Sponsors Link

12 Penyebab Jerawat di Pipi Kanan

Sponsors Link

Kehadiran jerawat pada kulit wajah memang terkadang sangat menyebalkan. Selain dapat tiba-tiba muncul kehadiran jerawat juga mengakibatkan rasa sakit pada kulit. Rasa sakit tersebut terjadi peradangan disekitar jerawat. Dan akibat dari peradangan tersebut jerawat yang muncul menjadi berwarna merah dan tidak sedikit orang yang merasa terganggu dengan warna merah dari jerawat ini. Selain menimbulkan rasa sakit jerawat kadang juga meninggalkan bekas yang sulit untuk hilang diwajah. Tidak terkecuali bopeng yang ditinggalkan dikulit mengakibatkan kulit jadi tidak rata permukaanya. Bopeng akibat jerawat dapat terjadi karena memencet jerawat saat meradang dan juga bisa disebabkan karena mencuci wajah terlalu keras. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya untuk membersihkan wajah dengan cara yang lembut.

Sponsors Link

Artikel terkait :

Jerawat dapat tumbuh dibeberapa bagian pada wajah seperti hidung, dahi, dagu dan pipi. Tumbuhnya jerawat pada bagian pipi dan bagian dari wajah lainnya dapat terlihat karena beberapa sebab. Jerawat pada pipi kanan dan kiri ternyata juga memiliki beberapa sebab yang berbeda yang dapat dikaitkan dengan faktor dari dalam tubuh dan luar tubuh. Berikut ini ulasan mengenai penyebab jerawat di pipi kanan antara lain :

1.Sinar matahari

Sinar matahari memang baik untuk kulit pada pagi hari, namun menjelang siang hari hingga sore sinar matahari tidak baik bagi kulit. Hal ini karena sinar matahari pada siang hari mengandung ultraviolet yang dapat merusak kulit sehingga menimbulkan bintik hitam dan keriput. Efek buruk dari sinar matahari lainnya adalah dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit. Tidak ada satu orangpun yang ingin memiliki kulit berjerawat, namun dengan mencoba menghindari penyebab dari jerawat ini dapat menjadi salah satu langkah yang tepat untuk dilakukan. Jadi ada baiknya jika hendak keluar rumah maka lakukan cara sebagai berikut :

  • Gunakan masker pada wajah dan topi jika mengendarai sepeda motor.
  • Payung juga dapat digunakan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung saat beraktifitas diluar ruangan.
  • Jangan lupa oleskan juga tabir surya untuk melindungi kulit.

Cara-cara ini dapat membantu untuk mencegah timbulnya jerawat terutama jerawat dipipi kanan.

Artikel terkait :

2. Kosmetik

Penyebab dari timbulnya jerawat dipipi kanan yang kedua adalah kosmetik. Disaat sekarang tidak heran berbagai macam produsen kosmetik dijual dipasaran. Hal ini karena melihat pada konsumen wanita yang sekarang begitu berlomba-lomba ingin tampil cantik. Namun sebagai konsumen yang menggunakan kosmetik sebagai penunjang penampilan tetap harus bijak dalam memilih.

Tindakan yang bijak dalam menggunakan kosmetik adalah dengan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Jenis kulit terbagi menjadi empat yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak dan kulit kombinasi. Menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit merupakan langkah awal untuk menghindari salah kosmetik. Karena banyak kejadian yang mengakibatkan wajah jadi penuh dengan jerawat akibat pemilihan kosmetik yang tidak sesui dengan jenis kulit.

Artikel terkait :

3. Jarang membersihkan wajah

Penyebab ketiga dari jerawat dipipi adalah membersihkan wajah yang jarang dilakukan. Tidak dipungkiri bahwa setelah seharian beraktifitas tubuh akan lelah dan lebih memilih untuk tidur daripada membersihkan wajah. Hal ini sebenarnya merupakan kebiasaan yang salah. Sebab kotoran dan make up yang dibiarkan selama semalaman akan menutup pori-pori wajah dan bisa mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah. Itu kenapa dianjurkan untuk membersihkan wajah dua kali sehari pada pagi hari dan sore hari. Dalam membersihkan wajah juga pilihlah produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Artikel terkait :

4. Jarang mengganti sprai

Jerawat di bagian pipi kanan juga dapat disebabkan oleh sprai tempat tidur yang kotor. Pada malam hari saat tidur kita menggunakan sprai yang berfungsi untuk menutupi tempat tidur. Keadaan sprai harus diperhatikan karena sprai yang kotor dapat membuat kotoran menempel pada pipi. Jadi ada baiknya untuk mengganti sprai dua kali dalam seminggu. Sehingga sprai yang kotor dapat dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sponsors Link

5. Alergi

Penyebab jerawat dipipi kanan yang kelima adalah alergi. Alergi terjadi saat kulit menolak kehadiran suatu senyawa yang baru yang masuk kedalam tubuh melalui makanan. Tindakan ini membuat jerawat muncul pada wajah. Jika sudah tahu bahwa Anda mempunyai alergi dengan mengonsumsi suatu makanan, maka baiknya tidak mengonsumsi makanan itu lagi. Tujuannya adalah agar tidak membuat jerawat Anda muncul kembali pada bagian pipi. Karena jerawat memang dapat membuat penampilan Anda menjadi tidak cantik untuk dipandang.

