Sponsors Link

18 Penyebab Tumbuhnya Jerawat Paling Sering Diabaikan

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat bukanlah hal yang asing lagi untuk wanita yang punya kulit berjerawat. Masalah kulit yang satu ini memang sangat mengganggu karena membawa perubahan yang besar pada penampilan kita. Wajah yang semula mulus menjadi ternoda olah jerawat yang seperti bisul dan memerah.

Sponsors Link

Penyebab tumbuhnya jerawat bukan hanya sekedar wajah yang berminyak atau wajah kotor saja. Masih banyak hal lain yang tidak Anda sadari dan bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Apa saja penyebab-penyebab tersebut? Yuk kita cari tahu bersama.

Kondisi Kulit Penyebab Tumbuhnya Jerawat

1. Kurang menjaga kebersihan wajah

Ini adalah salah satu penyebab utama tumbuhnya jerawat di wajah. Jika kulit wajah penuh dengan debu dan kotoran, maka pori-pori kulit akan tersumbat. Kedua hal tersebut jika tercampur dengan sebum atau minyak pada wajah akan menyebabkan timbulnya jerawat batu yang parah. Bersihkan wajah setiap selesai beraktivitas dan cuci wajah dua kali sehari dengan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.

2. Produksi minyak berlebih

Wajah yang berminyak lebih rentan ditumbuhi jerawat dibandingkan dengan wajah yang kering. Minyak pada wajah berpotensi untuk menyumbat pori-pori kulit, apalagi jika sudah tercampur dengan debu dan kotoran. Kurangi produksi minyak pada wajah dengan melakukan perawatan wajah berminyak dan berjerawat secara alami seperti menggunakan masker putih telur. Pelajari bagaimana cara membuat masker putih telur dan manfaatnya.

3. Keturunan

Salah satu penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal adalah keturunan. Jika anggota keluarga Anda memiliki tipe kulit yang berminyak dan berjerawat, maka kemungkinan besar Anda akan mewarisi gen tersebut.

4. Stress dan depresi

Kondisi psikis yang tidak stabil seperti stress dan depresi juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Stress menyebabkan metabolisme tubuh terganggu yang bisa memicu jerawat.

5. Hormon yang tidak seimbang

Jerawat yang timbul akibat faktor hormonal adalah jerawat di masa pubertas atau menstruasi. Jerawat karena hormon biasanya akan cepat hilang ketika hormon di dalam tubuh sudah kembali seimbang. Ketahui jenis hormon penyebab jerawat dan cara mengatasinya.

6. Jenis kulit

Jenis kulit juga sangat mempengaruhi pertumbuhan jerawat di wajah. Seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak lebih rentan ditumbuhi jerawat dibandingkan dengan yang memiliki jenis kulit normal atau kering. Jerawat tertentu seperti jerawat batu bahkan hanya tumbuh pada kulit wajah yang berminyak saja. Lakukan cara mencegah jerawat pada kulit berminyak agar wajah tidak mudah ditumbuhi jerawat.

Sponsors Link

7. Infeksi komedo

Anda yang tidak tahu cara menghilangkan komedo akut mungkin berpikir bahwa memencet komedo akan bisa menghilangkannya. Hal ini justru bisa memicu terjadinya infeksi pada kulit wajah dan memicu tumbuhnya jerawat. Kuman dan bakteri yang ada di tangan berpindah ke kulit wajah ketika Anda memencet komedo.

8. Bakteri

Ada satu bakteri yang disebut dengan p.acne. Bakteri ini adalah penyebab tumbuhnya jerawat yang bersarang di kelenjar sebum yang tersumbat. Bakteri ini kemudian terus berkembang biak dan menyebabkan peradangan di area kulit sekitarnya.

Makanan Penyebab Tumbuhnya Jerawat

1. Makanan berlemak dan gorengan

Salah satu jenis makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus adalah makanan berlemak dan gorengan. Terutama jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, hindari makanan ini sebisa mungkin. Kedua makanan ini akan memicu peningkatan produksi minyak pada wajah yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

2. Cokelat dan susu

Cokelat adalah makanan yang disukai hampir setiap orang. Namun kandungan gula yang ada di dalam cokelat ternyata bisa memicu pertumbuhan jerawat di kulit. Sedangkan susu yang kaya akan vitamin dan kalsium akan meningkatkan produksi hormon dalam kulit yang bisa meningkatkan minyak pada wajah.

ads

3. Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol sangat tidak disarankan untuk mereka yang punya kulit berjerawat. Alkohol menyebabkan tubuh dehidrasi yang akibatnya akan langsungs dirasakan kulit wajah. Pada kondisi kulit dehidrasi, jerawat akan lebih mudah tumbuh.

4. Kerang laut

Semua jenis kerang laut jika dikonsumsi secara berlebihan tidak akan baik untuk kesehatan kulit. Kerang akan menyebakan kerusakan pada sel kulit sehingga jerawat lebih mudah tumbuh.

5. Kuning telur

Kuning telur sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh karena kaya akan protein. Namun untuk kesehatan kulit ternyata efeknya tidak begitu baik. Kuning telur memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi sehingga menyebabkan kulit lebih mudah berjerawat.

6. Kacang-kacangan

Mitos yang mengatakan kacang bisa menyebabkan jerawat ternyata ada benarnya. Kacang mengandung kadar minyak yang cukup besar di dalamnya sehingga membuat kulit menjadi lebih sensitif dan mudah ditumbuhi jerawat.

Kebiasaan Penyebab Jerawat

1. Malas membersihkan wajah

Kebersihan kulit wajah memang tampaknya adalah hal yang sepele. Namun jika Anda malas menjaga kebersihan wajah, jerawat pasti akan mudah bersarang di kulit Anda. Membersihkan wajah wajib dilakukan setiap Anda selesai beraktivitas, terutama jika aktivitas dilakukan di luar ruangan. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan lupa juga untuk mencuci wajah secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

2. Pemakaian kosmetik yang berlebihan

Wanita suka memakai make up atau kosmetik karena bisa menutupi bagian wajah yang kurang sempurna. Tapi tahukah Anda penggunaan make up dan kosmetik yang berlebihan bisa menyebabkan jerawat tumbuh di wajah. Kok bisa? Kosmetik akan menyumbat pori-pori wajah Anda. Jika penyumbatan ini bertemu dengan minyak yang ada di wajah, akan terjadi peradangan yang berujung pada timbulnya jerawat.

Sponsors Link

3. Begadang

Inilah salah satu kebiasaan yang wajib dihindari jika Anda ingin wajah yang bersih dan bebas dari jerawat. Begadang penyebab jerawat karena kebiasaan tidur larut malam akan membuat hormon pada tubuh tidak seimbang. Ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh bisa menyebabkan produksi minyak pada wajah meningkat. Peningkatan produksi minyak pada wajah secara otomatis meningkatkan peluang tumbuhnya jerawat.

4. Kurang minum air putih

Salah satu cara merawat wajah agar tidak berjerawat adalah dengan menjaga tetap lembab dan terhidrasi. Cara termudah untuk melembabkan kulit secara alami adalah dengan cukup minum air putih. Kekurangan air putih akan membuat kulit kering dan tidak lembab. Kedua hal tersebut adalah ciri kulit yang tidak sehat. Kulit tidak sehat akan sangat mudah ditumbuhi oleh jerawat.

Itulah berbagai penyebab tumbuhnya jerawat yang wajib diketahui. Merawat wajah secara rutin dan teratur adalah kunci utama untuk mencegah jerawat agar tidak kembali lagi. Jangan sampai jerawat betah di wajah Anda dan tidak mau pergi ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab