Sponsors Link

8 Penyebab Munculnya Jerawat Batu di Hidung

Sponsors Link

Satu lagi jenis jerawat yang sering membuat resah hingga menjadi momok yang menakutkan terutama bagi kaum wanita, yaitu jerawat batu. Jerawat batu atau yang dikenal juga dengan istilah cystic acne merupakan jenis jerawat yang memiliki ukuran besar dan terkadang juga muncul dalam jumlah banyak. Jerawat batu ini biasanya berwarna merah dan meradang, sehingga ketika seseorang mengalami masalah yang satu ini maka wajahnya akan terlihat seperti membengkak. Seperti hal nya jerawat pada umumnya, jerawat batu juga dapat muncul dimana saja terutama di area hidung. Hidung memang menjadi bagian wajah yang paling digemari jerawat, karena bagian hidung biasanya lebih sering berminyak dan berkeringat. Untuk menghindari jerawat batu di hidung, maka anda perlu mengetahui beberapa penyebab jerawat batu di hidung. Lalu apa saja sebenarnya penyebab jerawat batu di hidung? Berikut ini ada beberapa penyebab jerawat batu di hidung, diantaranya adalah:

Sponsors Link
  1. Faktor Genetik

Faktor genetik juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat batu di hidung anda, maupun jerawat batu di dada dan bagian tubuh lainnya. Jika anda memiliki keluarga dengan jenis kulit berminyak atau kelebihan kelenjar minyak di wajah, maka kemungkinan anda akan sering mengalami masalah jerawat batu di hidung akan lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena jerawat batu lebih mudah muncul pada jenis kulit wajah berminyak. Penyebab jerawat batu karena faktor genetik ini biasanya akan lebih sulit dihindari kemunculan nya, karena memang sudah menjadi bawaan dari gen keluarga.

  1. Faktor Psikologis

Jerawat batu di hidung juga dapat disebabkan karena faktor psikologis. Ketika anda sedang mengalami beban pikiran yang berat hingga mengarah kepada stress, maka kondisi tersebut dapat memicu munculnya jerawat batu di wajah anda. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan pada wajah, sehingga otot-otot wajah akan menegang dan memicu produksi kelenjar minyak berlebih pada kulit wajah anda. Selain memicu produksi kelenjar minyak, tetapi juga dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. kedua kondisi tersebut yang menjadi penyebab jerawat batu mudah menyerang wajah anda, terutama di bagian hidung yang mudah berminyak.

  1. Pori-Pori Tersumbat

Salah satu penyebab jerawat di hidung adalah adanya kondisi dimana pori-pori kulit hidung tersumbat atau tertutup yang dapat disebabkan karena beberapa hal, termasuk juga penyebab jerawat batu di hidung. Beberapa hal tersebut seperti adanya tumpukan kulit mati, kotoran, debu, polusi, hingga juga minyak yang diproduksi. Kondisi tersebut menyebabkan kulit menjadi susah untuk bernafas dan jerawat batu tidak dapat di hindari lagi.

  1. Kebersihan Area Hidung Tidak Dijaga

Kebersihan area hidung yang tidak dijaga juga menjadi penyebab jerawat batu di hidung. Banyak anggapan bahwa menjaga area hidung lebih sulit dibanding menjaga atau merawat bagian wajah lainnya, hal ini juga disebabkan karena hidung merupakan bagian yang paling mudah berminyak dan berkeringat. Selain itu area hidung juga menjadi wadah paling digemari oleh komedo, sehingga tidak heran jika jerawat seperti jerawat batu juga sering muncul di hidung. Kebersihan yang tidak dijaga seperti malas untuk membersihkan sisa makeup, tidak rajin mencuci wajah, sering memegang hidung, dan lain sebagainya.

  1. Penggunaan Kosmetik

Sifat atau kondisi kulit masing-masing orang adalah berbeda-beda, oleh sebab itu penggunaan kosmetik pada wajah juga terkadang menjadi penyebab munculnya berbagai jenis jerawat seperti jerawat batu. Hal ini biasanya disebabkan karena kandungan dalam kosmetik yang digunakan tidak sesuai atau tidak cocok dengan kondisi kulit wajah. Selain itu pori-pori kulit juga lebih mudah tersumbat, terlebih lagi jika tidak dibersihkan dengan benar.

  1. Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab jerawat batu di hidung selanjutnya dapat disebabkan karena adanya pola makan tidak sehat, seperti mengkonsumsi jenis-jenis makanan penyebab jerawat batu pada wajah. Beberapa makanan seperti junk food, makanan yang mengandung kadar lemak, gula, dan minyak yang tinggi, serta makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makan-makanan tersebut dapat memicu timbulnya jerawat lebih cepat, sehingga lebih baik untuk dihindari dan diganti dengan makanan yang mengandung serat dan antioksidan tinggi seperti buah atau sayur.

  1. Paparan Sinar Matahari

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa hidung merupakan bagian wajah yang paling mudah berminyak dan berkeringat, maka terlalu sering atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan munculnya jerawat batu di hidung. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi minyak dan keringat di hidung, sehingga bakteri akan mudah berkembang dan pori-pori kulit akan mudah tersumbat. Selain itu, paparan sinar matahari juga mengandung sinar ultraviolet yang bersifat negatif bahkan dapat juga merusak jaringan kulit wajah.

  1. Konsumsi Pil KB

Bagi anda yang sudah menikah dan sedang dalam masa menunda kehamilan, maka jerawat batu di hidung yang sering anda alami dapat disebabkan karena anda dalam masa mengkonsumsi pil KB. Pil KB ternyata juga dianggap dapat menjadi pemicu munculnya jerawat batu yang disebabkan karena adanya perubahan imunitas didalam tubuh.

Itulah beberapa penyebab jerawat batu di hidung yang perlu anda waspadai, semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.