Sponsors Link

10 Penyebab Jerawat di Pipi Dekat Telinga Paling Berbahaya

Sponsors Link

Di manapun jerawat muncul di wajah, sudah pasti menjadi masalah buat wanita. Tidak hanya wanita saja jerawat juga sangat mengganggu bagi kaum pria. Segala sesuatu akan dilakukan untuk bisa menghilangkan jerawat di wajah. Kemunculan jerawat membuat semua orang menjadi minder dan tidak percaya diri karena merasa penampilannya menjadi kurang sempurna.

Sponsors Link

Kemunculan jerawat pada bagian tertentu di wajah disebabkan oleh hal yang berbeda-beda. Termasuk penyebab jerawat di pipi dekat telinga. Jika bagian wajah dekat telinga Anda sering berjerawat, Anda pasti bertanya-tanya apa sebabnya. Berikut ini penyebab jerawat di pipi dekat telinga.

Baca juga:

1. Sarung bantal yang tidak bersih

Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai hal. Tidak hanya faktor internal seperti wajah berminyak atau pori-pori yang tersumbat saja, banyak hal yang tidak Anda duga sebelumnya justru menyebabkan jerawat muncul di pipi dekat telinga. Sarung bantal yang jarang diganti bisa membuat pipi Anda berjerawat. Ketika posisi tidur Anda miring, pipi bersentuhan langsung dengan sarung bantal. Otomatis kotoran dan debu yang ada di sarung bantal akan berpindah ke pipi Anda. Kotoran dan debu inilah yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat di pipi dekat telinga. Ganti sarung bantal Anda minimal seminggu sekali untuk menghindari wajah terkena jerawat.

Baca juga:

2. Kurang minum air putih

Tahukah Anda bahwa letak jerawat di wajah mengindikasikan terganggunya kesehatan organ tertentu pada tubuh? Memang bukan penyakit yang serius, tetapi menandakan bahwa Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan tubuh. Jerawat di pipi dekat telinga sebelah kiri dan kanan menandakan bahwa kesehatan ginjal sedang terganggu. Perbanyak minum air putih untuk meringankan kerja ginjal dan menjaga kesehatan ginjal. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, minum banyak air putih juga akan meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Baca juga:

3. Terlalu sering bertelepon

Saat Anda menerima telepon, bagian wajah yang terkena layar ponsel adalah telinga, pipi hingga dagu. Jika Anda punya kebiasaan bertelepon, atau pekerjaan Anda menuntut Anda berhubungan dengan banyak orang lewat telepon, jangan heran kalau jerawat sangat suka bersarang di area pipi dekat telinga. Daerah yang tertekan layar ponsel memproduksi minyak lebih banyak dari biasanya karena kulit tidak bisa bernapas akibat tertahan oleh layar. Suhu ponsel biasanya akan meningkat ketika digunakan untuk bertelepon dan dampaknya tidak baik untuk kulit wajah.

Sponsors Link

Baca juga:

4. Penggunaan produk penata rambut

Baik pria maupun wanita biasanya menggunakan produk penata rambut untuk membuat penampilan terlihat semakin mempesona. Kita cenderung memilih produk dengan pertimbangan terlihat bagus untuk rambut. Padahal ada banyak hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih produk untuk menata rambut Anda. Misalnya apakah produk tersebut akan membuat kulit Anda iritasi atau berjerawat. Produk penata rambut sangat rentan menyebabkan tumbuhnya jerawat di sekitar garis rambut, termasuk di pipi dekat telinga yang masih dekat dengan rambut. Kandungan minyak dan silikon dalam produk penata rambut adalah penyebab utama munculnya jerawat.

