Sponsors Link

15 Penyebab Jerawat Terus Bermunculan di Wajah

Sponsors Link

Anda pasti heran mengapa jerawat sangat mudah tumbuh di wajah. Jerawat mudah tumbuh karena memang banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang tidak disadari. Sebagian besar adalah karena kebiasaan kecil yang selalu dilakukan berulang ulang setiap hari. Biar Anda tidak semakin penasaran, apa saja sih penyebab jerawat terus bermunculan? Yuk kita simak bersama yang satu ini.

Sponsors Link
  1. Sering Menyentuh Wajah dengan Tangan

Tahukah Anda kalau tangan adalah sumber bakteri yang paling utama? Jangan jadikan menyentuh wajah dengan tangan menjadi kebiasaan. Terutama jika tangan dalam keadaan kotor atau Anda baru saja datang dari luar rumah. Tangan yang kotor jika dipakai untuk menyentuh wajah akan menambah kotoran di wajah semakin banyak, yang merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Kebiasaan penyebab jerawat ini tidak boleh dilakukan ya.

  1. Kulit Kepala Berminyak

Bukan hanya wajah saja yang bisa berminyak, kulit kepala Anda juga. Kulit kepala yang berminyak menimbulkan banyak masalah rambut seperti lepek dan ketombe. Ternyata bukan hanya itu, minyak yang dihasilkan kulit kepala bisa jatuh ke wajah, sehingga membuat jerawat muncul lebih mudah. Cara mengatasi jerawat di kepala adalah dengan menggunakan shampoo dan kondisioner yang bisa mengurangi minyak di kulit kepala.

  1. Malas Olahraga

Olahraga tidak hanya menyehatkan untuk badan. Dengan berolahraga, semua racun yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan, termasuk racun yang bisa memicu jerawat. Manfaat lain yang bisa dirasakan dari olahraga adalah sel kulit yang selalu diperbaharui. Saat berolahraga, sel sel mati yang ada di dalam tubuh akan digantikan dengan munculnya sel baru yang lebih sehat. Jadikan olahraga sebagai rutinitas yang baik untuk mengatasi jerawat.

  1. Suka Makan Makanan Berlemak

Siapa yang tidak suka dengan susu, yogurt, ayam goreng, pizza atau burger? Semua jenis makanan tersebut terasa nikmat namun memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Anda pasti khawatir makanan ini akan menambah berat badan. Ternyata bukan hanya itu saja yang akan terjadi. Makanan berlemak mampu memicu peningkatan produksi minyak pada wajah, selain itu makanan jenis ini adalah makanan penyebab jerawat meradang yang wajib dihindari. Minyak wajah yang bercampur dengan kotoran dan debu akan meradang menjadi jerawat.

  1. Sering Terkena Debu dan Polusi

Jika Anda termasuk wanita modern yang aktif dengan segudang kesibukan, pasti Anda akrab dengan yang namanya debu dan polusi. Debu yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor akan meracuni kulit Anda . Agar jerawat tidak bermunculan terus menerus, bersihkan wajah segera setiap kali selesai beraktivitas.

  1. Tidak Cocok Kosmetik

Inilah salah satu penyebab jerawat terus bermunculan. Hobi wanita memakai kosmetik memang susah dihilangkan. Padahal saat berjerawat kondisi kulit harus dinetralkan dari semua kosmetik. Pemakaian kosmetik akan menyumbat pori pori kulit dan menimbulkan jerawat yang parah. Berhati hatilah menggunakan kosmetik, pastikan kosmetik yang dipakai memiliki label non-comedogenic yang tidak menyumbat pori. Kenali ciri jerawat karena kosmetik agar Anda tahu bagaimana cara tepat mengatasinya.

Sponsors Link

  1. Faktor Genetik

Kalau wajah Anda terus berjerawat padahal sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya, coba lihat ke anggota keluarga yang lain. Faktor genetik juga turut mempengaruhi munculnya jerawat. Seseorang yang di dalam keluarganya banyak berjerawat maka kemungkinan besar ia mewarisi gen yang juga membuatnya mudah berjerawat.

