Sponsors Link

15 Penyebab Jerawat di Badan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jerawat dapat tumbuh di bagian kulit mana saja diseluruh tubuh, selama kulit tersebut memiliki pori-pori. Namun ada beberapa bagian tubuh yang tidak bisa ditumbuhi oleh jerawat seperti mata, telapak tangan, telapak kaki dan bibir karena tidak adanya pori-pori disana. Keberadaan jerawat memang terkesan menjengkelkan karena dapat mempengaruhi penampilan kulit Anda yang indah dan mulus. Hadirnya jerawat di sertai warna kemerahan yang ditimbulkannya kadang menjadi wanita merasa histeris menghadapi ini semua. Jerawat dapat tumbuh tidak hanya diwajah melainkan juga dibadan.

Sponsors Link

Meskipun jerawat yang muncul dibadan dalam pandangan orang lain tidak terlihat oleh mata. Namun jangan pernah mencoba untuk mengabaikannya. Anda tetap harus melakukan penanganan yang tepat agar jerawat yang muncul dibadan bisa segera sembuh. Sebelum mengetahui cara penanganan jerawat dibadan dengan tepat, lebih baik cari tahu mengenai penyebab timbulnya jerawat di badan. Berikut ini penyebab jerawat dibadan antara lain :

1. Kurang menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan disini adalah menjaga kebersihan badan. Menjaga kebersihan dilakukan dengan mandi setiap hari sebanyak dua kali sehari yakni pada pagi hari dan sore hari. Jadi fungsi dari mandi ini adalah untuk mencegah timbulnya jerawat pada badan. Karena biasanya setelah seharian melakukan aktifitas badan akan dipenuhi oleh debu dan kotoran yang menempel pada baju sehingga dapat hinggap dibadan. Hal inilah yang justru dapat memicu timbulnya jerawat. Jadi bagi Anda yang ingin mencegah timbulnya jerawat dibadan maka mandilah dengan bersih dan teratur sudah merupakan salah satu langkah yang tepat.

Artikel terkait :

2. Keringat di badan

Badan juga menghasilkan keringat yang berasal dari pori-pori tubuh. Keringat biasanya keluar saat Anda selesai melakukan aktifitas fisik yang intens dan berat seperti olahraga dan mengangkat barang. Dengan keluarnya keringat membantu meningkatkan metabolisme didalam tubuh Anda. Salah satu cara untuk mencegah jerawat dibadan adalah dengan membersihkan keringat di badan hingga tidak ada lagi yang menempel. Karena penyebab dari timbulnya jerawat dibadan juga dapat disebabkan karena biang keringat. Keringat yang ada dibadan tercampur dengan bakteri penyebab jerawat sehingga meningkatkan resiko dari jerawat.

(Baca juga :  Cara menghilangkan bekas jerawat dibadan)

3. Baju yang ketat

Penyebab jerawat yang ketiga adalah baju yang ketat. Penggunaan baju yang ketat juga membuat pori-pori pada kulit jadi sulit untuk bernapas. Untuk itu ada baiknya untuk memilih baju yang berbahan dasar tipis, menyerap keringat dan tidak ketat. Baju yang ketat selain menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat juga menjadikan Anda gerah karena sulit untuk bergerak. Maka sebagai konsumen yang pintar Anda harus tetap selektif dalam memilih pakaian yang akan digunakan terutama pakaian atau baju yang akan digunakan untuk bekerja sehari-hari.

4. Masalah pencernaan

Penyebab jerawat di badan yang keempat adalah adanya masalah pencernaan. Pencernaan merupakan salah satu tempat penyerapan nutrisi oleh tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Itu sebabnya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Pencernaan juga dapat memiliki masalah seperti sembelit. Masalah pencernaan yang satu ini bisa disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh dan serat. Sumber serat yang baik untuk pencernaan berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Jadi langkah terbaik untuk mengatasi masalah pencernaan sekaligus untuk mencegah jerawat pada badan adalah dengan konsumsi air putih yang cukup dan buah yang kaya akan vitamin.

Artikel terkait :

Sponsors Link

5. Stres

Stres yang berkepanjangan juga dapat menjadi salah satu penyebab dari timbulnya jerawat pada badan. Saat seseorang mengalami stres beberapa kinerja dalam tubuh mengalami gangguan dan ini membawa dampak bagi kesehatan kulit. Untuk itu cara terbaik mengatasi stres adalah dengan melakukan rileksasi dan ketenangan. Contohnya cobalah untuk bebaring beberapa saat pada kursi dan pejamkan mata Anda. Jangan pikirkan apapun namun biarkan pikiran Anda dan ikuti sesuai dengan pikiran Anda sendiri. Setelahnya mulailah menghirup nafas secara dalam melalui hidung dan lepaskan nafas tersebut melalui mulut secara perlahan. Dengan begitu ulangi terus hingga Anda merasa lebih baik daripada sebelumnya. Cara ini baik sekali untuk membantu Anda mengatasi stres dan mengelolanya dengan cara yang tepat.