Baca juga:

ads

5. Air yang tidak cocok

Air yang kita gunakan untuk mandi, mencuci muka, dan mencuci sehari-hari terkadang masih mengandung banyak mineral meski telah melalui banyak penyaringan. Jika air di rumah tidak menyebabkan masalah pada kulit, mungkin saja Anda tidak cocok dengan air yang ada di toilet kantor, tempat Anda mencuci muka pada jam istirahat. Kandungan dalam air tersebut mungkin tidak cocok dengan kulit Anda sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

6. Stress

Stress adalah sebuah kondisi psikologis dimana Anda sedang berada dalam tekanan yang tinggi. Stress berdampak langsung pada tubuh Anda, baik secara fisik maupun psikologis. Tumbuhnya jerawat di wajah Anda adalah dampak dari stress yang sedang Anda rasakan. Stress menyebabkan ketidak seimbangan pada hormon di tubuh Anda sehingga produksi minyak pada wajah meningkat. Produksi minyak inilah yang memicu munculnya jerawat, termasuk jerawat di pipi dekat telinga.

Baca juga:

7. Penggunaan make up atau kosmetik

Make up atau kosmetik memang bisa menambah kecantikan para wanita karena membuat wajah tampak sempurna dan semakin menarik. Wanita masa kini cenderung kecanduan terhadap make up, dan mereka tidak akan keluar rumah tanpa make up atau kosmetik. Demi mendapatkan make up yang sempurna, wanita tidak terlalu ambil pusing jenis kosmetik apa yang digunakan. Padahal kosmetik dapat menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab jerawat di pipi dekat telinga. Gunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan pastikan Anda segera membersihkan make up setelah selesai beraktivitas agar pori-pori kulit tidak tersumbat.

Baca juga:

8. Makanan berminyak dan tinggi lemak

Makanan di Indonesia banyak yang berminyak dan memiliki kandungan lemak yang tinggi. Pernahkah Anda merasa jerawat di pipi dekat telinga tumbuh setelah Anda memakan seafood atau meminum susu? Kedua jenis makanan ini berpotensi menyebabkan munculnya jerawat. Makanan yang berminyak jelas memicu produksi minyak pada kelenjar kulit yang lebih banyak lagi. Terlebih jika kulit Anda berminyak, wajah Anda akan terlihat sangat mengkilat setelah memakan makanan berminyak.

Sementara itu susu atau makanan lain yang mengandung gula tinggi seperti kue tart memicu produksi insulin pada tubuh dan meningkatkan sensitivitas kulit. Akibatnya hormon menjadi tidak seimbang dan produksi sebum meningkat yang menyebabkan semakin banyak jerawat muncul di wajah.

9. Hijab

Wanita yang berhijab pasti sering mengalami pertumbuhan jerawat di pipi dekat telinga. Mengapa bisa demikian? Ketika Anda mengenakan hijab, sebagian daerah pipi Anda akan tertutup. Nah, pipi dekat telinga adalah bagian yang ikut tertutup. Kain hijab membuat kulit susah bernapas, dan akibatnya kotoran akan semakin menumpuk dan menyumbat pori. Penyumbatan ini meradang dan akhirnya tumbuh menjadi jerawat.

Sponsors Link

Baca juga:

10. Sering menyentuh wajah dengan tangan

Setiap wanita harusnya tahu bahwa haram hukumnya menyentuh wajah dengan tangan. Kecuali Anda memastikan tangan benar-benar bersih atau setelah cuci tangan, jangan pernah menyentuh wajah. Pada kulit tangan Anda terdapat banyak debu, kotoran, dan bakteri yang menempel. Menyentuh wajah dengan tangan sama saja dengan memindahkan semua debu, kotoran, dan bakteri tadi ke wajah. Bagaimana jika kotoran tadi menyumbat pori-pori Anda? Jawabannya adalah jerawat yang tumbuh tidak lama setelahnya.

Itulah berbagai penyebab jerawat di pipi dekat telinga. Jerawat tidak hanya mengganggu penampilan saja, tetapi juga indikasi bahwa kulit Anda sedang bermasalah. Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan kulit dan lingkungan sekitar Anda. Jerawat dapat tumbuh karena faktor yang sama sekali tidak Anda duga. Terapkan pola hidup sehat agar terhindar  dari jerawat.

Baca juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 10th, September 2017 / 14:34 Oleh :
Kategori : Penyebab