Sponsors Link

Inilah Fakta Spironolactone Untuk Jerawat

Sponsors Link

Beberapa banyak faktor memang bisa menimbulkan munculnya jerawat di usia dewasa ini. Dan umumnya jerawat-jerawat tersebut bisa menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat. Salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat adalah obat yang bernama spironolactone. Obat ini bisa didapat dengan menggunakan resep dokter. Apa itu spironolactone? Berikut uraiannya!

Pengertian

Spironolactone adalah obat yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan. Mulai dari tekanan darah tinggi, gagal jantung hingga penimbunan cairan pada tubuh. Dan sebenarnya obat tersebut tidak diperuntukkan untuk mengobati masalah jerawat. Spironolactone digunakan untuk jerawat sebab memiliki kemampuan untuk mengatur aktivitas hormon androgen dimana hormon ini adalah penyebab jerawat hormonal pada wanita.

Selain itu, spironolactone sebagai cara menstabilkan hormon jerawat juga mampu mengendalikan produksi minyak (sebum) pada kulit. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa efektivitas spironolactone sama dengan antibiotic yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Namun, obat ini diklaim hanya bisa mengobat jerawat pada wanita sebab jika dikonsumsi pria, obat ini dapat memblokir efek homon androgen pada laki-laki.

Cara kerja

Androgen yang banyak ditemukan pada pria dapat juga ditemukan pada wanita meskipun dalam kadar yang sangat rendah. Cara kerja spironolactone sebagai kelompok obat anti-androgens adalah dengan membatasi adanya fluktuasi hormon yang memicu timbulnya jerawat.

Sebab, kerja obat ini hanya diperuntukkan pada wanita-wanita dewasa yang mengalami masalah jerawat akibat flulktuasi hormon pada tubuh. Selain jerawat karena penyebab lain, pria dewasa ataupun remaja kemungkinan tidak bisa menggunakan obat ini untuk mengatasi masalah jerawat.

Efek samping

Meskipun dikonsumsi dalam dosis rendah, ternyata obat ini juga mendatangkan beberapa efek samping. Saat wanita mengonsumsi obat tersebut untuk mengatasi masalah jerawatnya, Anda bisa mengalami masalah pada siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur. Selain itu, payudara juga menjadi terasa sakit.

Efek samping tersebut terjadi karena perubahan hormon setelah mengonsumsi obat tersebut. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab obat ini akan aman selama penggunaannya sesuai dengan anjuran dan resep dari dokter. Efek samping lain namun jarang terjadi adalah penigkatan kadar kalium dalam tubuh, dehidrasi, kram perut, sakit kepala, pusing, dan tekanan darah rendah.

Spironolactone tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, seseorang yang memiliki masalah dengan ginjal, maupun seseorang dengan riwayat kanker payudara, kanke ovarium, atau kanker uretus. Atau jika Anda tidak mengonsumsi pil KB, Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi spironolactone. Sifat obat ini yang diuretik sangat menganjurkan Anda untuk berhati-hati ketika olahraga pada cuaca panas sebab akan menimbulkan dehidrasi.

Obat ini sangat aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Selain itu sebagai steron sintesis, spironolactone dapat dikonsumsi dengan kombinasi konsumsi kontrasepsi untuk mengatasi jerawat yang dialami oleh wanita dewasa.

Cara menyimpan

Obat ini sebaiknya disimpan pada suhu ruangan, yakni dari cahaya langsung dan dijauhkan dari tempat lembab. Spironolactone tidak boleh disimpan di kamar mandi ataupun dibekukan. Jangan sembarangan untuk menyimpannya atau bila perlu tanyakan pada dokter yang meresepkan obat ini.

ads
,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!