Sponsors Link

10 Penyebab Jerawat Pada Miss V dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Jerawat memang menjadi permasalahan kulit yang paling meresahkan kaum wanita. Jerawat ternyata tidak hanya tumbuh di bagian terbuka seperti jidat, pipi, dan bagian wajah lainnya tetapi juga di tempat yang tertutup seperti punggung, dada, dan ketiak. Ya,  bagian tubuh yang tertutup dan tidak terkena udara terbuka juga rentan terkena jerawat karena kondisi mereka yang lembab. Bagian kemaluan wanita atau Miss V juga tidak terhindar dari bahaya jerawat loh. Yuk kita simak lebih jauh tentang jerawat di bagian paling sensitif di tubuh wanita ini.

Sponsors Link

Baca juga

Penyebab

1. Celana dalam terlalu ketat

Penggunaan celana dalam yang terlalu ketat memang tidak disarankan oleh ahli kesehatan karena berbagai alasan medis. Meski demikian, para wanita lebih suka mengenakan celana dalam yang ketat karena alasan penampilan. Namun tahukah Anda bahwa menggunakan celana dalam terlalu ketat bisa memicu munculnya penyebab jerawat pada miss V Anda?

Celanan dalam yang ketat membuat miss V menjadi sangat lembab dan sirkulasi udara menjadi tidak lancar. Kondisi miss V yang lembab oleh keringat bisa membuat pori-pori kulit pada miss V tersumbat hingga muncul jerawat. Jika dibiarkan, jerawat ini bisa semakin para dan menyebabkan iritasi pada kulit miss V.

Baca juga

2. Miss V yang berkeringat

Sebagai area yang tersembunyi di dalam tubuh, miss V cenderung lebih sering berkeringat. Oleh karena itu sirkulasi udara di area miss V harus lancar agar bakteri tidak mengendap hingga menimbulkan jerawat. Sangat disarankan untuk memakai celana dalam berbahan katun yang mampu menyerap minyak. Dengan demikian miss V bisa tetap kering dan jauh dari jerawat.

Baca juga

3. Jarang mengganti pembalut

Perawatan miss V harus dilakukan ekstra waktu Anda sedang menstruasi. Darah kotor selama menstruasi membuat kondisi miss V selalu lembab dan menjadi lebih rentan terkena bakteri penyebab jerawat pada miss V . Bagi para wanita, rajin-rajinlah mengganti pembalut selama menstruasi. Jika pembalut sudah terasa basah, segera ganti dengan yang baru karena darah kotor yang dibiarkan terlalu lama akan memunculkan bakteri baru. Dan jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tangan sebelum mengganti pembalut Anda ya!

Baca juga

4. Jarang mengganti celana dalam

Pernahkah Anda merasa gatal-gatal pada area miss V padahal Anda tidak sedang menstruasi? Jika iya, hal itu mungkin pertanda sudah waktunya Anda mengganti celana dalam. Selain pembalut, Anda juga harus sering mengganti celana dalam meski tidak sedang menstruasi. Penggunaan celana dalam terlalu lama membuat bakteri menumpuk di celana dalam dan membuat kondisi miss V semakin lembab. Kalau sudah begini, jerawat pasti senang menghinggapi miss V Anda.

Sponsors Link

Baca juga

5. Alergi makanan

Gatal-gatal karena alergi hingga menyebabkan jerawat juga bisa terjadi di Miss V Anda loh. Jika Anda alergi pada makanan tertentu dan sering merasa gatal di area Miss V, hentikan konsumsi makanan tersebut jika Anda tidak mau muncul jerawat pada Miss V. Jerawat bisa menyebabkan iritasi kulit dan mengganggu kesehatan Miss V Anda.

Baca juga

6. Alergi kain celana dalam

Alergi tidak hanya pada makanan saja loh. Alergi akibat bahan kain tertentu juga bisa terjadi. Terlebih lagi pada area intim seperti Miss V, gatal-gatal di area itu pasti sangat mengganggu bukan? Pilih celana dalam dari bahan yang nyaman untuk Anda dan tidak menimbulkan alergi. Tapi ingat, selalu pilih bahan yang menyerap keringat ya. Agar sirkulasi udara di Miss V tetap lancar dan Miss V pun terhindar dari bakteri dan jerawat.

