Sponsors Link

9 Penyebab Jerawat Bau Menusuk

Sponsors Link

Jerawat memang merupakan masalah kulit yang paling umum dijumpai pada setiap orang, termasuk laki-laki dan perempuan. Kehadiran jerawat pada kulit terutama kulit wajah memang terasa menganggu penampilan terutama untuk kaum hawa. Banyak dari kaum hawa yang begitu panik saat mengetahui adanya benjolan kecil yang kita sebut dengan jerawat pada kulit wajah mereka. Jerawat tidak hanya dapat ditimbul pada kulit wajah saja, melainkan jerawat dapat muncul juga di dada, punggung, kemaluan dan mata. Dari tempat tumbuhnya jerawat dikulit faktor penyebab yang melatar belakanginnya juga berbeda-beda. Oleh sebab itu untuk mengatasi jerawat yang muncul diperlukan pengetahuan tentang penyebab dari munculnya jerawat tersebut.

Sponsors Link

Artikel terkait :

Jerawat yang hadir pada kulit wajah kadang memiliki aroma yang tidak sedap untuk dicium. Terkadang terdapat juga jerawat yang membuat kulit terasa gatal-gatal. Banyak faktor yang menjadi penyebab jerawat menjadi bau. Berikut ini faktor-faktornya antara lain :

1.Nanah yang terkandung didalam jerawat

Jerawat terkadang mengandung nanah didalamnya, nanah yang terdapat pada jerawat membuat semacam mata yang nantinya akan meletus. Jerawat yang mengandung nanah dapat disebabkan akibat infeksi yang terjadi pada jerawat. Contohnya adalah dengan menyentuh jerawat menggunakan tangan. Untuk itu saat kulit wajah sedang berjerawat alangkah baiknya untuk tidak menyentuh jerawat dengan menggunakan tangan. Karena tangan yang Anda gunakan bisa saja sedang dalam keadaan yang tidak bersih. Sehingga memungkinkan untuk terjadinya infeksi pada jerawat. Jika jerawat sudah terinfeksi maka selanjutnya akan terjadi munculnya nanah. Jika jerawat yang muncul mengandung nanah maka jerawat akan memiliki aroma bau saat tercium.

Artikel terkait :

2. Tumpukan sel kulit mati

Kulit melakukan regenerasi setiap hari terutama pada malam hari. Tujuan kulit melakukan regenerasi adalah untuk membuang sel kulit yang mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Sel kulit yang mati jika tidak dibersihkan dengan benar akan menumpuk sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Dalam kondisi kulit yang kurang bersih akibat tumpukan sel kulit mati jeraawat juga bisa memiliki aroma yang bau. Untuk mengatasi hal ni ada baiknya untuk melakukan scrub pada wajah secara alami. Butiran scrub yang diaplikasikan ke wajah dapat membantu mengoptimalkan pengangkatan sel kulit mati. Penggunaan scrub untuk wajah dapat digunakan sebanyak satu kali dalam dua hari.

Artikel terkait :

3. Merokok

Pola hidup sehat identik dengan menjaga kesehatan luar tubuh dan organ dalam. Merokok merupakan salah satu aktifitas yang tidak sehat untuk organ tubuh termasuk paru-paru. Aktifitas merokok dalam jangka waktu yang lama juga dapat membuat penggunanya meninggal dunia. Dan untuk dampak negatif yang diberikan oleh rokok bagi kulit adalah timbulnya masalah jerawat. Jerawat yang timbul pada orang yang aktif merokok lebih memiliki aroma yang bau. Ini mungkin karena tubuh ikut melepaskan zat yang terkandung didalam rokok melalui pori-pori pada kulit. Untuk itu cara mengatasi agar jerawat tidak bau adalah dengan menghentikan kebiasaan meroko terutama untuk laki-laki. Sedangkan untuk perempuan sedapat mungkin untuk menjauhi orang yang merokok disekitarnya.

Artikel terkait :

Sponsors Link

4. Alkohol

Alkohol adalah sejenis senyawa yang juga terdapat pada beberapa minuman, keberadaan alkohol sebenarnya berfungsi untuk menghangatkan tubuh dari dalam bagi orang yang tinggal didaerah bersalju. Sedangkan selain dari itu mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menganggu kesehatan, mental dan mabuk. Dampak negatif yang paling terlihat bagi para pengonsumsi alkohol adalah kulit yang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Selain itu mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menimbulkan jerawat pada kulit. Jerawat yang muncul pada wajah dapat beraroma bau karena efek dari konsumsi alkohol.

Artikel terkait :

5. Makanan tinggi kandungan lemak

Penyebab jerawat memiliki aroma bau yang kelima adalah makanan. Tidak dipungkiri bahwa makanan juga termasuk salah faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Karena beberapa makanan yang mengandung lemak tinggi dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak pada kulit. Akibatnya jerawat dapat saja muncul pada wajah. Contoh dari makanan yang tinggi kandungan lemak adalah susu, jeroan dan makanan yang mengandung santan. Ada baiknya untuk mengatasi hal ini Anda memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Mengonsumsi makanan dengan tinggi kandungan lemak sama sekali tidak dilarang justru dibutuhkan oleh tubuh dan kulit, hanya saja ada batasan yang harus dipatuhi. Ada baiknya jika Anda lebih banyak memasukkan menu buah-buahan dan sayur-sayuran untuk dikonsumsi setiap harinya.

