Sponsors Link

15 Penyebab Jerawat Bertambah Banyak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat adalah sebuah tragedi terbesar yang dialami oleh seorang remaja pada saat menginjak masa puber. Masa puber ini adalah masa dimana mulai munculnya pertumbuhan hormon yang tidak terkendali. Hormon yang sangat banyak ini akan memnjadi penyebab utama kelebihan minyak pada wajah. Kelebihan minyak di wajah ini akan sangat mudah untuk mengikat debu dan kotoran dan akan berujung pada munculnya jerawat.

Sponsors Link

Masalah yang paling kita khawatirkan pada saat jerawat mucul di wajah kita ialah pada saat di lain waktu jerawat yang timbul bukannya malah semakin membaik dan sembuh tetapi malah bertambah banyak dan buruk. Efek jerawat yang bertambah banyak ini bisa memicu menjadi bahaya jerawat bernanah di wajah, jerawat batu dan penyebab jerawat yang lain. Kali ini, kami akan mengulik apa penyebab jerawat bertmabah banyak. Penasaran bukan? Mari kita simak  bersama-sama.

Penyebab Jerawat Bertambah Banyak

1. Malas Membersihkan Sel Kulit Mati

Setiap manusia akan mengalami regenerasi sel-sel kulit mati. Banyaknya kulit mati ini bisa ditandai timbulnya kulit kusam pada wajah kita. Jika hal ini dibiarkan terjadi terus menerus maka pori-pori kulit kita wajah kita akan tersumbat. Tersumbatnya pori-pori ini akan berimbas pada lambatnya pembentukan sel muda. Akibatnya jika berakumulasi dengan bakteri maka akan semakin memperparah jerawat yang ada di wajah.

2. Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Ahli medis dan kecantikan mengatakan bahwa wajah yang berjerawat bukan berarti kulit yang kotor. Banyak sekali faktor penyeba jerawat yang lain seperti ketidakseimbangan hormon, stres, makan makanan yang salah dan lainnya. Terbukti bahwa jika kita terlalu sering mecuci wajah maka akan membuat kulit kita menjadi kering dan mebuat jerawat kita semakin parah. Sebaiknya lakukan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat serta hindari menggunakan pembersih yang mengandung scrub dan gantilah dengan pembersih waah tanpa busa seperti susu pembersih atau cleansing milk.

3. Salah Mengkonsumsi Obat Jerawat

Perilkau mix and match dalam dunia fashion memang lazim untuk dilakukan, tetapi hal semacam ini tidak dianjurkan dalam dunia kedokteran dan pengobatan. Obat-obat penyembuh jerawat yang dijual di pasaran umumnya dibuat dari bahan yang sama. Apabila kamu mengkombinasikan penggunaan obat ini maka banyak sekali masalah yang akan kamu hadapi. Sesuatu apapun apabila dilakukan mealampaui batas akan berakibat menimbulkan hal yang buruk, begitu pula dengan obat.

Penggunaan dosis yang melebihi aturan penganjuran akan menyebabkan efek samping yang sangat berbahaya bagi jerawat kamu yaitu jerawat kamu akan makin parah dan bertambah. Akan lebih baik sebelum kamu mengkonsumsi obat-obatan, kamu wajib untuk mengkonsultasikannya dengan dokter kulit yang terpercaya karena mereka sudah pasti akan memberikan pengobatan yang benar. Obat-obatan yang diberikan dokter bukan hanya akan menyembuhkan jerawat namun juga mencegah tumbuhnya jerawat baru.

Sponsors Link

4. Terlalu Percaya pada Pengobatan Jerawat di Internet

Pada masa kemajuan teknologi saat ini, apapun masalah atau kebutuhanmu bisa kamu temukan malalui berbagai informasi yang ada di internet pun termasuk masalahmu untuk mengatasi berbagai masalah jerawat. Informasi yang kamu dapatkan diinternet ini jangan kamu telan mentah-mentah. Termasuk juga segalam macam bentuk pengobatan jerawat alami yang bisa kamu lakukan di rumah. Jangan mudah percaya untuk menggunakan obat jerawat racikan sendiri. Kamu juga perlu konsultasikan pengobatan ini dengan dokter kulit. Salah meracik obat juga semakin emnmbah jerawatmu. Perlu kamu ingat bahwa kulit adalah organ tubuh yang lemah. Jika membuat obat jerawat racikan sendiri, kamu belum tentu mengetahui kadar pH yang seimbang dengan kuitmu.

5. Menunda Konsultasi ke Dermatologis

Seseorang yang mengalami masalah kerawat seringkali menunda untuk berkonsultasi ke dermatologis. Penundaan ini pada akhirnya akam memicu jerawat bertambah dan semakin parah. Padahal apabila kamu datang ke dermatologis pada saat pertama kali jerawat datang, dokter akan lebih mudah untuk mengatasinya dibandingkan dengan jerawat yang sudah parah. Bahkan jika jerawat sudah membentuk bekas luka atau lubang di kulit maka perawatan untuk pengobatannya juga akan lebih banyak lagi.

ads

6. Terlalu Lama Menempelkan Ponsel di Wajah

Ponsel adalah benda yang paling sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun seringkali kita mengabaikan kondisi kebersihan dari ponsel kita. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ponsel ternyata memilki kuman 18 kali lebih banyak dari pegangan toilet pria? Hasil yang mengejutkan bukan? Bila ponsel yang kotor dan tidak steril ini sering menempel dan menyentuh kulit di wajahmu maka akan menyebabkan jerawat semakin banyak. Jika memang terpaksa, kamu bisa membersihkan ponselmu dengan larutan garam. Hindari  kebiasaan penyebab jerawat ini untuk mengurangi jerawat bertambah banyak.

