya jerawat di dagu. Biasanya dokter akan memberikan obat sementara untuk meringankan jegalanya.

Cara mengatasi jerawat di dagu

  • Obat

Kamu bisa mengkonsumsi produk yang mengandung salicylic acid serta benzoyl peroxide. Karena gabungan kedua produk ini akan bekerja sama dalam membunuh bakteri jerawat dan membantu mengurangi minyak yang berlebih.

  • Cengkeh

Kamu bisa membuat ramuan cengkeh untuk mengobati jerawat batu di dagu yakni dengan mendidihkan cengkeh dalam air, buatlah seperti pasta lalu oleskan pada jerawat. Biarkan selama 15-20 menit lalu basuh dengan air dingin.

  • Madu

Oleskan madu pada dagu lalu biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu basuh dengan susu serta air dingin. Madu ini sangat berkhasiat dalam mengobati jerawat batu di dagu.

  • Lemon

Usapkan potongan lemon pada jerawat yang ada di dagu, lalu tunggu sebentar kemudian basuh dengan air. Ini akan sangat berkhasiat dalam menyembuhkan jerawat batu di dagu.

Semoga dapat kamu hindari penyebab jerawat batu di dagu dan cara mengatasinya dapat kamu aplikasikan untuk mengobati jerawat di dagumu.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 09th, November 2017 / 08:51 Oleh :
Kategori : Penyebab