Artikel terkait :

6. Stres

Faktor penyebab yang keenam adalah stres, stres merupakan masalah yang berhubungan dengan kondisi psikologis seseorang. Orang yang sedang mengalami stres terlihat dengan tanda-tanda sebagai berikut :

  • Mudah terpancing emosi.
  • Sedang untuk menyendiri.
  • Terkadang sering bermenung saat berkumpul bersama-sama.
  • Tidak sesuai tanggapan dengan pertanyaan yang diajukan.

Beberapa tanda tersebut bisa saja terjadi akibat sedang memikirkan sesuatuu secara berlebiha. Berdasarkan penelitian kesehatan stres berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit. Akibat stres kulit memproduksi kelenjar minyak secara berlebihan yang nantinya dapat mengakibatkan pori-pori wajah menjadi tersumbat. Jika pori tersumbat maka dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah.

Solusi yang tepat untuk mengatasi stres adalah mencoba menceritakan hal yang menyebabkan Anda stres terhadap orang yang dipercaya. Selain itu cobalah untuk bersikap tenang dan santai dalam keadaan duduk untuk merileskan sejenak pikiran Anda.

Artikel terkait :

ads

7. Sistem pencernaan

Dalam bidang kesehatan penyebab jerawat dipipi kanan juga dikaitkan dengan kesehatan dari sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat ditandai dengan buang air besar yang lancar dan rutin setiap harinya. Jika sistem pencernaan tidak sehat bisa karena kekurangan air dan serat didalam tubuh. Akibatnya toksin yang berada didalam tubuh tidak bisa dikeluarkan seluruhnya, sehingga toksin yang tertinggal dapat masuk kedalam darah dan mengakibatkan jerawat pada bagian pipi kanan. Ada baiknya untuk menjaga kesehatan dari sistem pencernaan dengan mengonsumsi banya air minum. Dan jangan lupa juga untuk konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap harinya.

Artikel terkait :

8. Makanan tinggi kandungan gula

Penyebab jerawat dipipi kanan yang kedelapan adalah kebanyak mengonsumsi makanan yang manis-manis. Contoh makanan yang manis adalah kue, permen, coklat dan minuman bersoda. Tidak dipungkiri bahwa makanan dan minuman yang manis memang lebih cocok dilidah sehingga membuat Anda ketagihan. Namun ada baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi kandungan gula secara berlebihan. Karena selain mengakibatkan timbulnya jerawat makanan tinggi kandungan gula juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes. Jika Anda suka sekali makanan manis maka imbangi juga dengan mengonsumsi makanan yang pahit atau minuman pahit seperti jamu pahit untuk menjaga kesehatan kulit.

Artikel terkait :

9. Junk food

Junk food adalah makanan cepat saji yang banyak dicari oleh penggemarnya. Junk food sangat digemari karena selain praktis makanan ini juga rasanya sangat lezat. Hanya saja mengonsumsi junk food secara berlebihan berisiko untuk menderita obesitas dan juga dapat membuat kesehatan kulit terganggu. Contoh masalah kulit yang mungkin Anda alami akibat mengonsumsi junk food terlalu sering adalah jerawat. Hal ini karena junk food merupakan makanan yang tinggi dengan kandungan lemak didalamnya. Lemak yang tersimpan didalam tubuh dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak. Sehingga jerawat dapat timbul pada bagian pipi Anda.

10. Kesehatan paru-paru

Paru-paru adalah organ didalam tubuh yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen menjadi karbondioksida. Kesehatan pada paru-paru perlu dijaga dengan banyak menghirup udara yang bersih karena udara yang bersih kaya akan kandungan oksigen didalamnya. Dan menjaga kesehatan paru-paru merupakan langkah yang bijak untuk menjaga kesehatan kulit juga. Kulit yang sehat bebas dari berbagai macam masalah kulit seperti jerawat dan pada bagian wajah. Menjaga kesehatan kulit ini juga dapat mengatasi jerawat yang sudah muncul pada wajah.

11. Perawatan wajah yang tidak tepat

Penyebab timbulnya jerawat pada bagian pipi kanan yang kesebelas adalah perawatan yang tidak tepat untuk wajah. Wajah memerlukan perawatan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik selalu. Memang dalam melakukan perawatan untuk wajah tidak bisa dilakukan secara instan. Hal ini karena melakukan perawatan wajah memerlukan waktu dan proses yang panjang namun tidak membuat hasil jadi sia-sia. Perawatan wajah yang tepat dapat mencegah timbulnya jerawat, komedo dan flek hitam. Contoh perawatan untuk wajah yang tepat adalah menyesuaikan produk perawatan dengan jenis kulit Anda.

Artikel terkait :

12. Jarang olahraga

Penyebab jerawat pada pipi kanan terakhir adalah jarang berolahraga. Olahraga berguna untuk melancarkan peredaran darah didalam tubuh . Peredaran wajah yang lancar merupakan salah satu langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit dan dapat membantu mencegah timbulnya jerawat pada bagian pipi. Olahraga yang dilakukan bisa seperti treadmil, lari, jalan atau yoga.

(Baca juga : Pola hidup sederhana yang dapat atasi jerawat)

Itulah beberapa penyebab dari timbulnya jerawat pada bagian pipi yang dapat Anda jadikan sebagai pedoman. Untuk menjauhi penyebabnya agar kulit wajah bebas dari jerawat

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.