Sponsors Link

Inilah Penyebab Jerawat di Rahang yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Jerawat menjadi masalah kulit yang paling meresahkan karena kemunculannya yang kadang tidak terduga. Demikian pula dengan lokasi tumbuhnya jerawat yang bisa membuat kita tidak nyaman. Banyaknya penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal menyebabkan kita tidak tahu hal apa dan kebiasaan apa yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Sponsors Link

Seperti penyebab jerawat di rahang, misalnya. Rahang memang bagian wajah yang lebih mudah disembunyikan daripada dagu. Namun demikian, munculnya jerawat di rahang tidak dapat diabaikan. Inilah beberapa penyebab jerawat di rahang yang harus diketahui:

1. Memelihara Jenggot

Bagi kaum pria, memelihara jenggot dapat membuat penampilan semakin macho dan menarik. Namun demikian, rambut jenggot dapat menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Hindari memelihara jenggot terlalu lebat agar untuk mencegah timbulnya jerawat.

2. Penggunaan Helm yang Tidak Bersih

Kebersihan barang-barang yang digunakan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan jerawat di rahang. Jika helm ditumbuhi banyak bakteri, maka bakteri tersebut dapat berpindah ke rahang, menginfeksi kulit dan menyebabkan munculnya jerawat. Menggunakan helm yang tidak bersih juga bisa menjadi salah satu penyebab beruntusan di dahi yang sulit dihilangkan.

3. Tidak Mengganti Sarung Bantal

Sarung bantal adalah benda yang banyak bersentuhan langsung dengan bagian tepi wajah seperti pipi dan rahang. Jika sarung bantal tidak sering diganti akan terjadi penumpukan kotoran. Kotoran dari bantal yang berpindah ke rahang dan menyumbat pori-pori akan memicu tumbuhan jerawat. Hal ini juga yang menyebabkan jerawat di pipi susah hilang.

4. Kebiasaan Menopang Dagu

Salah satu penyebab jerawat di rahang yang harus diwaspadai kadang berasal dari kebiasaan kecil yang dianggap sepele, seperti menopang dagu. Menopang dagu biasanya dilakukan tanpa sadar dan tanpa alasan. Namun siapa sangka kebiasaan ini bisa berbahaya karena membuat bakteri yang ada di tangan berpindah ke rahang.

5. Penggunaan Hijab

Menggunakan hijab bisa mendatangkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan seperti munculnya jerawat di rahang. Hal ini mungkin terjadi jika bahan hijab tidak dapat menyerap keringat dengan baik sehingga menciptakan kelembaban di area rahang. Seperti yang diketahui, kulit yang lembab adalah tempat bersarangnya bakteri.

Menghilangkan Jerawat di Rahang

Jerawat di rahang tidak dapat diabaikan dan harus segera dihilangkan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat di rahang:

1. Mencukur Jenggot

Cara pertama menghilangkan jerawat di rahang adalah dengan mencukur jenggot pada pria. Mencukur jenggot akan mencegah penumpukan bakteri dan menjaga kondisi kulit supaya tetap kering.

2. Menggunakan Salep Jerawat

Cara yang paling aman untuk menghilangkan jerawat adalah menggunakan salep penghilang jerawat. Salep yang dapat menghilangkan jerawat banyak dijual di apotek. Pilih salep dengan kandungan bahan benzoil peroksida, zat kimia yang dikenal ampuh untuk menghilangkan jerawat yang parah sekalipun seperti jerawat batu.

3. Menggunakan Masker Khusus Jerawat

Menghilangkan jerawat di dagu dapat dilakukan dengan cara alami dari bahan bahan alami. Salah satunya adalah cara membuat masker lidah buaya untuk menghilangkan jerawat yang banyak dipercaya oleh wanita. Bahan alami lain seperti lemon dan tomat juga dapat digunakan.

Setelah mengenali penyebab jerawat di rahang, berbagai langkah untuk mencegah jerawat agar tidak muncul di bagian tersebut harus dilakukan. Jerawat tidak hanya mengganggu penampilan saja, tetapi juga menyebabkan kita menjadi tidak nyaman apabila terasa nyeri dan gatal. Jaga kesehatan kulit dengan baik agar tidak mudah ditumbuhi oleh jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.