Sponsors Link

7 Penyebab Jerawat Nodul Pada Wajah

Sponsors Link

Jerawat memang menjadi salah satu permasalahan utama pada kulit. Kemunculan jerawat secara langsung mengganggu penampilan si penderitanya. Bahkan pada kasus tertentu, jerawat yang meradang menimbulkan nyeri dan sakit pada wajah. Salah satu jenis jerawat yang terolong parah adalah jerawat nodul.

Sponsors Link

Pengertian Jerawat Nodul

Jerawat nodul adalah jerawat yang bentuknya lebih besar dari jerawat pada umumnya dan terlihat jelas di bawah permukaan kulit. Jerawat ini biasanya akan terasa sakit jika disentuh. Terksturnya keras, berwarna merah, dan menonjol. Jerawat nodul membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan, dan biasanya meninggalkan bekas luka parut pada kulit. (Baca Juga: Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak Secara Alami)

Jerawat nodul terbentuk ketika sumbatan sebum pada kulit wajah bercampur dengan kotoran dan debu. Jerawat nodul terasa seperti kacang kecil yang tumbuh di bawah kulit. Jerawat ini dikelilingi kulit berwarna merah dan putih. Jerawat nodul akan terasa nyeri pada wajah dan sakit bila disentuh.

Baca juga:

Perbedaan Jerawat Nodul dan Jerawat Kista

Terdapat dua jenis jerawat yang masuk dalam kategori jerawat akut, yakni jerawat nodul dan jerawat kista. Dua jenis jerawat ini hampir sama. Sama-sama menonjol di bawah permukaan kulit dan terasa nyeri. Yang membedakan jerawat kista dengan jerawat nodul adalah, jerawat kista lebih parah dari jerawat nodul. Jerawat kista sudah mengandung cairan yang kadang bernanah dan dapat meletus sewaktu-waktu. Jerawat nodul yang semakin parah dapat menjadi jerawat kista.

Baca Juga:

Faktor Penyebab Jerawat Nodul

Jerawat yang sifatnya sudah parah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan munculnya jerawat nodul pada wajah.

Baca juga

1. Penggunaan kosmetik berlebihan

Kosmetik atau make-up akan menutup pori-pori kulit ketika digunakan. Oleh karena itu kulit menjadi sulit bernafas dan tidak mampu mengeluarkan minyak yang dihasilkan oleh kelenjarnya. Minyak ini kemudian tertimbun dan terkumpul menjadi satu di bawah permukaan kulit.

Artikel terkait

2. Alergi pada makanan

Alergi pada makanan tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat nodul. Alergi makanan menyebabkan peradangan pada kulit hinga memunculkan benjolan merah jika alergi juga menyerang bagian wajah. Luka akibat alergi ini menyumbat pori-pori kulit sehingga memicu tumbulnya peradangan pada wajah.

Artikel terkait

3. Faktor genetik atau keturunan

Jerawat nodul juga bisa muncul karena karakteristik bawaan pada kulit. Kulit yang cenderung sensitif akan lebih mudah terkena jerawat. Terlebih lagi jika kulit si penderita termasuk jenis kulit berjerawat. (Baca juga: Cara Mencegah Timbulnya Jerawat , Penyebab Jerawat Bruntusan)

Sponsors Link

4. Pengaruh hormon

Hormon juga menjadi salah satu faktor penting penyebab jerawat nodul. Khususnya pada wanita, menjelang menstruasi atau pada masa kehamilan, produksi hormon progesteron meningkat sehingga menghasilkan kadar minyak berlebih pada wajah. Hal inilah yang kemudian memicu munculnya jerawat. Jika semakin parah, jerawat ini akan meradang dan menjadi jerawat nodul.

Artikel terkait

5. Infeksi komedo yang berlebihan

Penumpukan komedo bisa menyebabkan munculnya jerawat nodul. Komedo yang semakin lama semakin bertambah akan mendorong lapisan kulit sehingga membentuk benjolan merah pada wajah. Benjolan ini berisi kotoran dari komedo dan mampu menyebabkan peradangan pada wajah. (Baca Juga: Bakteri Penyebab Jerawat , Bahaya Penyedot Komedo)

6. Kelebihan minyak pada wajah

Jerawat nodul akan muncul pada wajah ketika kelenjar minyak pada wajah bercampur dengan folikel rambut wajah hingga membentuk sebum. Sebum yang bercampur dengan kotoran akan membentuk jerawat yang keras dan berwarna merah. (Baca Juga: Manfaat BB Cream untuk Kulit Berjerawat  , Manfaat Lemon untuk Wajah Berjerawat)

7. Sering menyentuh jerawat

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat memicu tumbuhnya jerawat nodul adalah kebiasaan memencet jerawat. Jerawat kecil yang terus menerus disentuh akan menjadi semakin parah karena bercampur dengan debu dan kotoran yang ada di ujung jari. Jika terus menerus dilakukan akan menyebabkan munculnya jerawat nodul.

Baca juga

Cara Alami Mengatasi Jerawat Nodul

Kemunculan jerawat nodul tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga memunculkan penyakit pada kulit. Peradangan pada jerawat modul jika dibiarkan bisa menyebabkan kista pada wajah, yakni kondisi dimana jerawat mengandung nanah dan menjadi luka yang semakin parah. Oleh karena itu, jerawat nodul harus segera ditangani, baik dengan perawatan sendiri di rumah atau dengan konsultasi pada ahlinya. (Baca juga : Cara mencegah jerawat datang kembali)

Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat nodul yang bisa Anda lakukan di rumah.

Sponsors Link

1. Kompres dengan air hangat

Cara ini dapat melembutkan kulit yang meradang karena jerawat nodul. Tekan wajah anda menggunakan waslap yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Jangan menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit melepuh. Mengompres wajah dengan air hangat akan melunakkan jerawat nodul sehingga mempermudah perawatan yang akan dilakukan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Merah , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam)

2. Detoksifikasi

Pengobatan jerawat nodul juga dapat dilakukan dari dalam tubuh, yakni dengan meminum jus buah dan sayur seperti apel, jeruk, bayam, timun, dan apel hijau. Berpuasa beberapa minggu sekali juga bisa mendetoksifikasi tubuh dari makanan dan minuman pemicu jerawat. (Baca Juga: Manfaat Odol untuk Jerawat , Manfaat Pepsodent untuk Jerawat)

3. Cuka sari buah apel

Cuka apel adalah obat secara paling efektif. Larutkan cuka apel ke dalam segelas air hangat dan minum setiap hari sampai jerawat sembuh. (Baca Juga:  Pola Hidup Sederhana yang Dapat Atasi Jerawat )

4. Membuat masker rumahan

Banyak resep masker rumahan yang bisa Anda coba untuk menghilangkan jerawat nodul. Mencampur sari lemon dengan madu dapat mengurangi bakteri pemicu munculnya jerawat nodul. (Baca Juga: Makanan Pencegah Jerawa , Makanan Penghilang Jerawat)

5. Menghindari makanan manis dan berminyak

Makanan manis dan berminyak adalah pemicu utama jerawat. Jika kulit Anda tergolong berjerawat, menghindari kedua jenis makanan ini adalah wajib hukumnya.

Jerawat memang menjadi salah satu permasalahan kulit utama saat ini. Untuk itu, penting bagi Anda terutama yang memiliki kulit berminyak untuk senantiasa menjaga kebersihan kulit. Kulit yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya akan sangat mudah diserang jerawat.

Baca juga

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!