(Baca juga : Dampak psikologis akibat jerawat)

6. Jenis sabun yang tidak cocok dengan kulit

Saat Anda mandi maka Anda akan menggunakan sabun untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran, keringat dan minyak pada badan. Namun tahukan bahwa tidak semua jenis sabun cocok untuk kulit. Jadi pastikan saat memilih sabun adalah sabun yang cocok dengan badan Anda. Karena jika Anda memilih sabun dan ternyata sabun tersebut tidak cocok maka akan menyebabkan timbulnya jerawat pada badan. Anda tentu tidak ingin jika kulit badan yang sebelumnya mulus saat diraba sekarang begitu diraba menjadi sangat kasar karena benjolan dari jerawat yang muncul pada badan. Untuk mengatasi hal ini pilihlah sabun yang cocok dan jika sudah bertemu jangan pernah mencoba untuk menganti-ganti sabun lagi.

Artikel terkait :

7. Genetik

Penyebab jerawat dibadan yang ketujuh adalah faktor genetik. Faktor genetik merupakan warisan riwayat dari orang tua. Dalam artian jika orang tua dahulu pernah memiliki jerawat pada badannya, maka hal ini dapat meningkat bagi anak sebesar 70% dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki riwayat dengan orang tua yang memiliki jerawat dibadan.  Faktor genetik atau disebut juga dengan faktor keturunan ini baik jika diantisipasi sejak dini. Dimana anak disuruh untuk lebih peduli terhadap kebersihan dan juga menerapkan pola hidup yang sehat dalam menjalani hari-harinya. Dengan itu penyebab jerawat dapat diatasi sejak dini sehingga peluang untuk munculnya menjadi sedikit sekali.

Artikel terkait :

ads

8. Faktor hormonal

Hormonal juga ikut berperan sebagai salah satu penyebab dari timbulnya jerawat dibadan. Biasanya faktor hormonal ini berkaitan dengan masa pubertas seorang remaja. Dimana keadaa hormon didalam tubuh belum stabil sehingga produksi kelenjar minyak menjadi berlebih pada tubuh. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan ini dapat menutupi pori-pori badan sehingga memicu timbulnya jerawat di badan. Dalam menghadapi jerawat yang disebabkan oleh faktor hormonal ada baiknya juga dapat hilang sendiri seiring dengan kondisi hormon dalam tubuh yang sudah mulai stabil. Jadi tidak perlu cemas karena jerawat bukan suatu masalah kulit yang berbahaya dan tidak bisa pula dianggap mudah.

Artikel terkait :

9. Diet ketat

Penyebab jerawat yang kesembilan berikutnya adalah diet. Diet adalah salah satu program untuk menurunkan berat badan menjadi ideal. Para wanita lebih cenderung untuk melakukan diet daripada para pria. Karena rata-rata wanita lebih peduli terhadap penampilan mereka. Namun melakukan diet memerluka cara yang bijak dan benar. Karena jika Anda salah dalam melakukan diet seperti melakukan diet yang ketat bisa jadi kesehatan Anda akan terganggu terlebih jika diterapkan dalan jangka waktu yang panjang. Salah satu akibatnya dari melakukan diet ketat adalah timbulnya jerawat pada kulit. Kehadiran jerawat pada kulit meskipun kulit badan tetap tidak menyenangkan dan membuat Anda risih pastinya. Jadi jika ingin melakukan diet lakukan dengan cara yang benar. Sekarang Anda juga bisa membaca-baca mengenai cara melakukan diet yang benar untuk mendapatkan kulit yang sehat.

10. Konsumsi obat tertentu

Terakhir yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit badan adalah konsumsi obat tertentu. Jika Anda pernah mengalami sakit dan masih harus mengonsumsi obat untuk menghilangkan sakit tersebut. Maka bisa jadi Anda akan mengalami masalah kulit seperti jerawat yang tumbuh dibadan. Hal ini wajar karena tidak semua jenis obat cocok pada semau orang. Ada beberapa yang menimbulkan efek samping nantinya. Namun jika sudah tidak dikonsumsi lagi biasanya jerawat pada badan akan hilang dengan sendirinya.

Artikel terkait :

Itulah beberapa penyebab dari timbulnya jerawat pada badan yang bisa Anda cegah sedini mungkin.

Bahan Alami untuk Atasi Jerawat di Badan

Jerawat dibadan tetap harus diatasi untuk penyembuhannya, dan jerawat dibadan dapat diatasi dengan bantuan bahan alami yang bebas dari efek samping. Bahan alami untuk jerawat dibadan yang berasal dari alam ini juga tidak memerlukan biaya yang besar yang harus Anda keluarkan. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan lemon. Buah lemon memiliki kandungan vitamin c yang tinggi, selain itu buah ini sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi masalah kulit berupa jerawat. Adapun berikut ini cara untuk membuat masker lemon untuk mengatasi jerawat di badan antara lain :

  1. Sediakan satu buah lemon yang berukuran sedang.
  2. Kemudian belah menjadi dua bagian buah lemon tadi. Setelah itu siapkan satu wadah untuk menampung perasan dari air lemon.
  3. Selanjutnya setelah buah lemon diperas dan airnya suah Anda dapatkan maka oleskan air lemon tadi pada seluruh badan yang ditumbuhi oleh jerawat.
  4. Pada awal-awal mungkin akan terasa perih, namun tahan saja karena rasa perih tersebut tidak akan lama.
  5. Diamkan hingga air dari masker lemon kering baru setelahnya Anda dapat mandi untuk membersihkan badan secara keseluruhan.

Untuk langkah penanganan ada baiknya masker dari air lemon ini digunakan setiap satu kali dalam sehari

Artikel terkait :

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 14th, June 2017 / 05:27 Oleh :
Kategori : Penyebab