Sponsors Link

Ini Dia Penyebab Jerawat Kecil di Jidat

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat, mulai dari jerawat itu sendiri hingga komedo atau bekas jerawat adalah masalah kulit yang sangat meresahkan. Kemunculan jerawat sangat tidak diharapkan karena membuat penampilan menjadi tidak sempurna. Selain itu, adanya dampak psikologis akibat jerawat juga tidak bisa diabaikan. Jidat adalah salah satu bagian wajah yang paling rentan terkena jerawat.

Sponsors Link

Tidak hanya jerawat batu saja yang bisa muncul di jidat, tetapi juga jerawat kecil kecil yang juga mengganggu penampilan. Munculnya jerawat kecil kecil di jidat pasti membuat Anda tidak sabar segera ingin menghilangkannya. Untuk menemukan cara yang tepat bagaimana menghilangkan jerawat tersebut, pahami dulu penyebab jerawat kecil di jidat seperti berikut ini.

1. Kulit Kepala Berminyak

Tipe kulit yang berminyak memang lebih rentan ditumbuhi jerawat dibandingkan kulit tidak berminyak. Produksi minyak berlebih dapat menyumbat pori pori pada wajah dan menyebabkan jerawat. Demikian pula jika kulit kepala berminyak. Tingginya produksi minyak pada kulit kepala mempengaruhi produksi minyak pada dahi juga.

2. Faktor Genetik

Di antara sekian banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang ada, faktor genetik tidak bisa diabaikan. Seseorang yang di dalam keluarganya memiliki kecenderungan kulit berjerawat kemungkinan mewarisi jenis kulit yang sama. Inilah yang bisa menjadi penyebab jerawat kecil di jidat.

3. Pemakaian Helm

Bakteri penyebab jerawat ada di mana saja tanpa kita sadari, termasuk menempel pada benda benda yang sering kita gunakan sehari hari. Salah satunya adalah helm. Jika helm yang kita pakai tidak terjaga kebersihannya, maka bukan hanya dahi saja yang bisa terkena jerawat tetapi juga bagian wajah lain seperti pipi, rahang, dan dagu.

4. Model Rambut Tertentu

Wanita yang suka memelihara gaya rambut tertentu, seperti poni pada dahi lebih mudah berjerawat. Mengapa demikian? Rambut yang menutup dari dapat menyebabkan beberapa masalah kulit. Misalnya adalah minyak pada rambut yang menempel di dahi dan menyumbat pori pori, bakteri pada rambut dan berpindah ke dahi, hingga kulit dahi yang sulit bernapas karena tertutup oleh rambut. Jika ingin mempertahankan gaya rambut yang demikian, pastikan kebersihan poni selalu terjaga atau sebaiknya memilih gaya rambut lain tanpa poni.

5. Ketombe Pada Rambut

Rambut yang berketombe bisa menyebabkan jerawat gatal di dahi. Ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kotor yang dihuni oleh bakteri. Tidak menutup kemungkinan bakteri pada kulit kepala menyebar hingga ke bagian dari dan menyebabkan munculnya jerawat.

6. Produksi Minyak Berlebih

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah minyak berlebih. Kelebihan minyak yang bercampur dengan kotoran dapat menyebabkan penyumbatan pada pori pori kulit yang menjadi awal tumbuhnya jerawat. Rawatlah kulit dengan produk produk yang mampu mengontrol kelebihan minyak di wajah dan menormalkan kadar minyak agar pertumbuhan jerawat dapat ditekan.

7. Konsumsi Obat Obatan

Mengonsumsi obat obatan tertentu juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat sebagai efek samping dari penggunaan obat. Jenis obat yang biasanya menyebabkan jerawat adalah pil KB. Untuk mencegah pertumbuhan jerawat kecil di dahi, hentikan penggunaan obat tersebut atau mengganti obat dengan kandungan lain yang lebih aman namun memiliki khasiat yang sama dengan obat sebelumnya.

Itulah berbagai penyebab jerawat kecil di jidat yang harus diwaspadai. Jerawat adalah masalah kulit yang sangat mengganggu, sehingga keberadaannya tidak bisa diabaikan. Oleh sebab itu, rawat kesehatan kulit dengan baik agar tidak mudah ditumbuhi jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.