Baca juga

7. Rambut Miss V yang terlalu lebat

Rambut yang tumbuh pada area Miss V memang bisa menjaga kelembaban kulit area tersebut. Namun jika dibiarkan tumbuh terlalu lebat, rambut pada area Miss V bisa jadi sarang bertumbuhnya bakteri! Cukur rambut Miss V kamu secara berkala ya. Tapi ingat, ikuti langkah-langkah dan cara yang benar dalam mencukur rambut Miss V seperti yang disarankan ahli kesehatan. Kalau tidak, bukannya bersih Miss V malah menjadi iritasi.

Baca juga

ads

8. Salah mencukur rambut pada Miss V

Kebanyakan wanita sering mencukur rambut pada Miss V secara sembarangan tanpa mengikuti prosedur yang disarankan dokter. Mencukur habis rambut Miss V Anda dengan razor (alat cukur) bisa menyebabkan iritasi kulit Miss V akibat pisau tajam razor yang bersentuhan langsung dengan permukaan kulit Miss V. Kondisi ini bisa membuat kulit Miss V meradang dan muncul jerawat.

Baca juga

9. Rambut Miss V tumbuh ke dalam

Rambut di area Miss V yang tumbuh ke dalam (ingrown hair) terjadi akibat kesalahan dalam mencukur rambut Miss V. Gerakan mencukur yang salah membuat bulu tidak sengaja tercabut dan memunculkan jerawat pada area Miss V.

Baca juga

10. Hormon yang tinggi

Hormon menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat pada kulit, tidak terkecuali pada Miss V. Ini kerap terjadi ketika wanita memasuki masa menstruasi dan kehamilan, di mana produksi hormon progesteron sedang tinggi dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh wanita. Kondisi ini menyebabkan lemak yang dihasilkan oleh hormon terakumulasi pada pori-pori kulit dan menjadi jerawat. Kompres jerawat vagina dengan air hangat agar jerawat melunak dan mudah dihilangkan.

Artikel terkait: Penyebab jerawat saat menstruasi

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Miss V

Jerawat yang tumbuh pada area Miss V memang menyebabkan ketidaknyamanan bagi wanita. Bagaimana cara mencegah jerawat agar tidak timbul pada area Miss V? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Miss V terhindar dari jerawat.

Baca juga: Facial wajah berjerawat

1. Menjaga kebersihan Miss V

Jerawat yang timbul di area Miss V kebanyakan disebabkan oleh timbulnya bakteri dan iritasi pada area Miss V. Cara terbaik untuk mencegah bakteri menjamur pada area Miss V tentu adalah dengan menjaga kebersihan area Miss V. Menjaga Miss V tetap kering namun juga lembab sangat penting loh.

Baca juga: Manfaat masker beras untuk bekas jerawat

2. Ganti pembalut beberapa jam sekali

Saat Anda sedang menstruasi, pastikan Anda mengganti pembalut setiap 3 sampai 4 jam sekali, tanpa melihat deras atau tidaknya aliran menstruasi. Mengganti pembalut secara berkala sangat membantu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan Miss V.

Baca juga: Cara menghilangkan komedo dengan lemon

3. Jangan menggunakan cairan pembersih Miss V

Jangan membeli cairan pembersih Miss V sembarangan, apalagi yang dijual secara bebas. Menggunakan cairan pembersih Miss V mengganggu keseimbangan pH asli Miss V dan bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri serta jerawat.

Baca juga: Jerawat di kemaluan

4. Hindari makanan dengan lemak jenuh yang tinggi

Penumpukan lemak pada area Miss V bisa memunculkan jerawat pada area itu. Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi agar tidak terjadi penumpukan lemak pada area Miss V yang bisa memicu munculnya jerawat.

Baca juga: Cara menghilangkan bekas jerawat dalam semalam

Itulah penyebab dan cara mencegah timbulnya jerawat pada area Miss V. Menjaga kebersihan area intim memang sangat penting karena area ini memiliki sensitivitas yang tinggi dan rentan ditumbuhi bakteri. Pastikan selalu merawat Miss V Anda dengan cara yang benar.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 13th, June 2017 / 06:41 Oleh :
Kategori : Penyebab