Sponsors Link

15 Tips Menghilangkan Komedo – Kenali Penyebabnya!

Sponsors Link

Selain jerawat, komedo adalah masalah kulit yang selalu bikin pusing. Bahkan komedo lebih sulit dihilangkan daripada jerawat. Meskipun berbagai cara cepat menghilangkan komedo dilakukan, namun tidak menjamin komedo bisa segera hilang. Daerah di wajah yang rawan komedo antara lain adalah area sekitar mata, hidung, dan pipi. Komedo ini adalah kotoran yang menyumbat pori pori kulit wajah.

Sponsors Link

Inilah tips menghilangkan komedo secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Rajin Membersihkan Wajah

Wajah yang bebas dari komedo adalah wajah dengan kulit yang bersih dan sehat. Tips menghilangkan komedo yang harus Anda lakukan secara rutin adalah menjaga kebersihan wajah, baik itu dari sisa make up maupun dari debu dan kotoran. Bersihkan wajah setelah selesai beraktivitas dengan menggunakan susu pembersih, kemudian lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun cuci muka.

2. Tidak Memencet Komedo

Kebiasaan penyebab jerawat dan komedo yang salah dipahami sebagai cara cepat untuk menghilangkan keduanya. Banyak yang beranggapan bahwa dengan memencet komedo akan membuatnya cepat hilang. Padahal sebaliknya, memencet komedo akan merusak jaringan kulit dan membuat pori pori wajah semakin membesar. Kedua kondisi ini tentu membuat jerawat tumbuh lebih mudah dan komedo juga menjadi semakin banyak.

3. Banyak Makan Sayur dan Buah

Makanan yang Anda makan juga berpengaruh dalam pertumbuhan komedo di wajah. Perbanyak makan makanan pencegah jerawat dan komedo yaitu sayur dan buah. Sayur dan buah memiliki banyak kandungan serat dan vitamin yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Kulit yang diberi nutrisi dengan baik adalah kulit yang sehat dan bebas dari berbagai masalah seperti jerawat dan komedo.

4. Minum Air Putih

Minum air putih bisa meningkatkan kesehatan kulit, karena air putih mempunyai banyak manfaat. Air putih mencegah kulit dari kekeringan, membuatnya tetap lembab dan sehat serta mencegah tanda penuaan dini. Selain itu air putih juga bisa membantu mengeluarkan kotoran yang menumpuk pada kulit yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo.

5. Gaya Hidup Sehat

Tips menghilangkan komedo berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Hidup sehat meliputi berbagai macam kebiasaan seperti makanan makanan sehat seperti buah dan sayur, rajin olahraga, tidak merokok, serta istirahat yang cukup. Gaya hidup yang sehat akan membantu meningkatkan kesehatan kulit dan menjauhkan kulit wajah dari komedo.

6. Scrub Wajah

Agar komedo cepat hilang, tentu kulit wajah harus dirawat dengan baik. Scrub wajah secara alami adalah cara eksfoliasi kulit yang baik. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati di wajah. Sel kulit mati jika dibiarkan akan menyumbat pori pori kulit wajah dan menyebabkan komedo bahkan jerawat. Buatlah scrub alami untuk wajah berjerawat dan berminyak yang terbuat dari gula, oatmeal, atau baking soda.

7. Perawatan di Salon

Menghilangkan komedo juga bisa dilakukan dengan perawatan yang ada di salon. Anda bisa memilih macam macam perawatan yang disediakan di salon kecantikan. Berbagai perawatan yang bisa dilakukan di salon untuk menghilangkan komedo adalah facial, peeling kimia, atau laser.

Sponsors Link

8. Nose Patch

Menggunakan nose patch juga bisa menjadi tips menghilangkan komedo yang jitu. Nose patch bisa dibeli di supermarket terdekat. Manfaat dari nose patch sendiri secara khusus adalah untuk mengangkat komedo yang ada di hidung secara langsung. Gunakan nose patch minimal seminggu sekali untuk menghilangkan komedo secara efektif.

9. Uap Wajah

Komedo bisa dihilangkan dengan menguap wajah secara rutin. Uap wajah memiliki manfaat membersihkan wajah secara menyeluruh, bahkan hingga ke pori pori yang terdalam. Dengan menguap wajah menggunakan air panas, pori pori wajah akan terbuka dengan sempurna dan semua kotoran yang ada di dalamnya bisa keluar. Namun setelah menguap wajah dengan air panas, pastikan Anda mencuci wajah dengan air dingin setelah suhu panasnya hilang. Air dingin akan menutup pori pori yang dibuka oleh air panas tadi.

10. Kosmetik Oil Free

Kosmetik atau make up adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian wanita. Wajah yang dipenuhi dengan komedo dan jerawat memang sebaiknya menghindari penggunaan make up agar kondisi kulit bisa netral. Dengan demikian proses penyembuhan komedo dan jerawat bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Tetapi jika tuntutan pekerjaan mengharuskan Anda menggunakan make up, pastikan Anda memilih kosmetik yang bebas minyak. Kosmetik semacam ini tidak akan menyumbat pori dan membuat kulit menjadi lebih mudah bernapas.

Sponsors Link

Penyebab Komedo di Wajah

  • Penumpukan Kotoran di Wajah. Membersihkan wajah adalah langkah yang penting untuk mencegah komedo di wajah. Banyaknya kotoran akan menyumbat pori pori kulit wajah, dan kotoran yang membatu akan menjadi komedo. Bersihkan wajah dengan cara mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari dan membersihkan wajah dari make up dengan segera setelah selesai beraktivitas.
  • Hormon Tidak Seimbang. Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan hormon di wajah menjadi tidak seimbang. Hindarilah stress dan kebiasaan begadang karena kedua hal tersebut akan memproduksi hormon negatif yang bisa merangsang pertumbuhan jerawat. Istirahat yang cukup adalah salah satu kunci untuk memiliki kulit yang sehat. Kenali apa saja jenis hormon penyebab jerawat dan komedo muncul di wajah.
  • Konsumsi Obat. Obat obatan seperti pil KB bisa merangsang pertumbuhan jerawat dan komedo di wajah. Hal ini disebabkan oleh beberapa kandungan dalam kedua macam obat tersebut yang tidak baik untuk kulit.
  • Sering Menyentuh Wajah. Tangan mengandung banyak bakteri dari berbagai benda yang kita sentuh. Oleh karena itu menyentuh wajah sangat dilarang agar kotoran yang menempel di tangan tidak berpindah ke wajah dan menyebabkan munculnya jerawat dan komedo.
  • Penggunaan Make Up. Make up atau kosmetik yang Anda gunakan terbuat dari berbagai campuran bahan kimia yang bisa menimbulkan komedo. Tumpukan bahan kimia yang mengendap di kulit karena sisa make up adalah penyebab utama komedo dan jerawat yang muncul di wajah. Kurangi penggunaan make up saat wajah sedang berjerawat parah atau ada komedo yang menupuk. Hal ini memudahkan proses menghilangkan jerawat dan komedo.

Setelah membaca berbagai tips menghilangkan komedo di atas, kini tidak perlu lagi pusing memikirkan masalah kulit yang satu ini. Satu hal yang diperlukan saat menghilangkan komedo adalah kesabaran, karena menghilangkan komedo memerlukan waktu yang cukup lama sebelum benar benar sembuh. Agar masalah komedo tidak membuat Anda pusing, lakukan pencegahan terhadap komedo dengan merawat kulit secara rutin dan teratur.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.