Sponsors Link

5 Penyebab Jerawat Di Atas Bibir yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Memiliki wajah bersih dan mulus adalah idaman semua wanita, namun terkadang ada beberapa permasalahan yang harus dihadapi sebagian wanita terkait kecantikan kulit wajahnya. Misalnya saja tumbuhnya jerawat hingga bekas jerawat yang tak kunjung hilang. Jerawat bisa muncul di area wajah mana saja, yang tentu akan mengganggu kenyamanan kita salah satunya jerawat yang muncul di atas bibir. Oleh karena itu, wajahjerawat.com akan membahas mengenai beberapa penyebab jerawat terus bermunculan di atas bibir:

Sponsors Link

1. Sembelit (Konstipasi)

Salah satu penyebab jerawat di atas bibir adalah karena mengalami sembelit. Apa itu sembelit? Sembelit merupakan suatu penyakit atau kelainan sistem pencernaan, dimana seseorang mengalami susah buang air besar dalam waktu yang lama. Apabila seseorang buang air besar sebanyak kurang dari 3 kali dalam seminggu maka ia dinyatakan mengalami sembelit. Dari sinilah dapat mempengaruhi pertumbuhan jerawat yang ada di atas bibir. Oleh karena itu, perlu segera diatasi untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya muncul kembali terlebih jika jerawat sakit saat di sentuh maka akan membuat seseorang menjadi semakin tidak nyaman.

2. Hormon Tidak Seimbang

Jerawat karena hormon tidak seimbang bisa menjadi salah satu penyebab jerawat di atas bibir. Hormon yang mempengaruhi munculnya jerawat ini adalah hormon Androgen. Terjadinya peningkatan hormon inilah yang menyebabkan jerawat muncul di atas bibir maupun di bagian wajah lainnya. Ketidakseimbangan hormon Androgen ini biasanya terjadi pada masa pubertas, menstruasi, menopouse, hingga obesitas.

3. Stres Berlebih

Penyebab jerawat di atas bibir yang selanjutnya adalah stres berlebih, yang juga berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Munculnya ciri-ciri jerawat meradang karena stres berlebih, disebabkan oleh banyaknya beban pikiran yang membuat seseorang menjadi stres dan hormon tubuh pun menjadi tidak seimbang sehingga menyebabkan jerawat muncul di area wajah dan lainnya. Oleh karena itu, untuk mencegah munculnya jerawat di atas bibir adalah dengan cara melakukan refreshing agar pikiran dan badan kita jadi fresh atau segar kembali.

4. Pasta Gigi

Pasta gigi memang digunakan untuk membersihkan gigi, namun karena sering bersentuhan dengan area bibir dan sekitarnya bisa saja membuat seseorang menjadi berjerawat di atas bibirnya karena ketidakcocokan dengan pasta gigi. Ketidakcocokan dengan pasta gigi ini juga bisa dikatakan bahwa seseorang mengalami alergi. Tak hanya makanan, seseorang juga bisa alergi terhadap zat-zat tertentu yang bisa saja terkandung dalam pasta gigi tersebut. Penyebab jerawat alergi karena pasta gigi inilah yang jadi penyebab jerawat di atas bibir. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih pasta gigi yang tepat.

5. Makanan Pedas dan Berminyak

Penyebab jerawat di atas bibir lainnya adalah karena mengonsumsi makanan pedas dan berminyak. Hal ini dikarenakan beberapa orang mengalami alergi terhadap suatu makanan, misalnya makanan pedas dan berminyak. Namun, tak hanya orang yang memiliki alergi saja yang perlu menghindari makanan seperti ini. Untuk menjaga kulit wajah tetap halus, caranya adalah dengan mengindari makanan pedas serta berminyak. Makanan yang harus dihindari saat jerawat dan makanan penyebab jerawat makin parah adalah makanan pedas dan berminyak karena akan meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah sehingga jerawat pun muncul salah satunya di bagian atas bibir.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.