Sponsors Link

12 Penyebab Jerawat di Bibir dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang selalu menjadi topik yang sangat asyik untuk dibahas. Karena setiap orang hampir di seluruh dunia pernah mengalaminya. Jerawat yang tumbuh memang selalu membuat risih karena dia akan membuat sesorang terganggu denganpenampilannya. Selain itu jerawat ini juag membuat orang merasakan sakit yang tak terhingga.

Sponsors Link

Munculnya jerawat di bagian tubuh sangatlah bermacam-macam. Ada jerawat yang muncul di daerah dagu, hidung, pumggung dan daerah wajah lainnya. Penyebab jerawat yang muncul di bibir disinyalir berbeda dengan penyebab jerawat di punggung atau penyebab jerawat di dalam hidung, karena munculnya jerawat di bibir dihubungkan dengan kondisi yang sedanga dialami manusia. Padahal sama sekali tidak ada kaitannya, jerawat yang muncul di bibir sama saja dengan jerawat yang muncul di area lain. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulik seputar penyebab jerawat di bibir. Mari kita simak bersama-sama :

1. Produksi minyak berlebih

Penyebab jerawat di bibir paling utama sudah pasti adalah produksi minyak yang berlebih di dalam tubuh terutama area sekitar bibir. Sebagai daerah T-zone selain dahi, hidung dan dagu, mulut juga termasuk di dalamnya. Area T-zone ini memiliki kelenjar minyak yang mengandung jumlah minyak lebih banyak dibandingkan dengan area lain.

Walaupun area sekitar bibir adalah area yang jarng atau sedikit sekali mengandung minyak . Apabila tidak segra diatasi, produksi minyak yang berlebih pada kulit akan menimbulkan penumpukan sel-sel kulit mati dan infeksi dari bakteri. Hal inilah yang akan menyebabkan timbulnya jerawat di sekitar bibir.

2. Kondisi kulit

Kemunculan jerawat pada area wajah, leher, punggung, dada terutama daerah bibir juga disebabkan oleh kondisi kulit kita. Kondisi kulit yang kotor akan menjadi tempat  ideal bagi  pertumbuhan dan perkembangan minyak berlebih. Minyak berlebih akan menyumbat pori-pori. Penyumbatan inilah yang memicu tumbuhnya jerawat di sekitar bibir.

3. Stress

Apapun jenis jerawat yang kamu alami, stres akan selalu dikaitkan dengan penyebab timbulnya jerawat, termasuk menjadi penyebab munculnya jerawat di bibir. Stres timbul akibat kiat terlalu terlamapaui mempunyai banyak pikiran dan merasakan tekanan yang berat. Otak yang mengatur kita untuk berfikir, secara otomatis akan bekerja lebih berat dan bisa lama kelamaan akan membuat stres yang tak berkesudahan.

Saat kamu stres dan tidak segera kamu atasi maka ketidakseimbangan hormon akan meningkat. Hal ini akan berakibat pada produksi minyak berlebih di wajah. jika minyak ini sudah  terkontaminasi dengan kotoran, debu, polusi ataupun benda asing lainnya maka kemungkinan untuk memicu jerawat di dagu bertambah

4. Konsumsi makanan yang salah

Makanan adalah kebutuhan pokok semua orang yang wajib untuk dipenuhi. Dengan memakan makanan, kita akan lebih berenergi dan siap untuk melakukan aktivitas. Lalu bagaimana jika yang kamu makan ternyata malah menjadi penyebab timbulnya jerawat? Saat kamu mengonsumsi makanan yang biasanya digoreng, makanan tersebut akan mengandung minayak. Nah, saat mengonsumsi makanan- makanan yag mengandung minyak tersebut maka wajah kita akan ikut menyimpan minyak.

Akibatnya wajah yang bertambah minyaknya ini akan berpotensi pula meningkatkan jerawat di bibir. Maka dari itu, kurangi makanan yang mengandung gula berlebih atau karbohidrat tinggi, makanan junk food serta goreng-gorengan. Gantilah dengan asupan yang lebih bergizi. Yang harus diperhatikan juga adalah pola makan yang baik. Bila pola makanmu kacay, maka secara langsung asupan nutrisimu ke dalam tubuh berkurang. Hal inilah yang akan memicu tumbuhnya jerawat di bibir.

