Sponsors Link

12 Penyebab Jerawat Bernanah dan Gatal yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Penyebab tumbuhnya jerawat memang sering membingungkan karena belum ada penyebab yang pasti. Salah satu penyebab yang telah dipercaya adalah karena adanya perubahan hormon penyebab jerawat yang tidak stabil didalam tubuh. Lalu bagaimana dengan jerawat bernanah dan gatal? Apakah hal yan menjadi sebab jerawat bernanah dan gatal juga sama dengan penyebab tumbuhnya jerawat pada umumnya? Bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat bernanah dan gatal serta sedang mencoba mencari tahu penyebabnya, maka anda perlu menyimak ulasan berikut ini. Berikut ini ada beberapa penyebab jerawat bernanah dan gatal yang wajib anda ketahui.

Sponsors Link
  1. Infeksi Bakteri pada Jerawat

Jerawat tumbuh paling umum disebabkan karena produksi minyak di kulit yang berlebih. Kondisi berlebihnya produksi minyak di kulit tersebut yang menyebabkan semakin mudahnya bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak. Hal tersebut yang menyebabkan terjadinya infeksi bakteri pada jerawat, dimana menyebabkan jerawat meradang, bernanah, hingga gatal.

  1. Infeksi dalam Tubuh

Selain adanya infeksi bakteri pada jerawat, jerawat bernanah dan gatal juga dapat disebabkan karena adanya infeksi dalam tubuh. Jerawat bernanah dan gatal muncul sebagai efek dari sel darah putih di dalam tubuh yang berusaha untuk melawan bakteri maupun kuman didalam tubuh. Hal tersebut yang menyebabkan tercampurnya cairan di kulit yang terinfeksi bakteri dengan sel darah putih yang mati dan menimbulkan nanah. Nanah yang terbentuk di bawah pori-pori kulit tersebut yang menjadikan jerawat bernanah dan gatal.

  1. Faktor Hormonal

Faktor hormonal merupakan salah satu faktor penting penyebab tumbuhnya jerawat, dimana adanya peningkatan produksi oleh hormon testosteron. Hormon penyebab jerawat ini yang memicu pertumbuhan jerawat dengan merangsang kelenjar minyak yang kemudian memproduksi minyak di kulit secara berlebihan. Kondisi tersebut pula yang kemudian dapat memperparah jerawat dan menyebabkan jerawat bernanah hingga gatal.

  1. Kelenjar Minyak Terlalu Aktif

Kelenjar minyak yang terlalu aktif juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat bernanah dan gatal. Faktor penyebab kelenjar minyak terlalu aktif sendiri dapat disebabkan karena faktor hormonal, pola hidup tidak sehat, dan lain sebagainya. Kulit yang terlalu berminyak tersebut yang memudahkan jerawat tumbuh hingga memperparah jerawat, termasuk tumbuh dan berubahnya jerawat menjadi jerawat bernanah dan gatal.

  1. Faktor Genetik atau Keturunan

Penyebab jerawat bernanah dan gatal juga dapat dipicu oleh adanya faktor genetik atau keturunan. Jika anda sering mengalami masalah jerawat, terutama jerawat bernanah dan gatal mungkin saja disebabkan karena adanya faktor keturunan. Jerawat yang disebabkan karena  faktor keturunan memang biasanya akan muncul kembali setelah hilang diobati. Oleh sebab itu perlu penanganan khusus jika jerawat bernanah dan gatal anda disebabkan karena faktor keturunan.

  1. Memencet Jerawat

Salah satu bahaya memencet jerawat adalah dapat membuat jerawat menjadi semakin parah hingga menjadi jerawat bernanah dan gatal. Memencet jerawat dapat menyebabkan infeksi dan luka pada jerawat, sehingga ketika bakteri berpindah dari tangan ke jerawat dapat menyebabkan jerawat bernanah dan gatal karena kondisi yang justru semakin parah.

  1. Memegang Jerawat Terlalu Sering

Selain memencet jerawat, hanya sekedar memegang jerawat tetapi terlalu sering juga dapat menyebabkan jerawat bernanah dan gatal. Hal ini disebabkan karena tangan yang terlalu sering memegang jerawat belum tentu bersih, dan memungkinkan adanya perpindahan bakteri dari tangan ke jerawat yang dapat memicu adanya infeksi bakteri.

  1. Menggunakan Peralatan Kecantikan yang Tidak Higienis

Menggunakan peralatan kecantikan yang tidak higienis juga dapat menyebabkan jerawat bernanah dan gatal karena dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, peralatan yang tidak bersih juga dapat membantu pertumbuhan bakteri pada jerawat menjadi semakin cepat.

  1. Penggunaan Kosmetik atau Makeup Berlebih

Pori-pori kulit yang berjerawat akan sangat mudah disumbat oleh kotoran, debu, maupun sisa-sisa make up yang tidak dibersihkan dengan baik. Oleh sebab itu, penggunaan kosmetik atau makeup yang berlebih juga dapat menyebabkan jerawat bernanah dan gatal, sehingga akan lebih baik jika anda menggunakan makeup sesuai kebutuhan saja terutama pada saat anda berjerawat.

  1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat

Pola makan yang tidak sehat seperti terlalu sering atau terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat juga dapat menyebabkan jerawat bernanah dan gatal. Hal ini disebabkan karena makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan kadar lemak pada tubuh anda, yang nantinya juga dapat menutup atau menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat bernanah dan gatal.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Makanan Berminyak

Selain makanan tinggi gula dan karbohidrat, mengonsumsi makanan minyak secara berlebih juga dapat memicu tumbuhnya jerawat hingga memperparah kondisi jerawat. Oleh sebab itu, saat berjerawat atau bahkan jika ingin terhindar dari jerawat anda akan sering disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan berminyak dan berlemak.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan

Adanya kemungkinan anda kurang menjaga kebersihan bisa mengakibatkan jerawat bernanah, baik kebersihan kulit maupun kebersihan sekitar. Sebagai contoh seperti tidak mencuci wajah minimal dua kali sehari, maupun tidak pernah mengganti sarung bantal, sehingga bakteri, kotoran, debu, dan lain sebagainya tetap menempel dan bersarang di kulit. Jika kondisi tersebut terjadi maka jerawat bernanah dan gatal tidak bisa dihindari lagi.

Itulah 12 hal yang menjadi sebab jerawat bernanah dan gatal yang wajib anda waspadai, semoga informasi diatas bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.