Sponsors Link

Inil 7 Penyebab Jerawat Muncul ditempat yang Sama dan Sering Terjadi

Sponsors Link

Jerawat adalah masalah yang tidak akan ada habisnya. Bila tidak dijaga dengan benar, jerawat akan selalu muncul bahkan di daerah yang sama sekalipun. Kenapa jerawat muncul di tempat yang sama? Apa saja penyebabnya? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Penyebab Jerawat Muncul di Tempat yang Sama

Selain, makanan penyebab jerawat atau kebiasaan penyebab jerawat berikut adalah beberapa penyebab jerawat muncul di tempat sama, diantaranya adalah:

1. Sudah menjadi Jerawat Kista

Jerawat yang sudah menjadi kista biasanya akan muncul di tempat yang sama persis. Perkembangan jerawat kista terjadi saat pori-pori seseorang keluar sehinga menyebabkan minyak memutar dari jalunya ke permukaan kulit. Ciri-ciri jerawat kista ini hanya bisa disembuhkan saat jerawat tersebut keluar atau dikonsultasikan dengan dokter. Dokter biasanya akan memberikan suntikan kortison atau meresepkan obat untuk menyembuhkan jerawat tersebut.

2. Mengeluarkan isi jerawat

Mengeluakan isi jerawat agaknya bukan sesuatu yang disarankan. Memeras isi putih jerawat hingga meledak akan menyisakan penyumbatan sebab isinya yang tidak terangkat sepenuhnya. Iritasi tersebut akan mengakibatkan jerawat lain muncul di tempat sama seperti sebelumnya. Untuk menjaga pori-pori bersih, Anda bisa menggunakan pengobatan asam salisilat yang diaplikasikan pada titik jerawat. Atau menggunakan benzoyl peroxide yang dapat membunuh banteri penyebab jerawat.

3. Pemakaian kosmetik yang salah

Kosmetik juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di area yang sama. Kosmetik komedogenik biasanya akan menyumbat pori-pori dan menyebakan jerawat keluar dari komedo. Seharusnya, kosmetik yang digunakan harus berlabel non-komedogenik. Jika kulit Anda rentan mengalami jerawat, maka pilihlah kosmetik khusus untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya .

4. Salah menggunakan riasan wajah

Munculnya jerawat di area yang sama juga bisa disebabkan karena salah mengaplikasikan riasan wajah dengan tidak tepat. Contohnya, ketika Anda mengoleskan bedak tebal atau menggunakan eye shadow, ada tekanan berlebih dan gesekan kasar yang terjadi pada kulit berjerawat sehingga akan memicu timbulnya jerawat di area yang sama. Oleh karena itu, poles wajah Anda dengan lembut saat mengaplikasikan riasan di wajah,

5. Pakai hair spray atau minyak rambut

Pemakaian hari spray juga menyebabkan jerawat muncul di area yang sama. Sisa semprotan penggunaan hair spray atau minyak rambut bisa tersisa di area dahi sehingga akan menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat akan sangat mudah memicu timbulnya jerawat bahkan di tempagt yang sama. Oleh karena itu, gunakan minyak rambut seperlunya dan tutupi wajah Anda saat menyemprotkan hair spray pada rambut.

6. Menyentuh wajah

Seseorang kadang tidak sadar menyentuh wajah atau menyandarkan dagu di tangan dalam keadaan tangan yang tidak higienis. Penelitian dalam Clinical Infectious Diseases menyebutkan bahwa seseorang menyentuh wajah biasnaya 3,6 kali pe jam. Tangan Anda yang masih mengandung berbagai kotoran dan bakteri penyebab jerawat kemudian akan menyalurkannya ke kulit sehingga akan membuat pori-pori tersumbat. Oleh karena itu, kurangi kebiasaan menyentuh wajah, gunting kuku Anda secara rutin dan jaga selalu kebersihan tangan Anda dengan cara rutin mencuci tangan.

7. Kadar hormon dalam tubuh

Penyebab selanjutnya tidak lain adalah faktor internal dari dalam tubuh itu sendiri yakni hormon penyebab jerawat yang ada di dalam tubuh seseorang. Masing-masing individu memiliki kadar hormon yang berbeda tiap-tiap orang akan memiliki masalah jerawat yang berbeda pula.

Demikian penyebab jerawat muncul di tempat yang sama dan semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!