Sponsors Link

Ini Sebenarnya 9 Penyebab Jerawat di Leher dan Rahang yang Gak Disadari

Sponsors Link

Jerawat yang menjadi momok menakutkan dan meresahkan bagi sebagian besar orang, baik bagi wanita maupun pria memang sering muncul atau tumbuh di berbagai macam bagian tubuh secara tiba-tiba. Tidak sedikit orang yang sering juga mengalami masalah jerawat muncul dibagian leher dan juga rahang, karena pada dasarnya semua bagian tubuh memiliki risiko mengalami jerawat yang sama.  Hanya saja memang beberapa faktor penyebab munculnya jerawat di berbagai macam bagian tubuh terkadang berbeda-beda. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai penyebab jerawat di leher dan rahang secara lebih jelas. Apa saja penyebab tersebut? berikut beberapa diantaranya.

Sponsors Link
  1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon penyebab jerawat didalam tubuh memang menjadi penyebab paling umum dari munculnya jerawat di seluruh bagian tubuh. Jerawat di leher dan rahang sendiri sebenarnya paling banyak dialami oleh mereka pada masa pubertas, oleh sebab itu perubahan hormon yang tidak stabil didalam tubuh menjadi penyebab utama dari munculnya jerawat di leher dan rahang. Peningkatan hormon androgen yang dimiliki baik wanita maupun pria didalam tubuh secara tidak stabil menyebabkan jerawat lebih mudah dan sering muncul, termasuk pada bagian leher dan rahang.

  1. Pori-Pori Tersumbat

Jerawat memang muncul disebabkan karena pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran maupun tumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan, ditambah juga dengan adanya produksi minyak berlebih. Kondisi tersebut juga dapat terjadi pada jerawat di leher dan rahang, dimana pori-pori bisa tersumbat oleh sisa-sisa skin care maupun makeup yang tidak dibersihkan dengan benar.

  1. Keringat Berlebih

Bagian leher dan rahang merupakan salah satu bagian atau area tubuh yang mudah menghasilkan keringat. Produksi keringat yang berlebih juga dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat pada area tersebut, karena pori-pori juga dapat tersumbat oleh keringat maupun minyak yang dihasilkan secara berlebih. Oleh sebab itu, ketika anda tidak membersihkan area leher dengan benar dan rutin, maka kotoran yang menempel akibat produksi minyak dan keringat berlebih akan menumpuk dan dapat menyumbat pori-pori, kemudian menjadi penyebab jerawat di rahang dan leher.

  1. Iritasi Pakaian

Pakaian yang digunakan juga dapat menjadi penyebab atau faktor risiko munculnya jerawat di area leher dan rahang. Hal ini dikarenakan bagian kulit leher yang sering bergesekan dengan pakaian, seperti kerah pakaian, dapat menimbulkan iritasi pada kulit sehingga memicu pertumbuhan jerawat atau bahkan menyebabkan jerawat menjadi semakin parah. Terlebih lagi apabila pakaian yang digunakan tidak bersih maupun tidak dapat menyerap keringat dengan baik, maka risiko munculnya jerawat akan semakin meningkat.

  1. Bakteri dari Tangan

Secara sadar maupun tidak sadar, tangan sering sekali memegang atau menyentuh area leher, rahang, dan juga wajah. Kebiasaan tersebut sebenarnya perlu untuk dikurangi, karena bakteri penyebab jerawat, kotoran, maupun keringat yang ada di tangan dapat berpindah pada leher dan rahang. Kondisi tersebut pastinya akan lebih memberikan kesempatan untuk jerawat tumbuh dibagian leher dan rahang yang tersentuh secara terus menerus.

  1. Stress

Stress juga dapat menjadi faktor penyebab jerawat di leher dan rahang, dimana stress dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih berat dan tegang. Kondisi tersebut dapat menjadi penyebab jerawat terus bermunculan, termasuk juga di area leher dan rahang. Stress juga sering dikaitkan dengan kondisi hormon didalam tubuh, dimana stress juga dianggap dapat menyebabkan ketidakstabilan hormon didalam tubuh yang akan berpengaruh pada produksi minyak berlebih di kulit dan memicu timbulnya jerawat.

Sponsors Link

  1. Faktor Genetik

Penyebab selanjutnya adalah karena adanya faktor genetik atau keturunan. Jika seseorang mengalami masalah jerawat secara terus menerus dan sulit disembuhkan, maka penyebab nya bisa dikarenakan adanya faktor keturunan maupun faktor genetik. Seseorang dengan faktor keturunan maupun memiliki anggota keluarga yang memang bertipe kulit berjerawat, maka berkemungkinan lebih besar pula untuk memiliki jenis kulit yang sama, jadi jerawat akan lebih mudah muncul termasuk di area leher dan rahang.

  1. Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di area leher dan rahang. Beberapa makanan seperti junk food, gorengan, makanan pedas, makanan berminyak, dan lain sebagainya memang dapat meningkatkan risiko terkena jerawat, bahkan makanan-makanan tersebut juga merupakan makanan penyebab jerawat meradang.

  1. Pola Hidup Tidak Sehat

Penyebab yang terakhir adalah berkaitan dengan pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang tidur, tidak menjaga kebersihan dengan baik, tidak rutin membersihkan tubuh terutama bagian leher dan rahang, jarang berolahraga, dan lain sebagainya juga dapat menjadi faktor penyebab dari jerawat di leher dan rahang.

Itulah beberapa penyebab jerawat di leher dan rahang yang perlu anda waspadai dan hindari jika tidak ingin mengalami jerawat di area tersebut maupun di area tubuh lainnya. Mulailah rutin membersihkan  area leher dan rahang dengan benar, serta menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh secara keseluruhan untuk dapat terhindar dari segala sesuatu tentang jerawat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.