  1. Tidak Pernah Melakukan Scrub

Agar kulit senantiasa sehat dan tidak kusam, perlu dilakukan eksfoliasi minimal 2 minggu sekali. Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Semakin banyak sel kulit mati, semakin kusam wajah Anda. Selain itu tumpukan sel kulit mati juga berpotensi menyumbat pori sehingga lebih mudah ditumbuhi jerawat. Buatlah scrub alami untuk wajah berjerawat dan berminyak sebagai perawatan rutin.

  1. Begadang

Salah satu kebiasaan yang harus dihindari agar tidak mudah berjerawat adalah begadang. Buat Anda yang punya hobi terjaga sampai larut malam atau dini hari pasti sudah tidak asing dengan begadang penyebab jerawat terus bermunculan. Begadang menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Ketidak seimbangan hormon bisa menjadi pemicu utama jerawat membandel di wajah Anda.

  1. Stress dan Depresi

Kondisi psikologis juga turut menjadi penyebab jerawat terus bermunculan di wajah. Mengapa bisa demikian? Saat kondisi mental tidak stabil, yaitu ketika seseorang mengalami stress atau depresi, maka hormon penyebab jerawat akan lebih banyak diproduksi oleh tubuh. Hindari stress dan depresi yang berlebihan agar kulit tidak ikut menjadi korbannya. Jika jerawat sudah muncul, pasti akan sulit untuk menghilangkannya dan dibutuhkan waktu cukup lama pula.

Sponsors Link

  1. Malas Membersihkan Wajah

Jika tidak mau kotoran menumpuk di wajah, jangan pernah malas membersihkan wajah. Terutama setelah Anda selesai berativitas di luar ruangan seharian, debu, polusi, dan kotoran tentu menumpuk di kulit. Jerawat akan muncul jika kotoran yang ada di kulit masuk ke pori pori dan bercampur dengan minyak di wajah. Kalau sudah begini, jerawat meradang sudah tidak bisa dihindari lagi.

  1. Penggunaan Minyak Rambut

Biasanya ini sering terjadi pada laki laki. Untuk mendapatkan tampilan rambut yang rapi dan klimis, laki laki mengoleskan banyak minyak rambut. Berlebihan memakai minyak rambut bisa memicu munculnya jerawat yang berlebihan lho. Apalagi jika minyak rambut sampai mengenai wajah. Pilihlah minyak rambut yang tidak menimbulkan resiko berjerawat. Minyak rambut yang berbentuk krim lebih baik dari minyak rambut yang bentuknya gel.

  1. Faktor Sugesti

Sugesti ternyata juga bisa menjadi penyebab jerawat terus bermunculan. Maksudnya sugesti disini adalah Anda merasa jerawat di wajah semakin banyak meski kenyataannya tidak. Anda terlalu sering bercermin dan langsung merasa stress melihat jumlah jerawat yang ada di wajah. Padahal sebenarnya jerawat tidak bertambah, namun Anda merasa jerawat semakin banyak saja.

  1. Gaya Rambut

Gaya rambut ikut mempengaruhi jerawat di wajah. Kok bisa? Misalnya kalau Anda suka gaya rambut berponi, poni akan menggelantung sampai ke dahi. Otomatis kotoran dan debu yang ada di rambut akan jatuh ke wajah. Hindari gaya rambut yang seperti ini agar tidak semakin banyak saja jerawat yang tumbuh di wajah.

  1. Memencet Jerawat

Ini dia kebiasaan yang paling susah dihilangkan. Jerawat, baik yang sudah meradang atau yang akan tumbuh, biasanya terasa gatal dan perih. Anda pasti akan tergoda untuk menyentuhnya. Maksudnya pasti ingin jerawat segera sembuh dan kempes. Namun ini malah membuat jerawat semakin meradang dan parah. Apalagi jika tangan yang dipakai untuk memencet jerawat mengandung banyak bakteri dan kotoran. Salah satu bahaya memencet jerawat adalah menyebabkan jerawat terus bermunculan.

Itulah dia berbagai penyebab jerawat terus bermunculan yang wajib dihindari. Kalau ingin punya wajah sehat bebas jerawat, lakukan kebiasaan baik yang bisa menghindarkan wajah dari jerawat. Ingat bahwa hal hal kecil yang kita lakukan bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat parah yang tidak diinginkan. Sayangi kulitmu dan jangan biarkan jerawat merusaknya ya

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.