Sponsors Link

Inilah 3 Perbedaan Jerawat Batu dan Kista Paling Terlihat

Sponsors Link

Jerawat batu dan kista adalah salah satu dari segala sesuatu tentang jerawat yang sangat menganggu penampilan seseorang. Kedua jenis ini dapat memberikan dampak psikologis akibat jerawat. Namun, terdapat perbedaan antara jerawat batu dan kista. Apa saja perbedaan tersebut? aBerikut adalah beberapa perbedaan antara jerawat batu dan kista, diantaranya adalah :

Sponsors Link
  • Bentuk dan Penyebab

Jerawat kista atau yang disebut dengan kista atheroma disebabkan karena penyumbatan kelenjar keringat yang dipicu oleh infeksi, trauma seperti luka atau benturan. Kista tersebut memiliki kapsul (dinding) yang berisikan cairan kental berwarana putih abu-abu seperti keratin (protein berserat) atau sebum (minyak). Selain itu, kista juga mempunyai lekukan dan bercak gelap di tengahnya. Berbentuk bulat, berbatas tegas berbau asam, berdinding tipis dan melekat di kulit. Jika tidak segera diobati, maka akan mengalami peradangan hingga menjadi kelainan kulit yang lebih parah.

Sedangkan jerawat batu juga disebabkan karena penyumbatan pori-pori yang kemudian mengalami peradangan. Bentuknya lebih besar jika dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Bila ditekan, jerawat batu akan terasa lebih keras dan akan mengalami sakit berkelanjutan bila ditekan terlalu kuat. Jerawat batu yang memiliki warna kemerahan ini memiliki cairan nanah berwarna putih.

  • Tempat tumbuh

Kista biasanya umbuh di area-area yang banyak terdapat kelenjar keringat seperti wajah dan punggung. Sedangkan jeawat batu lebih rentan menyerang area kulit berminyak. Sebab pori-pori pada kulit berminyak lebih mudah tersumbat. Penyumbatan ini juga sering disebabkan karena ketidakseimbangan hormon sehingga membuat pori-pori lebih rentan terkena jerawat batu.

  • Pengobatan

Untuk mengobati kista tidak bisa dilakukan dengan hanya menggunakan krim biasa saja. Akan tetapi, perlu adanya konsultasi lebih lanjut dengan dokter dermatologist demi mendapatkan perawatan khusus. Namun, ada beberapa alternative lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati kista itu sendiri. Pertama, Anda bisa menggunakan sabun cuci muka yang memiliki kandungan salicycl acid. Sebab kandungan ini dapat masuk ke kulit dan menghentikan kista.

Kedua, menggunakan krim dengan kandungan benzoyl peroxide tetapi dengan anjuran resep dokter. Selanjutnya, Anda juga bisa mengompres kista dengan cara memasukkan es batu di dalam handuk. Kemudian kompres kista dengan sedikit menekannya. Lalu basuh wajah Anda dnegan air biasa untuk mengembalikan ke suhu normal.

Terakhir, rajin untuk mengaplikasikan moisturizer ke wajah agar kulit tetap sehat dan lembut sebab krim penyembuh kista biasanya bersifat sedikit keras. Sedangkan untuk mengatasi jerawat batu, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan sehari-hari.

Selain melakukan cara menghilangkan jerawat dengan pepaya, lemon yang banyak mengandung vitamin C juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat batu. Caranya cukup dengan mencampukan madu dan perasan lemon, kemudian oleskan pada jerawat. Daun binahong pun dapat Anda manfaatkan selain kista juga sebagai perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami, yakni dengan cara menumbukknya lalu menempelkan ke jerawat batu.

Diamkan semalaman maka jerawat batu lama-lama akan mengempes. Selain itu, adapula rekomendasi sabun muka yang dapat Anda gunakan seperti cetaphil dimana sabun ini efektif mengurangi minyak berlebih di wajah sehingga mencegah tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. L’Action Paris –Tea Tree Lotion juga direkomendasikan untuk mengeringkan dan mengecilkan jerawat. Terakhir, produk dari Esence-Acne Liquid yang bekerja maksimal dalam mengatasi jerawat batu.

Sebenarnya, penyembuhan paling efektif dari kista maupun jerawat batu adalah adanya pengubahan pola hidup seperti banyak memakan serat, minum air putih, menghindari makanan yang mengandung susu seperti keju, menjaga kebersihan serta menjaga daya tahan tubuh. Demikian perbedana kista dan jerawat batu dan semoga bermanfaat.

ads
,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.