Sponsors Link

Penyebab Jerawat di Kening

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dapat terjadi di mana saja, baik itu jerawat di wajah, jerawat di telinga, jerawat di dagu, jerawat di pipi dan jerawat di kening. Seperti kita ketahui, kening merupakan bagian wajah yang memproduksi minyak berlebih dimana ia terdapat dalam area T. Produksi minyak berlebih pada kening tersebut adalah disebabkan karena banyak terdapat kelenjar minyak yang menghasilkan minyak tinggi dibanding dengan area kulit lainnya. Sedangkan bagian wajah lain masih tergolong kering. Tak hanya dampak secara fisik, jerawat juga menyebabkan dampak psikologis akibat jerawat yang sangat mengkhawatirkan. Untuk menghilangkan jerawat d kening, maka kita harus melakukan beberapa cara. Akan tetapi sebelum itu, terlebih dahulu kita mengetahui penyebab dari jerawat di kening, berikut ulasannya :

Sponsors Link
  1. Sering Begadang

Penyebab jerawat di kening yang pertama adalah sering begadang. Tahukah Anda bahwa begadang bukanlah aktifitas yang dianjurkan. Selain mengganggu kesehatan tubuh, begadang juga mengganggu kesehatan kulit yakni mempengaruhi sel-sel kulit dalam wajah untuk beregenerasi mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru. Proses regenarsi biasanya paling efektif terjadi pada malam hari dan mencapai puncaknya ketika pada jam sepuluh malam. Apabila pada saat itu Anda begadang, maka sudah dipastikan bahwa kinerja regenerasi kulit menjadi tidak optimal sehingga begadang penyebab jerawat pun muncul salah satunya di kening.

  1. Stres

Stres adalah gangguan psikologi yang paling banyak terjadi pada manusia. Ini diakibatkan dari ketidaksesuaian antara beban berat yang harus ditanggung seperti penumpukan pekerjaan, masalah finansial, masalah rumah tangga atau masalah lainnya dengan kemampuan diri kita sendiri. Mengapa stres menjadi salah satu penyebab jerawa di kening? Sebab stres bisa memicu kulit untuk memproduksi minyak berlebih di wajah. Minyak yang berlebih ini dapat bereaksi dengan bakteri penyebab jerawat sehingga hal ini bisa mengakibatkan jerawat di kening. Untuk menghilangkan stres tersebut, Anda harus melakukan beberapa upaya diantaranya sering melakakan yoga, treatment pernafasan, buatlah jadwal pekerjaan, selesaikan masalah segera, mencari hiburan dengan berwisata, namun yang paling penting adalah segera mendekat kepada Tuhan.

  1. Genetik

Genetik juga merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat di kening. Seseorang yang mempunyai riwayat genetik berpotensi sekitar 80% bisa mendapatkan jerawat, sedangkan 50%nya hanya terjadi pada orang yang tidak mempunyai riwayat genetik. Namun, jangan khawatir, sebab hal ini bisa Anda cegah sedari dini yaitu dengan menyadari lalu menghindari kebiasaan penyebab jerawat yang memicu timbulnya benda kecil menyebalkan ini.

  1. Hormon

Hormon dalam tubuh manusia meningkat pada saat usia memasuki masa pubertas. Masa pubertas adalah masa yang berlangsung sejak anak berusia sekitar 9 tahun sampai pada remaja  berusia sekitar 15 tahun. Saat pubertas ini, hormon sedang bekerja untuk meningkatkan kinerja alat reproduksi pada manusia. Perubahan hormon ini dapat berpotensi menjadi penyebab jerawat hormon seperti penyebab jerawat saat menstruasi serta memicu tubuh untuk memproduksi minyak di area wajah. Apabila minyak tersebut muncul berlebih, maka hal ini bisa menimbulkan jerawat di kening. Untuk menghindari ciri-ciri jerawat karena hormon, maka Anda bisa sering mencuci muka sebanyak 2 kali sehari secara teratur dengan memperhatikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat  sebanyak 2 kali sehari secara teratur.

  1. Rambut

Kening dan rambut adalah dua hal yang berada di tempat yang sangat dekat. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang suka sekali dengan poni rambut. Hal ini memang sah sah saja, namun akan menjadi berbahaya, jika rambut yang bersentuhan dengan kening adalah rambut yang kotor. Rambut yang tidak bersih ini dapat menyebabakn timbulnya jerawat di kening. Untuk membuat rambut Anda bersih, maka mulailah cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan seringlah keramas sebanyak 2 kali dalam seminggu menggunakan shampo yang cocok untuk rambut Anda. Shampo cocok yang dimaksud adalah shampo yang tidak menimbulkan efek samping saat digunakan, memiliki komposisi bahan yang bagus serta tidak sering menggonta-ganti shampo.

