Sponsors Link

5 Treatment Penghilang Bekas Jerawat yang Wajib Dicoba

Sponsors Link

Treatment secara medis biasanya banyak dipilih oleh kaum wanita yang ingin menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Bagaimana tidak, dampak piskologis akibat jerawat yang muncul tidak main-main. Seseorang bisa kehilangan kepercayaan diri jika di wajahnya tumbuh jerawat, apalagi jika jenis jerawat yang muncul adalah jerawat besar seperti jerawat batu.

Sponsors Link

Tapi tenang saja, kini Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam membandel atau cara menghilangkan bekas jerawat merah dan berlubang dengan ama dan cepat. Treatment penghilang bekas jerawat di bawah ini bisa Anda coba, lho!

1. Salep Penghilang Bekas Jerawat

Mungkin Anda sudah pernah menggunakan bahan alami seperti cara menghilangkat jerawat dengan masker tomat, namun tidak kunjung memberikan hasil yang memuaskan. Perawatan dengan bahan alami memang membutuhkan kesabaran untuk dapat terlihat perubahannya. Kalau Anda sudah tidak sabar, beralih saja dengan menggunakan salep yang banyak dijual di apotek.

Minta saran dari dokter kulit, salep seperti apa yang cocok untuk mengobati bekas jerawat Anda. Salep dengan kandungan asam retinoat akan sangat berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat karena mampu meregenerasi sel kulit yang rusak. Jangan khawatir juga jika Anda punya bekas luka bopeng dan parut di wajah. Secara perlahan salep ini akan memperbaiki tekstur kulit Anda dan menumbuhkan lapisan kulit baru yang lebih sehat.

2. Chemical Peeling

Metode perawatan kecantikan yang satu ini bisa menghilangkan bekas jerawat dengan sempurna. Prosedur chemical peeling biasanya banyak disediakan oleh klinik kecantikan. Manfaat dari peeling kimia ini adalah mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Bekas jerawat adalah tumpukan sel kulit mati yang tidak sehat dan bisa dikelupas oleh peeling kimia.

Cara perawatan ini adalah dengan mengoleskan bahan kimia di wajah, terutama pada daerah bekas jerawat. Jerawat-jerawat dangkal yang ada di wajah juga bisa diobati dengan metode ini agar tidak terjadi pigmentasi pada kulit. Efek samping yang mungkin timbul setelah treatment penghilang bekas jerawat ini antara lain adalah kulit yang memerah dan mengelupas. Hindari paparan langsung sinar matahari setelah peeling agar kulit tidak semakin memerah dan terasa terbakar.

3. Dermabrasi

Satu lagi hasil pengembangan teknologi kecantikan yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat secara ampuh. Dermabrasi berfungsi untuk mengangkat jaringan kulit terluar tempat bekas jerawat. Prosedur ini dapat dibilang sebagai operasi kecil yang tidak berbahaya. Tidak perlu berulang-ulang kali, hanya dengan satu kali perawatan saja dermabrasi bisa menunjukkan hasil yang signifikan jika bekas luka jerawat tidak parah.

Karena pengangkat lapisan kulit ini terasa sakit, pasien akan diberi obat bius lokal terlebih dahulu, baru kulit mati akan dikikis oleh sikat khusus bernama dermabrator. Efek samping yang mungkin muncul setelah perawatan adalah wajah bengkak dan memerah. Tidak usah khawatir, bengkak dan merah akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari saja.

Sponsors Link

4. Mikro dermabrasi

Mikro dermabrasi sebenarnya hampir sama dengan dermabrasi, karena fungsinya pun sama yaitu mengangkat lapisan kulit terluar tempat bekas jerawat. Mikro dermabrasi juga mampu mengembalikan kondisi kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat jerawat. Perbedaan mikro dermabrasi dengan dermabrasi adalah, treatment ini jauh lebih ringan.

Perawatan ini tidak menggunakan sikat, tetapi hanya menyemprotkan zat mikro kristal ke wajah. Waktu yang dibutuhkan juga tidak lama, hanya sekitar 10 hingga 20 menit saja tanpa obat bius. Tetapi karena treatment ini tergolong ringan, maka tidak bisa memberikan hasil hanya dengan satu kali perawatan saja. Butuh hingga 24 kali tindakan sampai bekas jerawat benar-benar hilang, tergantung pada seberapa parah bekas jerawat di wajah. Jika Anda memilih metode ini untuk menghilangkan jerawat, maka Anda harus mengulangnya secara rutin sekali dalam seminggu.

5. Terapi Laser

Kalau yang satu ini pastilah sudah sangat familiar buat Anda. Laser bisa dibilang adalah salah satu teknologi awal yang dikembangkan di dunia kecantikan. Perawatan dengan menggunakan laser memang tidak akan terasa sakit di wajah, karena wajah Anda hanya akan disinari oleh sinar laser yang bisa membunuh bakteri di dalam luka bekas jerawat dan merangsang produksi kolagen dalam kulit. Jika Anda punya masalah dengan kulit berminyak, perawatan ini sangat tepat untuk Anda karena bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Cara Merawat Kulit yang Berjerawat

Jika jerawat Anda sudah hilang, Anda harus melakukan serangkaian cara merawat wajah agar tidak berjerawat lagi. Karena jika sekali saja Anda berjerawat, maka kulit Anda termasuk ke dalam tipe acne prone, atau rentan berjerawat. Kalau sudah begini, sedikit saja kulit Anda bermasalah akan menyebabkan jerawat muncul lagi. Ini dia cara merawat kulit berjerawat yang bisa Anda lakukan setelah menjalani treatment penghilang bekas jerawat.

Sponsors Link

  • Banyak minum air putih

Air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan menjauhkan kulit dari jerawat. Dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari atau 2 liter, kulit akan tetap terhidrasi dan terhindar dari kekeringan. Kulit yang lembab alami adalah kulit yang sehat dan akan terbebas dari jerawat.

  • Rajin olahraga

Berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh Anda. Jika Anda secara rutin olahraga, semua racun di dalam tubuh akan keluar melalui keringat sehingga jerawat tidak akan tumbuh di kulit Anda. Tidak hanya itu, olahraga juga bisa merawat kekencangan kulit dan membuat kulit tampak awet muda.

  • Rajin membersihkan wajah

Setelah selesai melakukan aktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda. Meskipun Anda sampai di rumah larut malam, jangan tidur dengan kondisi make up masih menempel di wajah. Malas membersihkan wajah adalah salah satu kebiasaan penyebab jerawat yang berbahaya untuk kulit.

  • Menggunakan tabir surya saat keluar rumah

Paparan sinar matahari secara langsung akan memberikan berbagai dampak negatif untuk kulit Anda. Salah satunya adalah resiko terkena kanker kulit. Gunakan tabir surya setiap kali Anda keluar rumah untuk menghindari sinar matahari secara langsung.

Itulah treatment penghilang bekas jerawat yang bisa Anda lakukan sebagai langkah untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah Anda. Jangan lupa untuk merawat kebersihan dan kesehatan kulit agar terhindar dari jerawat. Jika Anda tidak bisa menjaga kesehatan kulit, bukan tidak mungkin jerawat akan kembali bersarang dan bisa lebih parah dari sebelumnya. Kulit bebas dari jerawat adalah kulit yang sehat dan terawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.