Sponsors Link

Komedo di Pipi – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Komedo merupakan benjolan kecil pada wajah yang umumnya berwarna hitam atau bahkan ada komedo berwarna putih. Komedo merupakan salah satu tanda bahwa kulit dengan kondisi bermasalah dan dapat berkembang menjadi sebuah jerawat. Munculnya komedo pada wajah disebabkan sel – sel kulit mati akibat kelanjar minyak berlebih yang tidak dapat keluar dari pori – pori kulit. Komedo yang berwarna putih disebabkan tumbuhnya kulit diatas pori – pori yang tertutup. Sedangkan komedo yang berwarna hitam atau dikenal dengan komedo terbuka akibat pori – pori kulit yang semakin besar dan hitam. Penyebab komedo hitam di wajah dapat disebabkan berbagai faktor. Kenalilah perbedaan jerawat dan komedo wajib diketahui cirinya agar dapat dicegah kemunculannya pada wajah.

Sponsors Link

Pipi merupakan salah satu area wajah yang terlihat jelas apabila muncul suatu benjolan seperti komedo maupun jerawat. Penyebab munculnya komedo karena kotoran yang masuk pada pori – pori kulit tidak dapat keluar sehingga tertimbun dan menimbulkan komedo. Penyebab wajah beruntusan komedo paling berbahaya terutama apabila timbul pada area wajah. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya jerawat meradang pada wajah. Jerawat di pipi sulit hilang kenalilah penyebab dan cara mengatasinya. Faktor yang menyebabkan munculnya komedo pada wajah adalah :

  • Faktor kebersihan yang tidak terjaga seperti jarang mencuci muka, penggunaan alat kosmetik pada wajah
  • Faktor makanan berlemak
  • Faktor hormon akibat pengaruh obat – obatan

Cara mengatasi komedo dapat dilakukan dengan cara alami maupun kimiawi. Cara kimiawi umumnya dilakukan pada klinik kecantikan menggunakan serangkaian treatment dengan alat dan obat tertentu agar komedo pergi dari wajah. Selain itu ada alat penghilang komedo yang dapat dibeli sendiri dan digunakan sebagai terapi penghilang komedo di rumah. Namun cara cepat menghilangkan komedo secara alami sangat mudah dilakukan di rumah, seperti .

  • Lemon

Cara menghilangkan komedo dengan masker lemon sangat mudah diterapkan di rumah. Siapkanlah sebuah lemon, irislah lemon tersebut kemudian peras air lemon. Oleskan perasan air lemon pada seluruh wajah selama kurang lbih 15 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air bersih.

  • Tomat

Tomat merupakan buah yang dipercaya mampu melembabkan wajah. Selain itu mampu mengusir komedo, jerawat bahkan hingga bekasnya sekalipun. Cara membuat masker tomat untuk wajah berjerawat dan komedo adalah dengan menghaluskan sebuah tomat, kemudian dioleskan pada seluruh wajah. Diamkan masker tomat tersebut selaman 15 – 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih.

  • Garam

Garam mengandung zat yang mampu mengusir komedo dan jerawat. Selain itu garam dapur juga dapat dijadikan scrub wajah. Manfaat air garam untuk jerawat sangat ampuh. Cara melakukan treatment menggunakan air garam adalah dengan masukan beberapa sendok makan garam pada wadah. Kemudian gunakan air garam untuk mencuci wajah. Selain itu garam yang mengendap digunakan sebagai scrub wajah.Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih.

  • Putih Telur

Putih telur mengandung protein tinggi yang memiliki zat asam amino yang digunakan untuk mengecilkan pori – pori kulit. Hal itulah yang menyebabkan putih telur sering dijadikan sebagai masker wajah pengusir komedo dan jerawat. Cukup mengoleskan putih telur pada seluruh wajah agar wajah mengencang dan kembali bersinar.

 

 

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan