Sponsors Link

15 Penyebab Jerawat di Dagu dan Pipi Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Mungkin dampak psikologis akibat jerawat terlihat sepele bagi orang yang tidak punya masalah dengan jerawat. Namun jika seseorang punya kulit berjerawat, apalagi jika jerawat meninggalkan bekas di kulit seperti luka parut atau bopeng. Kondisi wajah tidak akan lagi terlihat mulus dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Inilah mengapa sebaiknya seseorang tidak berurusan dengan segala sesuatu tentang jerawat.

Sponsors Link

Jerawat yang muncul di kulit tentu bukan karena sebab. Kita perlu memahami apa saja penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Jerawat memang bisa muncul di mana saja, tetapi wajah yang merupakan bagian tubuh paling sering terpapar debu dan kotoran menjadi sangat rentan terkena jerawat.

Penting untuk mengetahui penyebab jerawat di wajah, termasuk penyebab jerawat di dagu pipi. Apa saja hal yang menyebabkan munculnya jerawat di dagu dan pipi? Ini dia yang perlu diketahui.

Penyebab Jerawat di Dagu dan Pipi

1. Kosmetik

Wanita memang tidak bisa lepas dari kosmetik. Kosmetik merupakan kebutuhan yang bisa menutupi kekurangan di wajah seseorang, termasuk menutup bekas jerawat dengan sempurna. Namun tahukah Anda bahwa bahan kimia pada kosmetik bisa membuat jerawat menjadi semakin parah? Kosmetik bisa menyumbat pori pori kulit serta menjadi penyebab wajah beruntusan komedo yang parah dan sulit disembuhkan.

2. Menstruasi

Saat menstruasi, tubuh wanita memproduksi lebih banyak hormon. Ketika keseimbangan hormon di dalam tubuh terganggu, sebagai akibatnya jerawat akan mudah tumbuh. Hormon estrogen dan androgen yang banyak diproduksi saat menstruasi adalah jenis hormon penyebab jerawat. Kenali ciri ciri jerawat haid yang hanya muncul saat masa menstruasi.

3. Stress

Kondisi psikologis seseorang juga ikut mempengaruhi pertumbuhan jerawat di wajahnya. Stress menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, yang berdampak langsung pada meningkatnya produksi sebum pada kelenjar minyak di wajah. Stress adalah salah satu penyebab tumbuhnya jerawat di dagu pipi yang paling sering diabaikan. Jerawat akan semakin parah jika sudah bercampur dengan debu dan kotoran yang lebih banyak lagi.

4. Rambut yang Kotor

Agar jerawat tidak tumbuh dengan mudah di dagu atau pipi, kebersihan bagian tubuh lain juga perlu dijaga. Termasuk kebersihan rambut. Kulit pada rambut memiliki banyak kelenjar minyak, dan rambut juga ditempeli banyak debu dan kotoran. Karena posisi rambut sangat dekat dengan wajah, jika kebersihannya tidak dijaga maka akan mengotori rambut juga. Cara mencegah jerawat batu tumbuh di wajah adalah dengan menjaga kebersihan rambut.

5. Menyentuh Dagu dan Pipi dengan Tangan

Ini dia salah satu kebiasaan penyebab jerawat yang sangat sering dilakukan oleh semua orang terutama wanita. Menopangkan tangan ke dagu dan pipi adalah pose yang sangat nyaman. Padahal ini sangat berpotensi menyebabkan jerawat. Tangan Anda mengandung banyak bakteri dan kotoran yang bisa memicu tumbuhnya jerawat. Jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan, wajah Anda harus bersiap untuk dihuni banyak jerawat.

Sponsors Link

6. Layar Handphone

Di era teknologi yang serba canggih ini, penggunaan handphone tidak bisa dihindari. Terlalu banyak menggunakan handphone bisa menyebabkan jerawat lho. Kok bisa? Bakteri yang ukurannya sangat kecil ini juga banyak di layar handphone Anda. Bayangkan setiap kali meletakkan handphone di sembarang tempat atau bahkan di dalam tas, banyak bakteri yang menempel. Setiap kali Anda bertelepon, semua bakteri tersebut akan berpindah ke pipi Anda. Jika kotoran ini menyumbat pori kulit kemudian bercampur dengan minyak di kulit Anda, maka akan tumbuh menjadi jerawat.

