Sponsors Link

4 Salep Jerawat Hormon beserta Efek Sampingnya

Sponsors Link

Munculnya jerawat di wajah maupun bagian tubuh lainnya seperti punggung, ketiak, dan lain sebagainya memang menimbulkan rasa yang tidak nyaman bahkan menurunkan rasa percaya diri. Berbagai macam faktor dapat memicu munculnya jerawat tersebut, seperti karena adanya kondisi hormon yang tidak seimbang. Kondisi hormon yang tidak stabil atau tidak seimbang merupakan salah satu faktor utama munculnya jerawat hormon, dan biasanya sering terjadi pada kaum remaja dimasa pertumbuhan dan masa-masa pubertas. Banyak cara dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat hormon tersebut, seperti dengan cara menstabilkan hormon penyebab jerawat pada tubuh, dan penggunaan obat seperti salep jerawat hormon. Berikut ini beberapa salep jerawat hormon yang bisa digunakan sebagai cara pengobatan dan pencegahan:

Sponsors Link
  1. Benzoyl Perokxide

Untuk mengatasi jerawat hormon, kalian dapat menggunakan salep yang mengandung bahan Benzoyl Perokxide. Yang mana kandungan tersebut dapat menghentikan atau mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat serta mencegah peradangan pada jerawat. Selain itu, bahan ini juga dapat membuang sumbatan pori-pori yang disebabkan karena produksi minyak berlebih karena kondisi hormon yang tidak stabil.

Berbagai gejala dapat timbul dalam masa penggunaan awal salep jerawat hormon ini, seperti kulit kemerahan dan mengelupas. Namun tidak perlu khawatir, karena setelah penggunaan selama 4 hingga 6 minggu, kondisi jerawat dan kulit wajah akan membaik. Oleh sebab itu, tetap perlu diperlukan kewaspadaan atau kehati-hatian dalam penggunaannya.

  1. Salep Anti Biotik

Jerawat dapat menjadi semakin parah ketika terdapat banyak bakteri didalamnya selain karena disebabkan kondisi hormon yang tidak seimbang atau tidak stabil. Oleh sebab itu, dalam pengobatan jerawat hormon dapat digunakan salep anti biotik. Yang mana salep ini dapat mengurangi jumlah bakteri dan mencegah peradangan pada kulit. Biasanya untuk mengobati jerawat, antibiotik akan dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti benzoyl perokcxide yang sudah dijelaskan diatas, dan bahan retinoid. Sayangnya, salep anti biotik ini biasanya tidak cukup ampuh untuk membuang sumbatan pori-pori, sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pengobatan jerawat.

  1. Retinoid

Sebagai bahan campuran anti biotik, salep yang mengandung bahan retinoid juga ampuh dalam menghilangkan jerawat hormon. Selain dapat menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh ketidakstabilan hormon, salep ini juga dapat menghilangkan jerawat yang disebabkan karena adanya tumpukan sel-sel kulit mati pada wajah. Oleh sebab itu, salep ini juga merupakan salah satu salep penghilang bekas jerawat .Salep berbahan retinoid dapat digunakan dua kali sehari, dengan efek samping ringan seperti adanya iritasi ringan dan kulit yang terasa perih.

  1. Salicyid Acid

Salep yang mengandung asam Salisilat atau salicyid acid bekerja menghilangkan jerawat hormon dengan cara membersihkan atau menghilangkan sumbatan pada pori-pori kulit. Karena sifatnya yang asam, biasanya dalam penggunaan salep ini akan memberikan efek pada kulit seperti kulit kemerahan, dan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari langsung. Selain itu salep jerawat ini juga dapat menyebabkan bagian atas kulit berjerawat menjadi terkelupas, sehingga diperlukan kehati-hatian dan harus disesuaikan dengan prosedur pemakaian.

Itulah beberapa salep jerawat hormon sebagai salah satu cara mengatasi jerawat karena hormon yang bisa kalian dapatkan di pasaran atau apotek. Walaupun penggunaan salep jerawat biasanya terbukti ampuh, namun tetap harus diperhatikan cara pemakaian dan kadar pemakaiannya agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Karena penggunaan salep untuk obat jerawat berbeda dengan penggunaan bahan alami untuk mengatasi jerawat yang sedikit memberikan efek samping atau bahkan tidak ada efek samping sama sekali.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.