Sponsors Link

6 Perbedaan Jerawat dan Kanker Kulit Paling Mendasar

Sponsors Link

Jerawat memang menjadi masalah kulit yang paling umum dikalangan masyarakat, bahkan kebanyakan orang mulai menganggap jerawat sebagai suatu hal yang biasa dan bukan menjadi momok yang menakutkan kembali. Walaupun terdapat dampak psikologi akibat jerawat seperti menurunnya kepercayaan diri, tetapi tidak sedikit mulai tidak  khawatir dengan masalah jerawat ini karena sudah diketahui bahwa jerawat akan hilang dalam waktu yang relatif cepat. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya anda tidak boleh terlalu menganggap enteng segala sesuatu tentang jerawat? hal ini karena sudah banyak ditemukan beberapa jenis kanker kulit dengan bentuk dan ciri-ciri seperti jerawat pada umumnya. Lalu apa saja perbedaan jerawat dan kanker kulit, simak ulasan berikut ini.

Sponsors Link

Perbedaan Jerawat dan Kanker Kulit

Membedakan antara jerawat dan kanker kulit memang sedikit sulit, hal ini dikarenakan bentuk kanker kulit sekarang ini yang dapat menyerupai jerawat pada umumnya. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa dilarang keras untuk memencet jerawat, karena jika salah memencet jerawat dan bahkan ternyata yang pecah adalah kanker kulit maka akan menyebabkan peradangan pada kulit. Terlebih lagi juga dapat menyebabkan kanker kulit menjalar kebagian kulit lainnya yang tentunya akan berbahaya. Oleh sebab itu, kenali beberapa perbedaan jerawat dan kanker kulit berikut ini.

  1. Penyebab

Perbedaan yang pertama dapat dilihat dari penyebab  yang menimbulkan munculnya jerawat dan kanker kulit itu sendiri. Sudah menjadi rahasia umum bahwa jerawat timbul biasanya disebabkan karena adanya kondisi dimana kulit terlalu berminyak yang dipengaruhi oleh hormon penyebab jerawat, yang kemudian bercampur dengan tumpukan sel kulit mati atau kotoran. Kondisi tersebut kemudian menyumbat pori-pori kulit, sehingga timbullah jerawat pada kulit. Jerawat juga tidak hanya muncul di kulit wajah saja tapi juga dapat muncul di dada, punggung, ketiak, dan bagian tubuh lainnya.

Berbeda dengan jerawat, kanker kulit biasanya disebabkan karena adanya pertumbuhan sel kulit mati yang tidak normal atau abnormal yang terjadi di dalam lapisan sel skuamosa, basal, serta pada melanosit. Penyebab pertumbuhan sel kulit mati yang abnormal dapat disebabkan karena adanya paparan sinar ultraviolet, faktor genetik atau keturunan, dan juga terkena zat-zat kimia yang berbahaya bagi kulit.

  1. Usia Terserang Jerawat atau Kanker Kulit

Banyak orang yang bertanya pada usia berapa jerawat akan hilang, padahal sebenarnya tidak ada batasan seseorang mengalami masalah jerawat. Hanya saja kemungkinan mengalami masalah jerawat akan semakin berkurang dengan semakin bertambahnya usia. Jerawat memang sering menyerang kaum remaja, terutama pada masa-masa pubertas dimana kondisi hormon sering tidak stabil. Sedangkan kanker kulit dapat menyerang siapapun tanpa memandang usia, bahkan semakin bertambahnya usia pun tidak berarti kemungkinan terserang kanker kulit akan semakin berkurang. Hal ini yang menjadi salah satu perbedaan jerawat dan kanker kulit.

  1. Segi Waktu Hilang

Perbedaan yang selanjutnya dapat dilihat dari berapa lama jerawat dan kanker kulit akan menghilang. Jerawat memang dikenal akan hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan waktu yang relatif lama untuk hilang, walaupun jerawat dalam kondisi meradang. Jerawat biasanya hanya membutuhkan waktu paling lama 1 hingga 2 minggu saja akan hilang. Sedangkan kanker kulit tidak akan hilang dengan sendirinya, walaupun sudah dalam beberapa tahun. Artinya bahwa kanker kulit membutuhkan pengobatan yang lebih serius dibandingkan dengan pengobatan jerawat.

  1. Segi Ukuran atau Bentuk

Segi ukuran atau bentuk jerawat dengan kanker kulit juga berbeda, dimana jerawat biasanya hanya berukuran kecil atau besar saja dengan bentuk yang simetris. Pada jerawat yang normal juga tidak akan ada perubahan ukuran atau bentuk yang signifikan selain ketika jerawat dalam fase penyembuhan atau akan hilang, Kondisi ini berbeda dengan kanker kulit, dimana kanker kulit memiliki bentuk bulat yang tidak beraturan atau juga dapat dibilang memiliki bentuk yang asimetris. Oleh sebab itu bentuk antara bagian kanan dan kiri dari kanker kulit akan terlihat berbeda, belum lagi ukuran dan bentuk kanker kulit dapat berubah-ubah.

  1. Segi Tekstur

Selain ukuran dan bentuk, antara jerawat dengan kanker kulit juga memiliki perbedaan pada segi tekstur, dimana biasanya jerawat memiliki tekstur yang halus ketika diraba atau disentuh walaupun ketika disentuh akan menimbulkan rasa sakit atau rasa perih. Sedangkan kanker kulit memiliki tekstur yang kasar ketika di raba, terutama akan terasa kasar pada bagian pinggir dari benjolan yang timbul di kulit.

  1. Segi Warna

Perbedaan jerawat dan kanker kulit yang terakhir adalah dari segi warna. Jerawat besar maupun kecil biasanya akan memiliki warna kemerahan tanpa bintik putih muncul dibagian tengahnya, sedangkan kanker kulit memiliki warna yang cenderung gelap seperti coklat dan tidak merata. Pada kanker kulit terkadang juga muncul warna hitam pada bagian tengahnya, sedangkan pada bagian pinggir akan berwarna lebih muda.

Itulah beberapa perbedaan jerawat dan kanker kulit yang perlu diwaspadai, semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan