Sponsors Link

11 Tips Ampuh Wajah Halus Bebas Komedo Putih

Sponsors Link

Komedo putih atau juga disebut sebagai white heads merupakan bintik-bintik halus berwarna putih yang sering muncul dan menyebar di sekitar wajah dan leher, yang juga menjadi salah satu perbedaan jerawat dan komedo. Selain jerawat, komedo juga sering meresahkan dan mengganggu penampilan sehari-hari. Hal ini disebabkan komedo putih ini sering membuat kulit wajah terlihat kasar dan kusam. Sama halnya dengan jerawat, komedo putih muncul juga disebabkan karena adanya sumbatan pada lapisan bawah kulit, atau juga karena adanya akumulasi sebum atau minyak yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Kondisi tersebut memaksa bakteri terus berada di lapisan bawah kulit, sehingga menyebabkan white heads atau komedo putih tumbuh dan berkembang di area kulit wajah maupun leher. Lalu bagaimana cara mengatasinya agar wajah halus bebas dari komedo putih? Berikut ini ada beberapa tips wajah halus bebas komedo putih yang harus anda simak baik-baik.

Sponsors Link
  1. Rajin Membersihkan Wajah

Salah satu kunci utama wajah halus bebas komedo putih adalah dengan rajin membersihkan wajah, minimal bersihkan wajah dua kali dalam sehari. Hal ini harus dilakukan karena aktivitas sehari-hari kita yang tidak dapat terhindar dari yang namanya polusi, debu, dan lain sebagainya, Belum lagi bagi kaum wanita yang tidak dapat lepas pula dari penggunaan makeup, maka harus rajin-rajin membersihkan sisa makeup terutama sebelum tidur. Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang biasa anda pakai dan sesuai dengan jenis kulit anda, atau dapat pula memilih produk wajah yang mengandung asam salisilat untuk membantu membuka penyumbatan pada kulit.

  1. Lakukan Pengelupasan Kulit

Anda juga dapat melakukan pengelupasan kulit secara teratur, seperti dua atau tiga kali dalam seminggu. Untuk pengelupasan kulit anda dapat melakukannya sendiri di rumah, hal ini bermaksud untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Sehingga proses regenerasi kulit dapat berlangsung lebih maksimal pada malam hari. Anda dapat menggunakan produk exfoliating yang lembut dan berpartikel kecil, lalu pakai pada seluruh wajah disertai gerakan melingkar terutama pada daerah yang beresiko komedo putih seperti perbaiki komedo di pipi, hidung, dan lain sebagainya. Pada tips ini tetap harus diperhatikan faktor kehati-hatian, dan kecocokan terhadap produk, atau anda dapat melakukannya di klinik kecantikan.

  1. Lakukan Penguapan

Selain pengelupasan kulit, anda juga dapat melakukan penguapan agar wajah halus bebas komedo putih. Anda dapat melakukan penguapan wajah satu kali dalam seminggu untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang menyumbat seperti debu, polusi, sisa makeup, kulit mati, dan lain sebagainya. Untuk melakukan penguapan wajah anda dapat melakukan sendiri maupun dengan bantuan klinik kecantikan. Dalam penguapan juga perlu kehati-hatian yang tinggi karena uap yang panas jika terlalu dekat dengan kulit wajah maka dapat berakibat kulit terbakar atau gosong.

  1. Rajin Mencuci Wajah dengan Air Bersih

Selain melakukan beberapa perawatan seperti diatas, tips wajah halus bebas komedo putih yang paling mudah dilakukan adalah dengan rajin mencuci wajah dengan air bersih. Hal ini juga dimaksudkan agar kulit wajah selalu terbebas dari kotoran-kotoran yang menempel, selain itu dengan rajin mencuci wajah maka kulit anda juga dapat lebih terlihat segar dan tidak kering. Oleh sebab itu rajinlah mencuci wajah terutama sebelum tidur, jangan hanya saat mandi saja.

  1. Jangan Melakukan Facial Untuk Sementara

Jika anda sudah terlanjur mengalami masalah komedo putih, maka anda harus menghindari facial wajah terlebih dahulu. Hal ini karena komedo putih merupakan jenis komedo yang tidak punya lubang, sehingga butuh penanganan tertentu untuk mengatasinya. Jika anda melakukan facial dan komedo dipencet atau ditekan sembarangan maka justru dapat memicu infeksi atau bahkan memicu munculnya komedo lebih banyak lagi.

  1. Pilih Kosmetik Bebas Minyak

Timbunan minyak pada pori-pori kulit wajah menjadi salah satu penyebab komedo putih dan jerawat, sehingga pemilihan kosmetik yang bebas minyak adalah wajib hukumnya, terutama bagi anda yang memang memiliki jenis kulit wajah berminyak. Sebagai contoh seperti pilihlah bedak tabur dibandingkan dengan bedak padat.

  1. Bersihkan Alat Make Up secara Berkala

Alat make up pasti juga tidak dapat lepas dari aktivitas sehari-hari kita, oleh sebab itu untuk mendapatkan wajah halus bebas komedo putih maka kebersihan adalah hal utama yang harus diprioritaskan. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan wajah adalah dengan rutin membersihkan alat makeup, karena alat make up secara langsung menyentuh kulit wajah kita.

  1. Gunakan Masker sebelum tidur

Melakukan perawatan kulit sebelum tidur juga menjadi hal wajib demi wajah halus bebas komedo putih, salah satunya dengan cara menggunakan produk masker untuk komedo sebelum tidur. Masker ini dapat membantu menutrisi kulit wajah anda, dan terhindar dari berbagai masalah kulit di wajah.

  1. Gunakan Masker Alami

Selain menggunakan produk masker, sekarang juga banyak tips perawatan kulit wajah dengan bahan alami, salah satunya dengan menggunakan bahan alami sebagai masker. Berbagai bahan alami seperti madu, minyak zaitun, lemon, mentimun, dan lain sebagainya dapat anda gunakan ketika ada waktu luang maupun sebelum tidur.

  1. Banyak Minum Air Putih

Dengan banyak minum air putih maka segala racun dalam tubuh dapat ikut keluar bersama keringat, sehingga komedo dan jerawat pun juga dapat dihindari.

  1. Tidur Cukup dan Rajin Olahraga

Tips terakhir agar wajah halus bebas komedo putih adalah dengan memperhatikan tidur yang cukup dan rajin olahraga, karena dengan begitu maka kesehatan kulit dan tubuh dapat terjaga.

Demikian beberapa tips wajah halus bebas kodemo putih, semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.