7. Helm Tidak Bersih

Tanpa disadari, banyak faktor eksternal yang bisa menjadi penyebab jerawat di dagu dan pipi. Di antaranya adalah kondisi helm yang kurang bersih. Helm yang sering Anda pakai harus dijaga kebersihannya. Helm bersentuhan langsung dengan dagu dan pipi Anda. Jika helm dalam keadaan kotor, maka tidak heran jika dagu dan pipi banyak ditumbuhi jerawat.

8. Alergi Makanan

Alergi adalah penyebab berikutnya yang membuat jerawat banyak tumbuh di dagu dan pipi. Jika alergi sudah sangat parah dan meradang, maka jerawat yang tumbuh juga akan semakin parah. Jerawat menjadi salah satu reaksi alergi yang muncul terhadap makanan tertentu. Ketahui cara membedakan jerawat dan alergi, terutama bagi Anda yang punya alergi tertentu.

Sponsors Link

9. Sarung Bantal Jarang Diganti

Faktor lingkungan memang sedikit banyak berpengaruh terhadap pertumbuhan jerawat. Oleh karena itu selalu jaga dan perhatikan kebersihan barang barang yang Anda gunakan. Di antara banyak barang tersebut adalah sarung bantal. Ganti sarung bantal Anda setidaknya seminggu sekali. Sarung bantal yang kotor dan banyak bakteri akan membuat dagu dan pipi mudah berjerawat.

10. Makan Makanan Berlemak

Kulit yang rentan berjerawat biasanya adalah kulit yang berminyak. Kulit berminyak memiliki kelenjar minyak lebih banyak dari kulit kering, sehingga kulit tampak lebih berminyak dan mengkilat. Agar kulit tidak semakin berminyak, hindari makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan dan produk olahan susu. Makanan berminyak akan mempengaruhi peningkatan produksi minyak di kulit sehingga membuat kulit lebih mudah ditumbuhi jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu dan Pipi

  • Lemon. Siapa yang tidak tahu manfaat lemon untuk jerawat? Lemon adalah salah satu bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi jerawat. Kandungan asam di buah lemon sangat tinggi sehingga efektif untuk membunuh bakteri yang ada di jerawat. Kompres jerawat dengan air lemon yang sudah dicampur dengan air biasa, biarkan selama 20 menit. Lakukan setiap hari sampai jerawat mulai hilang.
  • Tomat. Sama dengan lemon, manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat juga sangat banyak. Tomat adalah buah dengan kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi, sehingga tidak hanya ampuh untuk menghilangkan jerawat saja tetapi juga bisa memudarkan bekas jerawat secara alami dan cepat.
  • Es Batu. Suhu dingin pada es batu sangat efektif untuk membekukan bakteri dan kotoran, serta mencegahnya tumbuh berkembang. Kompreskan es batu ke jerawat setiap hari. Akan lebih baik lagi jika es batu dibuat dari air lemon, madu, dan bahan alami lainnya.
  • Uap Wajah. Manfaat utama dari uap wajah adalah membersihkan kulit secara menyeluruh, bahkan hingga ke pori pori yang terdalam. Dengan kondisi kulit yang bersih, maka jerawat pun semakin enggan tumbuh.
  • Salep Jerawat. Jika bahan alami tidak kunjung memberikan hasil yang diinginkan, hilangkan jerawat dengan menggunakan salep yang dinilai ampuh. Salep jerawat banyak dijual di apotek, namun gunakan atas saran dan resep dari dokter.

Itulah penyebab jerawat di dagu pipi yang harus diwaspadai. Ingat bahwa cara mencegah jerawat yang paling tepat adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit selalu. Kulit yang kotor lebih mudah ditumbuhi oleh jerawat. Lakukan juga perawatan secara alami agar jerawat tidak betah berlama lama di kulit.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.