  1. Lingkungan

Kening adalah salah satu bagian kulit yang sering terkontaminasi dengan debu menyebabkan jerawat dan sinar matahari. Hal ini menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Namun, tak perlu khawatir, sebab helm dan topi bisa menjadi pelindung kening Anda saat melakukan aktifitas di luar ruangan. Dengan menggunakan helm atau topi,  Anda dapat menghindari kening untuk berpaparan langsung dengan sinar matahari, kuman dan polusi. Sebelum beraktifitas di luar ruangan, gunakan sun block untuk melindungi kulit Anda serta segera cuci muka dengan pembersih wajah alami lalu gunakan pelembap dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak atau sesuai dengan jenis kulit Anda sebagai salah satu perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami setelah selesai beraktifitas di luar ruangan.

  1. Kosmetik

Kosmetik menjadi salah satu komponen utama penyebab jerawat di area wajah terutama di kening. Sebab wajah merupakan area kulit paling sensitif dibanding kulit lainnya. Pelajari selalu daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, foundation untuk kulit berjerawat, bedak yang cocok untuk kulit berjerawat kemudian usahakan untuk menggunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lalu, jika sudah cocok, jangan mengganti-gantinya dengan produk lain. Bila hal ini Anda lakukan secara terus menerus, maka akan memaksa kulit wajah untuk selalu menyesuaikan dengan produk baru. Cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik memang banyak, namun akan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Cara Mengatasi Jerawat di Kening

Berikut adalah beberapa cara mengatasi jerawat di kening :

  1. Masker tanah liat dengan minyak tea tree oil/lavender
  • Campurkan tanah liat tipis dengan air lalu buat seperti masker
  • Tambahkan campuran tadi minyak tea tree oil atau minyak lavender
  • Oleskan masker tersebut di kening Anda
  • Tunggu selama semalam dan jangan lupa untuk meletakkan handuk di bantalmu
  • Bilas keesokan harinya dengan air bersih
  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah salah satu obat jerawat alami yang sangat ampuh. Caranya pun cukup mudah, cukup Anda beli sari cuka apel, kemudian oleskan sedikit ke kening yang berjerawat setiap satu kali atau dua kali sehari. Alangkah lebih baik jika Anda tidak membilasnya setelah pemakaian, kecuali jika memang benar-benar harus Anda bilas karena hal ini dapat menghambat kerja cuka sari apel itu sendiri.

  1. Perasan lemon

Anda hanya perlu meneteskan perasan lemon pada jerawat di kening lalu biarkan selama semalam. Usahakan untuk menggunakannya malam hari. Apabila Anda terpaksa memakai di siang hari, maka hindari paparan sinar matahari, sebab air lemon bisa membuat kulit lebih cenderung merespon cahaya sehingga lebih banyak menyebabkan noda jerawat dan kerusakan kuli.

  1. Serbuk mustard dan madu
  • Sediakan mustard yang kaya vitamin C, zinc, omega 3 dan 6 asam lemak beserta madu
  • Campur mustard bersama dengan madu
  • Oleskan pada kening yang berjerawat
  • Diamakan 15 menit
  • Bilas hingga bersih
  1. Tomat

Caranya cukup mudah, cukup dengan mengiris tomat, lalu tempelkan ke kening yang berjerawat. Tomat mengandung antioksidan banyak sehingga bisa digunakan sebagai solusi jerawat tak kunjung sembuh yang ampuh menyembuhkan jerawat. Apabila Anda menggunakannya lebih dari dua kali, maka encerkan air tomat sebab hal ini bisa mencegah kulit kering.

  1. Mandi minyak esensial

Anda bisa mengoleskan minyak esensial seperti lanvender pada kening yang berjerawat. Alternatif lain, Anda juga dapat mandi dengan minyak esensial, sebab hal ini dapat menghilangkan jerawat dan membuat kulit segar.

  1. Telur

Telur juga bisa Anda manfaatkan sebagai Caranya cukup mudah, setelah selesai memasak telur, jangan membuang dulu kulit luarnya, gosokkan tanganmu ke dlama kulit telur, lalu sedikit ambil cairan lengket putih di dalamnya. Kemudian oleskan ke kening yang berjerawat.

  1. Lidah buaya

Cara mengatasi jerawat di kening dengan menggunakan lidah buaya cukup mudah, yaitu dengan mengiris lidah buaya menjadi beberapa bagian lalu oleskan lendir ke area kening. Diamkan beberapa saat hingga mengering dengan sempurna.

Demikian penyebab jerawat di kening dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.