Sponsors Link

5. Penggunaan kosmetik

Penggunaan kosmetik juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat di bibir. Perlu kamu ketahui, bahwa seringkali kita menjumpai banyak produk kosmetik yang mengandung minyak dan bahan yang kurang baik. Minyak yang berlebihan akan sangat mudah dihinggapi oleh bakteri penyebab jerawat dan menyumbat pori-pori wajah. Bila dikaitkan dengan area bibir, mungkin disebabkan karena penggunaan lipbalm atau lipstick yang kurang cocok dengan kulit seseorang.

6. Pasta gigi yang salah

Ketidakcocokan pasta gigi akan memunculkan masalah baru bagi hidupmu. Penggunaan pasta gigi yang tidak cocok akan memicu timbulnya jerawat. Bila pasta gigi ini menyentuh bibir maka akan mengakibatkan reaksi. Reaksi ini berupa munculnya jerawat yang ada di sekitar bibir.

ads

7. Infeksi jamur

Infeksi jamur juga menjadi hal yang sangat berpengaruh sebagai penyebab timbulnya jerawat di bibir. Jamur yang hidup di kulit kita adalah jamur candida albicans (ragi). Pertumbuhan jamur ini bila terjadi sangat ekstrim akan menyebabkan jerawat di sekitar bibir. Kamu bisa konsultasikan pertumbuhan jamur ini dengan dokter spesialis kulit.

8. Reaksi alergi

Alergi adalah suatu pemeberontakan dari tubuh yang disebabkan oleh kesalahan produk makanan atau minuman tertentu yang tidak cocok bagi kondisi tubuh kita. Namun, tahukah kamu bahwa alergi ini bukan hanya terjadi pada kesalahan makanan, tetapi juga reaksi alergi karena produk lipbalm atau lipstick yang hipersensitif pada kandungan kimia tertentu.

Cara Mengatasi Jerawat di Bibir

Tidak ada masalah tanpa adanya solusi, setiap ada kesulitan pasti Tuhan sudah memberikan jalan keluar. Termasuk pada masalah jerawat yang satu ini. Meskipun banyak sekali penyebab yang biasanya dilakukan oleh kita memicu timbulnya jerawat, namun kita juga dapat mengatasi dan mengobati jerawat yang terdapat di bibir kita. berikut penjelasannya:

  • Minum air putih dan yogurt

Minum banyak air putih terbukti sangat ampuh untuk mengobati jerawat di sekitar bibir. Mulailah untuk mencukupi nutrisimu dan menyeimbangkan metabolisme tubuh dengan minun 10-12 gelas per hari. Sedangkan minum yogurt dapat membunuh bakteri penyebab jerawat yang terdapat di bibir.

  • Produk bibir alami

Pilihlah produk bibir yang mengandung bahan alami, agar tubuh tidak berkontaminasi dengan bahan kimia. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan lipbalm atau lipcare yang memiliki kandungan SPF sebelum beraktivitas di luar ruangan.

  • Tidak menggunakan pasta gigi fluoride

Bahan kimia fluoride yang terdapat di berbagai pasta gigi sangat membantu untuk menjaga kebersihan mulut tetapi tidak baik untuk kulit. Fluoride bisa menyebabkan benjolan kecil di sekitar bibir saat kulit terkena bahan kimia ketika menyikat. Maka dari itu, orang-orang dengan jerawat di sekitar mulut harus menghindari menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride.

  • Baking Soda

Pasta baking soda dapat bekerja efektif untuk menghilangkan jerawat disekitar mulut. Baking soda akan menjadikan kulit bibir lebih lembut dan dipercaya untuk mengurangi ukuran jerawat. Kamu bisa membuat  pasta baking soda dengan mencampurkan 2 sdm baking soda di dalam 2 gelas air hangat. Oleskan di bibir dan diamkan sekitar 10 menit, kemudan bilas dengan air dingin. Hal ini pada awalnya akan menciptakan sensasi terbakar namun hasilnya dapat lebih maksimal.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 10th, November 2017 / 07:36 Oleh :
Kategori : Penyebab