Sponsors Link

10 Penyebab Jerawat di Dahi dan Gatal yang Berbahaya

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat menjadi salah satu masalah yang sering menimpa seseorang baik itu anak-anak, remaja hingga dewasa. Jerawat biasanya paling banyak terjadi pada area wajah seperti hidung, pipi, leher, dan dahi. Penyebab jerawat di dahi mungkin tidak jauh beda dengan penyebab beruntusan di dahi atau penyebab jerawat kecil di jidat. Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Penyebab Jerawat di Dahi

1. Pori-pori tersumbat

Seperti kita ketahui, dahi berada pada daerah T-zone, dimana daerah tersebut adalah tempat yang paling banyak memproduksi minyak berlebih. Hal ini menyebabkan pori-pori di daerah dahi sangat mudah tersumbat dan menyebakan jerawat di sekitar dahi.

2. Minyak berlebih di kulit kepada dan ketombe di rambut

Kulit kepala berminyak juga menjadi penyebab jerawat di dahi. Sebab, minyak berlebih yang berada di kulit kepala mengalir ke daerah dahi dan kemudian pori-pori menjadi tersumbat. Selain itu, ketombe Anda di rambut juga menjadi penyebab lain timbulnya jerawat di dahi.

3. Pengaruh obat-obatan tertentu

Pengaruh obat-obatan tertentu seperti pil KB juga cenderung akan memicu perkembangan jerawat di sekitar dahi. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai efek samping dari obat yang Anda konsumsi.

4. Mengalami masalah pencernaan

Tubuh memiliki sistem yang saling berkesinambungan satu sama lain. Beruntusan di daerah dahi bisa menjadi salah satu peringatan bahwa ada sistem di dalam tubuh Anda yang terganggu seperti sistem pencernaan. Bahkan banyak penelitian yang membuktikan bahwa gangguan pencernaan seperti sembelit atau kembung dapat memicu timbulnya jerawat. oleh karena itu, segera minum banyak air dan hindari makanan yang digoreng cepat saji.

5. Stres

Jerawat di dahi menjadi reaksi emosi Anda yang tidak stabil. Emosi yang tidak stabil mengakibatkan produk minyak berlebih dan menyumbat folikel rambut hingga memicu timbulnya ciri-ciri jerawat stres. Oleh karena itu kelola stres Anda serta lakukan hal-hal positif yang dapat mengembalikan emosi Anda yang tidak stabil sepeti melakukan yoga dan meditasi untuk mengurangi tingkat stres yang Anda alami.

6. Sering memakai topi dan helm

Terlalu sering memakai helm dan topi juga menjadi salah satu penyebab jerawat di dahi. Sebab topi dan helm yang Anda pakai bisa menumpuk debu, kotoran dan minyak berlebih di dahi. Kombinasi ini akan memicu perkembangan bakteri penyebab jerawat di area dahi.

7. Pengaruh hormon

Pengaruh hormon penyebab jerawat di dalam tubuh seseorang juga menjadi pemicu timbulnya jerawat di dahi. Seperti saat menstruasi, beberapa wanita biasanya mengalami beruntusan di dahi. Akan sangat sulit jika berurusan dengan faktor hormonal seseorang, sebab masing-masing individu mengalami masalah hormon yang berbeda.

Sponsors Link

8. Tidak cocok dengan kosmetik

Penggunaan kosmetik juga harus diperhatikan. Sebab jerawat di daerah dahi bisa disebabkan akibat dai produk kecantikan kulit dan rambut yang tidak cocok dengan kulit Anda. Perhatikan dengan benar kandungan kosmetik yang Anda pakai agar tidak menyebabkan iritasi dan kemudia menyumbat pori-pori sehingga jerawat bisa tumbuh. Oleh karena itu, jika wajah Anda berjerawat pakailah kosmetik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

9. Memencet jerawat

Memencet jerawat sangat tidak disarankan, sebab ketika Anda memencet jerawat, bakteri penyebab jerawat dapat menyebar dan kemudian menyebabkan tumbuhnya jerawat baru. Jadi, jika ingin memencet jerawat di daerah dahi, perhatikan dengan benar cara dan aturannya agar jerawat tidak menyebar.

10. Eksfoliasi berlebihan

Penyebab selanjutnya adalah adanya eksfoliasi berlebihan yang akhirnya bisa menyebabkan jerawat dan iritasi pada kulit. Oleh karena itu, Anda hanya perlu melakukan eksfoliasi kulit 2 kali dalam seminggu menggunakan eksfoliator untuk wajah berjerawat agar tidak memicu timbulnay jerawat.

Demikian penyebab jerawat di dahi dan semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.