Sponsors Link

Waspada! 6 Tanda Jerawat di Kumis

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang sering membuat resah, terutama mengenai dimana letak jerawat muncul. Hal ini disebabkan karena jerawat dapat muncul dimanapun tanpa dapat diprediksi sebelumnya. Salah satu nya adalah jerawat di kumis,  dimana biasanya jerawat di kumis akan lebih mudah muncul kembali setelah berhasil disembuhkan. Hal ini juga yang menyebabkan adanya dampak psikologis akibat jerawat, karena jerawat di kumis akan sangat mengganggu penampilan sehari-hari anda. Selain itu, jerawat yang tumbuh di kumis juga menandakan beberapa hal terjadi dalam diri anda. Apa saja tanda jerawat di kumis tersebut? simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Sponsors Link

Jerawat di Kumis

Sebenarnya jerawat di kumis sama saja dengan jerawat pada umumnya, hanya saja hal ini akan sangat meresahkan terutama bagi kaum laki-laki. Jerawat yang muncul di kumis juga menandakan beberapa pertanda, beberapa diantaranya seperti:

  1. Tidak Stabilnya Hormon

Tanda jerawat di kumis yang pertama adalah adanya ketidakstabilan hormon didalam tubuh. Perubahan kondisi hormon penyebab jerawat didalam tubuh memang menjadi penyebab utama munculnya jerawat, termasuk pula jerawat di kumis. Oleh sebab itu, jika anda mengalami masalah jerawat di kumis mungkin kondisi tersebut menandakan bahwa kondisi hormon didalam tubuh anda sedang tidak stabil. Hal ini dapat disebabkan karena kemungkinan anda mengalami stress, faktor kelelahan, kehamilan, pubertas, dan lain sebagainya.

  1. Kesehatan Tubuh Terganggu

Menurut beberapa sumber, letak jerawat sering dikaitkan dengan adanya gangguan kesehatan didalam tubuh, tidak terkecuali jerawat di kumis. Oleh sebab itu, tanda jerawat di kumis yang kedua adalah adanya kondisi kesehatan tubuh yang terganggu. Menurut ahli dermatologis, jerawat yang muncul didaerah atas bibir seperti dibagian kumis biasanya memiliki hubungan dengan lambung, hati, usus, dan juga limpa. Selain itu jerawat di kumis juga dapat menandakan adanya gangguan pada sistem pencernaan.

Selain yang berhubungan dengan kesehatan didalam tubuh tersebut, jerawat di kumis juga dapat menjadi pertanda beberapa hal berikut ini.

  1. Alat Cukur Kotor

Salah satu tanda jerawat di kumis adalah kemungkinan alat cukur yang anda gunakan kotor. Alat cukur yang digunakan untuk mencukur kumis yang kotor dan tetap digunakan dapat memicu pertumbuhan jerawat di kumis anda. Oleh sebab itu, anda perlu memperhatikan kebersihan alat cukur anda agar kuman atau bakteri tidak menempel di kumis anda dan menyebabkan jerawat.

  1. Luka Saat Mencukur

Tanda jerawat di kumis selanjutnya dapat menandakan adanya luka saat mencukur. Secara tidak sengaja terkadang daerah kumis tergores oleh alat cukur yang digunakan dan menimbulkan luka. Luka yang tidak segera dibersihkan tersebut dapat terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat, sehingga tumbuhnya jerawat tidak dapat dihindari lagi.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan Kumis

Tumbuhnya jerawat di kumis juga dapat menjadi pertanda bahwa anda kurang menjaga kebersihan kumis anda, sehingga bakteri dan kotoran dapat masuk kedalam pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu, bagi anda yang suka menumbuhkan kumis maka penting untuk selalu menjaga kebersihan kumis dan wajah anda agar pertumbuhan jerawat dapat dicegah.

  1. Jerawat yang Terpangkas

Tanda jerawat di kumis yang terakhir adalah adanya kondisi dimana jerawat terpangkas. Artinya bahwa mungkin terdapat jerawat kecil pada kumis anda yang tidak sengaja terpangkas saat mencukurnya. Bakteri pada jerawat yang pecah kemudian dapat menyebar kebagian kumis lainnya, sehingga akan menyebabkan banyak jerawat kecil bermunculan. Ketika jerawat-jerawat tersebut tidak dibersihkan dengan baik maka dapat menimbulkan jerawat yang lebih parah lagi.

Itulah beberapa tanda jerawat di kumis yang perlu anda ketahui dan waspadai. Namun bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat di kumis tidak perlu khawatir, karena berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat di kumis yang dapat anda coba.

Menghilangkan Jerawat di Kumis

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat di kumis dengan bahan alami yang mudah dan efektif untuk anda coba, diantaranya adalah:

  • Jeruk Nipis

Cara menghilangkan jerawat di kumis yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk jerawat memang tidak perlu diragukan lagi, salah satunya adalah jeruk nipis dapat membantu mempercepat jerawat anda menjadi kering. Anda hanya perlu mengoleskan air perasan jeruk nipis pada jerawat di kumis anda.

  • Bawang Putih

Walaupun terdapat bahaya bawang putih untuk jerawat, tetapi bawang putih juga dikenal ampuh dalam mengatasi jerawat. Anda hanya perlu menggosokkan bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih pada jerawat di kumis anda. Berhati-hatilah dalam menggosokkan bawang putih jangan sampai jerawat pecah, dan jangan lupa untuk langsung membilas nya hingga bersih.

Demikian ulasan mengenai tanda jerawat di kumis yang perlu anda ketahui dan waspadai, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dengan baik.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.