Artikel terkait :

6. Alergi

Penyebab jerawat menjadi bau selanjutnya adalah alergi. Beberapa jerawat memang dapat ditimbul diakibatkan oleh alergi yang terjadi pada kulit. Alergi dapat disebabkan karena suhu, cuaca dan kondisi kulit pada saat tersebut. Jerawat yang disebabkan karena alergi umumnya memang memiliki aroma yang berbeda. Selain itu jerawat karena alergi juga menyebakan kulit menjadi terasa gatal. Untuk itu ada baiknya untuk tidak mengaruk jerawat karena takut akan mengakibatkan jerawat menjadi bertambahn parah. Baiknya segera atasi dengan pemberian obat yang sudah diresepi oleh dokter untuk mengatasi rasa gatal pada kulit.

Artikel terkait :

7. Kelenjar minyak yang berlebihan

Faktor dari penyebab timbulnya jerawat pada wajah sudah pasti berasal dari kelenjar minyak yang berlebih di wajah. Minyak yang diproduksi oleh kulit berguna untuk menjaga kelembapan pada wajah. Namun saat produksi kelenjar minyak berlebihan pada wajah dapat membuat pori-pori pada wajah menjadi tersumbat dan menimbulkan jerawat. Untuk mengatasi hal ini ada baiknya untuk menghindari kebiasaan yang dapat membuat produksi kelenjar minyak menjadi meningkat yaitu :

  • Makanan yang dapat meransang produksi kelenjar minyak berlebih pada wajah.
  • Membasuh muka terlalu sering sehingga kulit menjadi kering dan memicu produksi kelenjar minyak pada wajah.
ads

Efek negatif dari kelenjar minyak di produksi secara berlebihan adalah jerawat dapat menimbulkan aroma yang bau. Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi pada diri Anda bukan.

Artikel terkait :

8. Keringat

Penyebab jerawat menjadi bau yang kedelapan adalah biang keringat. Keringat keluar dari dalam tubuh melalui pori-pori pada kulit. Keringat umumnya keluar setelah kita melakukan aktifitas fisik yang berat seperti olahraga. Namun saat keringat yang keluar tidak di lap dapat menjadikan jerawat muncul pada kulit. Ini karena biang keringan mengandung bakteri yang dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif sehingga kehadiran jerawat mejadi meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya Anda untuk menyediakan semacam handuk kecil yang dikalungkan pada leher untuk melap keringat yang menetes.

Artikel terkait :

9. Debu

Penyebab jerawat menjadi bau terakhir adalah debu. Debu selalu ada baik berada didalam ruangan maupun luar ruangan. Namun jumlah debu yang ditemui tentu lebih banyak jika berada di laur ruangan. Untuk itu jika Anda banyak melakukan aktifitas di luar ruangan ada baiknya untuk menggunakan pelindung seperti topi, masker atau payung untuk melindungi kulit Anda dari debu yang berterbangan di udara. Karena debu tersebut dapat saja menempel pada kulit wajah dan menimbulkan jerawat pada wajah.

Artikel terkait :

Itulah beberapa penyebab dari timbulnya aroma bau pada jerawat, jika Anda sudah mengetahuinya ada baiknya menghindari faktor penyebab tersebut agar tidak membuat rasa percaya diri menurun.

Bahan Alami atasi Aroma Jerawat Bau

Siapapun pasti tidak ingin memiliki jerawat pada kulit wajahnya, apalagi jika jerawat tersebut memiliki aroma yang bau. Tentu hal ini dapat menganggun penciuman dan diri sendiri dan orang lain. Jika jerawat sudah terlanjur memiliki aroma bau makan terdapat bahan alami yang dapat mengatasi aroma tersebut sekaligu menyembuhkan jerawat yang ada. Berikut ini bahan alami yang dapat atasi aroma jerawat yang bau antara lain :

1.Pepaya

Pepaya sudah lama ampuh untuk mengatasi jerawat pada wajah. Selain itu ternyata masker pepaya juga dapat membantu mengatasi aroma jerawat yang bau. Caranya cukup mudah yaitu :

  • Ambil satu buah pepaya yang masak dan potong.
  • Kupas kulitnya dan buang biji dari pepaya.
  • Haluskan daging dari buah pepaya dan oleskan pada jerawat.

Masker ini dapat di tunggu hingga 30 menit baru kemudian dibilas hingga bersih.

Artikel terkait :

2. Madu

Cairan alami yang berasal dari lebah ini memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan aroma yang bau dari herawat. Madu dapat Anda gunakan dan lebih praktis, karena cara pemakaiannya cukup untuk mengoleskan madu secara merata pada seluruh wajah.Kemudian tunggu hingga madu mengering baru dibilas.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahan alami yang dapat mengatasi aroma bau pada jerawat, praktis dan murah.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 25th, May 2017 / 03:44 Oleh :
Kategori : Penyebab