7. Pakaian yang Kotor

Sudah menjadi keharusan bahwa kita harus menggunakan pakaian yang bersih. Kenapa? Karena pakaian yang kotor akan mempengaruhi kondisi jerawat kita. misalakan pada saat selesai berolahraga, pakain yang kamu pakai akan banyak menyerap keringat. Pakaian yang banyak keringat ini akan mudah untuk ditumbuhi oleh berbagai bakteri. Jika kamu menggunakan pakaianmu ini untuk mengusap keringat di wajahmu sudah pasti bakteri yang ada di pakaian ini akan menularkan bakteri ke wajahmu dan jerawat yang tumbuh akan bertambah semakin banyak.

8.Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah

Tak dapat dipungkiri bahwa seseorang akan memiliki kebiasaan untuk menyentuh kulit yang berjerawat. Mereka akan selalu merasa gemas ingin memencet jerawat dengan harapan jerawat ini akan senantiasa hilang. Padahal hal ini sama sekali salah. Kebiasaan menyentuh wajah terlalu sering akan mempermudah bakteri untuk berpindah dari satu tempat di wajah ke tempat yang lain. Apalagi jika tangan yang kamu gnakan untuk menyentuh dalam kondisi tidak bersih sudah tentu jerawat yang kamu miliki akan bertambah semakin banyak. Jika memang kamu ingin menyentuhnya, usahakan untuk membersihkan tanganmu terlebih dahulu guna mencegah penyebaran bakteri yang lebih banyak.

9. Kebiasaan Merokok

Merokok adalah salah satu aktivitas yang juga sering dilakukan oleh manusia. Pecandu rokok akan senantiasa merokok untuk mendapatkan suatu ketenangan dan kesenangan tersendiri dalam dirinya. Tapi tahukah kamu bahwa merokok juga menyebabkan jerawat bertambah? Sebuah penelitian ternyata mengungkapkan bahwa merokok juga akan mengakibatkna jerawar bertambah banyak. Selain merokok menimbulkan wajah keriput, zat kimia dalam rokok ternyata juga akan memperburuk jerawat yang ada di wajah seseorang.

10. Makan Makanan yang Mengandung Minyak

Makanan gorengan adalah salah satu makanan terfavorit bukan? Namun ketahuilah bahwa gorengan yang mengandung banyak sekali minyak akan berbahaya bagi jerawat yang ada di wajah. Bisa jadi banyaknya minyak yang ada di wajahmu dikarenakan kebiasaanmu yang memakan banyak gorengan. Jadi bila tak ingin jerawatmu semakin bertambah, hindarilah memakan gorengan.

Pencegahan Jerawat Agar tak Bertambah Banyak

  • Berhenti memencet jerawatmu

Memencet jerawat bukanlah suatu hal yang bijak untuk mengobati masalah jerawatmu. Ini hanya akan membuat jerawatmu bertambah banyak. Menyentuh, meremas, atau memencet dapat mengakibatkan jaringan parut dan bekas jerawat permanen serta penyebaran bakteri berbahaya secara tidak terkendali. Hal tersebut juga akan memperparah kondisi jerawatmu apabila tangan yang kamu gunakan untuk memencet sedang dalam kondisi kotor.

  • Gunakan tabir surya

Untuk tetap nyaman di bawah sinar matahari, kamu hanya perlu menggunakan tabir surya atau sunblock. Dengan begitu kamu bisa beraktivitas tanpa takut jerawatmu bertmabah banyak.

Sponsors Link

  • Cuci Wajah cukup 2 Kali

Meskipun kita merasa lebih segar setelah mencuci wajah, namun jika kita terlalu sering melakukannya justru dapat menyebabkan jerawat yang ada pada kulit kita bertambah parah. Mencuci wajah terlalu sering akan membuat wajah menjadi sangat kering, sehingga akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak lagi minyak pada wajah. Alangkah lebih baik jika kamu mencuci wajah kamu sekali sehari dengan sabun wajah setelah melakukan aktifitas seharian penuh. Atau jika kamu mempunyai kondisi kulit berminyak, cuci wajah kamu 2 kali sehari hanya sebelum beraktifitas dan setelah beraktifitas.

  • Konsumsi Mineral Dan Teh Hijau

Mengonsumsi air mineral atau air putih yang cukup dapat membantu kamu dalam membuang timbunan racun dan lemak yang ada pada tubuh . Jika meminum banyak air, secara tidak langsung kamu telah membantu tubuh untuk menegeluarkan dan mencegah penimbunan minyak di kulit wajah yang dapat memperparah kondisi jerawat kamu sebelumnya. Selain itu, teh hijau memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat menolak radikal bebas penyebab jerawat.

  • Tetap Pede Dengan Jerawatmu

Seseorang yamg memiliki jerawat seringkali tidak percaya diri. Kondisi tersebut kemudian memicu banyak orang untuk menutup-nutupi jerawat di wajah seperti menutupnya dengan make updan gaya rambut, masker, penjepit rambut atau aksesoris-aksesoris lainnya yang ditujukan untuk menutupi jerawat yang menempel di wajah kita. Namun tahukan kamu tindakan tersebut sangat tidak anjurkan karena dapat memperparah jerawat kamu.

Demikian penjelasan mengenai penyebab jerawat bertambah banyak. Percaya atau tidak bahwa menghindari penyebab jerawat bertambah banyak dan metode pencegahannya membutuhkan kesabaran yang banyak. Jangan patah semangat untuk terus mencoba berbagai cara dalam mencegah jerawat yang ada di wajahmu.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab